PENGERTIAN DAN FUNGSI CD/DVD ROM DRIVE KOMPUTER | MENGENAL

PENGERTIAN DAN FUNGSI CD/DVD ROM DRIVE KOMPUTER=>Bagi Anda pengguna komputer, pasti penasaran kan dengan alat pemutar kepingan CD atau DVD di komputer Anda? Itu apa namanya, dan fungsinya untuk apa. Setidaknya, dulu saya juga seperti itu. Di mana saat mengalami era gaptek, saya sering mencari-cari informasi tentang cd rom.
fungsi dvd drive komputer

Nah, dengan mengetahui apa itu CD dan DVD rom, diharapkan ilmu Anda menjadi bertambah lagi. Apa lagi, Anda mengambil sekolah atau kuliah dengan jurusan komputer. Tentu, hal ini wajib Anda ketahui. Oke, silahkan dibaca lebih lanjut pengertiannya.

PENGERTIAN DAN FUNGSI CD ROM DRIVE

CD ROM DRIVE adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi untuk memutar dan membaca piringan CD. CD ROM singkatan dari COMPACT DISK READ ONLY MEMORY. Nah, kata READ ONLY MEMORY ini berarti bahwa alat ini hanya bisa digunakan untuk membaca saja, dan tidak bisa menulis. Jika Anda ingin memutar CD dirumah Anda, maka alat ini bisa digunakan.

KEKURANGAN CD ROM

  • CD ROM DRIVE hanya bisa digunakan untuk membaca CD saja. Sedangkan jika untuk membaca DVD, perangkat keras ini belum bisa digunakan.
  • Jika Anda ingin mengisi CD kosong dengan data atau file lainnya maka alat ini tidak bisa digunakan untuk hal itu. Jadi solusinya jika ingin menulis atau mem-burning data ke CD, maka Anda harus menggunakan CD RW (Read Anda Write) Drive yang bisa membaca dan menulis CD.

APA ITU DVD ROM DRIVE?

DVD ROM DRIVE adalah sebuah perangkat keras di dalam komputer yang berfungsi untuk membaca atau memutar piringan CD/DVD. DVD adalah singkatan dari Digital Versatile Disc. Berbeda dengan CD ROM DRIVE, DVD DRIVE bisa digunakan untuk membaca CD atau DVD. Namun, kata ROM (read only memoru) baru bisa digunakan untuk membaca CD ATAU DVD. Dalam artian, belum bisa digunakan untuk menulis atau membruning data ke kepingan dvd atau CD.

DVD SUPER MULTI

Sekarang jaman telah berubah. Jika sebelumnya pembaca CD/DVD masih banyak kekurangan sana sini, kini semua itu diperbaiki dengan munculnya DVD super multi. DVD super multi adalah, pembaca optik kepingan CD/DVD komputer yang bisa digunakan untuk membaca dan menulis di beberapa jenis kepingan seperti CD R, DVD R, DVD RW, sampai Blue ray.

Nah sobat, demikian artikel singkat ini tentang pengertian dan fungsi CD/DVD ROM DRIVE KOMPUTER. Semoga apa yang saya tulis ini bisa memberikan pencerahan kepada Anda. O iya, jika ada kesalahan atau kekurangan, silahkan diingatkan melalui komentar. Thank you

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon