Cara Simpel Kompres Foto Dan Gambar Agar Ukurannya Kecil

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tentang cara kompres foto dan gambar agar ukuranya menjadi kecil. Ukuran di sini dalam bentuk byte ya sahabat, bukan dalam bentuk pixel. Jadi misalnya kita menggunakan gambar yang ukuran file 100 KB misalnya, maka setelah dikompres diharapkan ukuran foto atau gambar tersebut bisa menjadi lebih kecil dari itu, misalnya 70KB, dll

Pada tutorial ini, saya menggunakan software Fileminimizer picture untuk dijadikan software pengkompres fotonya. Saya gunaka software tersebut karena menurut saya cukup mudah menggukannya. Selain itu, proses pengkompresannya pun sangat cepat. Tambahan, Anda bisa mengkompres banyak foto sekaligus tanpa harus melakukannya satu per satu. 

Yuk kita mulai langkah-demi langkah memperkecil ukuran foto dan gambarnya.

1. Langkah pertama adalah buka dulu softare fileminimizer picture yang telah terinstal di komputer atau laptop Anda

2. Setelah aplikasi fileminimizer picture terbuka, klik pada tombol OPEN FILE untuk membuka file foto atau gambar yang Anda ingin kompres.

Note: Jika Anda ingin merubah settingan kompres kali ini, Silahkan pilih kompresion setting yang Anda inginkan. Saran saya pilih saja yang standard compresion. Pada CUSTOM COMPRESSION dan tombol SETTINGS. Anda juga bisa merubah settingan untuk hasil output gambar, agar gambar yang keluar berapa persen kualitasnya. Yang jelas, semakin rendah kualitas gambar yang dihasilkan, maka semakin kecil file outputnya. 
3. Setelah tombol OPEN FILE tadi Anda klik, maka sekarang Anda harus memilih foto mana yang akan Anda perkecil ukurannya. Pada contoh berikut, saya menggunakan foto di drive D: Folder FOTO PERCOBAAN, foto (1). Setelah ketemu fotonya, silahkan klik pada foto tersebut dan klik tombol OPEN.

mengkompres foto

4. Nah, sekarang foto Anda telah terdaftar di Fileminimizer picture. Oke, langsung saja klik tombol OPTIMIZE FILES untuk memulai proses kompresi.


5. Hanya menunggu beberapa detik, maka proses pun telah selesai. Sekarang silahkan lihat pada folder tempat penyimpanan foto Anda tadi. Foto yang bernama sama dengan nama pertama, kemudian dibelakangnya ada fileminimizer, maka itu adalah foto hasil kompres kita kali ini.


MUNGKIN AGAR ANDA LEBIH JELAS, SILAHKAN TONTON VIDEO DI BAWAH INI



Oke sobat, jika Anda mengetahui keuntungan memperkecil ukuran foto dan gambar, pasti saya jamin Anda akan sering-sering melakukannya. Sudah dulu ya, baca artikel saya yang lainnya.

6 komentar

min, kenapa kalo kompres gambar selalu gambarnya jadi pecah gitu?

ya iya, emang kalau dikompres gitu gan.. :)

pagi..
bang,mau tanya nih..kalau compress foto dari size 242 KB menjadi 100 KB gimana yaa caranya?
terima kasih sebelumnya

kalau persis jadi 100 kb saya juga belum ngetes mbak.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon