Mengetahui Dan Menentukan HARGA KOMPUTER PC BEKAS

Menentukan HARGA KOMPUTER BEKAS-Bagi Anda yang ingin membeli komputer desktop bekas, hati-hati dalam memilih. Sebab salah pilih Anda bisa mendapat komputer bekas dengan harga yang cukup mahal. Padahal apa yang Anda bayarkan seharusnya tidak sebanyak itu. 

Tidak peduli apakah itu komputer rakitan atau komputer built up dari pabrik. Jika Anda membelinya dengan harga yang mahal, tentu Anda bakal rugi kan? Syukur kalau kondisi komputernya masih bagus. Lha kalau tidak, ini yang menjadi masalah.


harga komputer bekas

Nah, oleh karena itulah Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa pasaran komputer yang sudah bekas saat ini. Itu semua agar Anda menjadi lebih berhati-hati, dan mengatakan tidak untuk komputer bekas yang mahal. Bukannya perincian sih, cuma kan yang namanya hidup itu sangat wajar kalau melakukan managemen keuangan lebih baik. Salah satunya ya Anda harus mencari komputer murah agar pengeluaran Anda tidak terlalu banyak. Begitu kan?

Nah, sekarang berapakah harga komputer bekas saat ini? Jadi berdasarkan pengalaman jual beli komputer bekas, serta analisa di lapangan saya mendapatkan berbagai harga tergantung spesifikasi dari komputer itu sendiri.

Untuk kasarnya, komputer bekas dengan spesifikasi yang rendah harganya ada di kisaran 1 juta ke bawah. Untuk yang spesifikasi cukup tinggi, selalu di atas 1 juta rupiah.

Contoh spesifikasi rendah KOMPUTER DESKTOP dan menentukan harganya.

PROSESOR INTEL PENTIUM 4
HARDDISK 80GB SATA
RAM 1GB DDRII
DVD SUPER MULTI
MAINBOARD PC CHIPS
MONITOR LCD 16" MEREK BIASA
KEYBOARD+MOUSE

Dari spek seperti di atas, harga serkitar 1 juta ke bawah. Nah, di sini Anda bisa memperkirakan harga komputer bekas yang ingin Anda jual atau beli itu berapa. Jika spesifikasinya lebih rendah dari itu, misalnya menggunakan monitor yang tabung, memorinya cuma 512MB, tentu harga seharusnya lebih rendah lagi. Bisa jadi seharga 800 ribu, atau bahkan 700 ribu.

Jika spesifikasi komputer yang akan Anda jual atau beli lebih tinggi dari contoh di atas, berarti harganya ada di kisaran 1 juta ke atas. Misalnya yang menggunakan prosesor core 2 duo, monitor tipe LED 19", memori 2GB, harddisknya 500 GB dll. Untuk spek ini, bisa jadi 1,5 juta bahkan sampai 2 juta jika ditambah dengan VGA CARD.

Tinggi rendahnya harga komputer bekas tidak hanya dilihat dari spesifikasinya saja lo sahabat. Tapi kualitas dan kekurangan dari komputer itu sendiri juga perlu diperhatikan. Jika kualitasnya sudah mulai menurun, maka harga pun seharusnya lebih murah. Misalnya kualitas harddisk sudah mulai menurun, kualitas memori sudah mulai menurun, monitor ada yang bergaris, atau kekurangan lainnya yang tentu akan membuat harga pun seharusnya lebih murah.

Baca juga: 9 Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu Oleh Penjual
Tips: jika Anda ingin membeli komputer dan Anda tidak banyak paham tentang komputer, lebih baik minta pendapat atau minta orang lain yang lebih paham untuk membantu mengecek kondisi komputer bekas yang Anda beli.
Mungkin cuma ini saja yang bisa saya share hari ini. Kurang lebihnya saya minta maaf ya.. Demikian tulisan tentang menentukan harga komputer bekas, semoga bermanfaat.


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon