Cara Membuat Aturan Berkomentar Di Blog

Cara membuat pesan aturan berkomentar di blog=> Anda sebagai pemilik web/blog tentunya tidak ingin jika ada pengunjung yang asal berkomentar, atau bahkan melakukan perbuatan yang dapat merugikan Anda ataupun pengunjung lainnya. Perbuatan yang saya maksud di sini misalnya melakukan spam lewat kotak komentar, atau berkomentar yang dapat menyinggung sesuatu yang berbau SARA (suku, agama, ras dan antar golongan).


Nah, agar para pengunjung mematuhi Anda, paling tidak mereka harus mengetahui apa saja yang boleh mereka lakukan dan yang tidak boleh dilakukan jika berkomentar di blog Anda. Untuk itu Anda harus membuat pesan aturan berkomentar, yang tentunya sesuai keinginan Anda sendiri. Kemudian aturan ini biasanya terpampang di bawah sebuah blog.


Untuk contoh kata-katanya seperti ini : "Jika Anda ingin bertanya atau menanggapi, berkomentarlah dengan sopan dan tidak menyinggung SARA. Kemudian komentar harus sesuai dengan pembahasan artikel di blog ini, dan jangan sekali-kali menaruh link aktif karena jika ketahuan akan saya hapus. Mohon untuk mematuhi kebijakan ini. Terima kasih". Atau Anda juga bisa melihat di bagian bawah blog ini, seperti gambar berikut.


pesan komentar

Pasti Anda sering kan melihat persyaratan komentar seperti itu di blog tetangga? Ya.. memang benar, bahwa kebanyakan blogger senior pasti membuatnya dengan kalimat sejelas dan sebaik mungkin. Jadi apakah Anda juga ingin membuatnya? Jika iya, silahkan ikuti langkah-demi langkah di bawah ini.


Cara membuat pesan aturan berkomentar di blog


1. Anda harus masuk di blog Anda terlebih dahulu. Setelah itu klik setelan, seperti gambar di bawah ini.



2. Pilih atau klik pada pos dan komentar

 


3. Tarik scroll ke bawah, ada kolom "pesan formulis komentar". Nah,, di situlah tempat untuk mengisi pesan kebijakan berkomentar Anda. Silahkan isikan dengan bahasa Anda, dan dengan ketentuan dari Anda. Jika sudah, silahkan klik pada tombol simpan setelan di pojok kanan atas layar Anda.




Dengan mengikuti langkah demi langkah tersebut, Anda telah berhasil membuatnya. Silahkan lihat blog Anda apakah sudah jadi? jika iya, selamat ya.. Kini selain agar pengunjung mengetahui peraturan berkomentar di blog Anda, dengan membuat ini juga membuat blog Anda terlihat lebih profesional lagi.


Oke.. saya rasa cukup sekian tulisan saya tentang Cara membuat pesan aturan berkomentar di blog, semoga bermanfaat. Silahkan ditambahkan melalui komentar jika ada kekurangan. Terima kasih..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon