Fungsi Utama Power Supply Pada Komputer

Fungsi utama power supply pada komputer=> Di dalam komputer pc, terdapat satu alat yang sangat penting yaitu power supply namanya. Alat ini berbentuk kotak, yang terdapat berbagai macam komponen elektronika di dalamnya.

Kemudian dari dalam kotak tersebut terdapat kabel yang menjulur keluar dengan bermacam-macam warnanya. Di ujung kabel tersebut, terdapat socket yang digunakan untuk menancapkan ke beberapa komponen komputer seperti mainboard, Dvd room, hard disk, dan lain-lain. Untuk power supply sendiri contohnya seperti gambar di bawah ini.

fungsi power supply

Banyak yang menyebut alat ini dengan sebutan power suplay. Bahkan ada juga yang menyebutnya dengan singkatan PSU. Hanya saja untuk nama yang sebenarnya, seperti yang telah saya tulis sebelumnya, yaitu power supply. 

Nah, bicara soal nama, sebenarnya apa sih fungsinya alat ini? Jadi fungsi utama power supply adalah untuk merubah daya arus AC (arus bolak-balik) menjadi arus DC (arus searah). Yang kemudian dari arus DC tersebut digunakan untuk memberi daya untuk komponen-komponen komputer seperti main board, DVD room, hard disk, floppy disk, kipas casing dan komponen-komponen lain yang juga memerlukan daya.

Outpun DC dari power supply ini memiliki tegangan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kabel keluaran daya pada power supply tersebut diberikan warna yang berbeda-beda pula. Tentunya sesuai dengan besar tegangan yang merambat dan keluar melalui kabel tersebut.


Ukuran tegangan Pada Kabel Power Supply

Untuk masing-masing warna kabel, memiliki tegangan dan fungsi sebagai berikut.

-Merah = +5 volt
-Kuning = +12 volt
-Orange = +3.3 volt
-Ungu = + 5 volt
-Putih = -5 volt
-Biru = -12 volt
-Hijau untuk power switch ON
-Hitam = Ground

Nah, Anda telah mengetahui besar tegangan untuk masing-masing warna kabel pada power supply. kini saya akan jelaskan sedikit lagi, bahwa power supply merupakan komponen pertama di dalam boks/kotak komputer desktop, yang menerima arus langsung dari listrik AC. 


Untuk arus AC di sini, saya mengambil contoh yang berasal dari PLN, mesin genset, dan lain-lain. Jadi intinya, arus yang berasal dari PLN tersebutlah yang dirubah oleh power supply untuk dibagi-bagikan lagi buat komponen-komponen komputer lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tanpa adanya power supply, dapat dipastikan komputer tidak bisa dihidupkan. Karena selain sebagai pengubah jenis arus, alat ini juga ibarat sebuah jembatan yang menghubungkan arus dari luar menuju kedalam komponen-komponen komputer di dalam casing.

Baiklah, saya rasa cukup sekian dulu tulisan saya tentang fungsi power supply komputer, semoga bermanfaat. Jika kiranya Anda bersedia silahkan di share artikel ini ya.. :) terima kasih..

6 komentar

persamaan kabel warna putih pada power suply, mohon dijelaskan

tolong pertanyaannya diperjelas lagi gan,, saya belum paham..

+ 12Volt dan -12 volt itu beda ya ? truz perbedaan nya di mananya ????

beda gan,, bedanya plus dan minus.. nah kalau mau tau bedanya seperti apa, bisa diukur pakai avometer aja..

Apakah power supply bisa buat cas aki

masalah power supply bisa buat cas aki atau tidak, terus terang saya belum pernah mencoba mas yons.. jadi maaf nih gak bisa jawab.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon