TERNYATA ARTIKEL BLOG KOMPUTER INI BANYAK YANG COPY PASTE :(

Duh, tidak disangka dan diduga-duga. Ternyata tulisan/artikel blog komputer ini banyak juga yang mencopy, kemudian memposting kembali di blog-blog tetangga. Iseng-iseng mengetik abang-palu.blogspot.com di google. Ternyata, dari halaman satu dan seterusnya terdapat banyak sekali tulisan saya yang dicopy mentah-mentah oleh orang lain. Ini buktinya.

artikel dipaste orang

Lihat saja, ini hanya secuil screen shot di halaman dua google untuk membuktikan bahwa itu tulisan saya. Jika diperhatikan, pada deskripsi artikel-artikel tersebut ada kata sumber: bla-bla-bla yang memberikan link ke blog saya. Benar kan juragan? jika dibuka satu persatu, ternyata memang benar bahwa itu murni 100% tulisan saya.

Pelakunya bukan hanya satu orang saja, tapi banyak. Benar-benar tidak disangka. Padahal, saya berfikir kalau tulisan yang sederhana dan jarang yang membaca ini tidak dibutuhkan oleh mereka. Ternyata pemikiran saya salah. 

Banyak artikel saya yang nangkring di page one google yang menjadi korbannya. Kebanyakan artikel yang menduduki halaman pertama google lah yang dicopy oleh blogger copaser. Memang sih, ada embel-embel sumber diberikan di bawah artikel. Tapi, linknya dimatikan. Hedeh.. -_-

Sempat kesal juga saya akibat hal ini. Malah ada lagi blogger copasser yang paling membuat saya gregetan. Copy artikel saya, benar-benar tanpa menyertakan sumbernya dari mana. Malahan, tidak ada kontak tersedia di blog tersebut. Dan kotak komentar pun dimatikan. Jadi, saya harus komplain di mana? Ya yang ada cuma curhat saja di sini hu hu hu.. :(

Tolong ya,, bagi para copasser sejati. Kalau copas artikel blognya orang lain itu mbok ya dengan cara yang baik. Paling tidak, itu sumber diberikan live link lah, atau diberikan link hidup yang bisa mengarah ke tulisan aslinya secara langsung. Jika seperti itu kan artikel aslinya bisa dapat backlink dari blog kalian sehingga si admin tidak bersedih..

Apa lagi jika kalian tahu, saya membuat artikel-artikel ini tidaklah mudah. terkadang menulis sampai larut malam. Dan saat menulis artikel ini pun, sekarang waktu menunjukkan pukul 00:46. Itu artinya apa? Susah bro, sampai begadang tiap malam hanya untuk membuat artikel.

Bahkan, satu artikel terkadang butuh waktu sampai tiga hari untuk menyelesaikannya. Dan bahkan dari ketiga artikel yang ada di screnshot di atas, semuanya saya buat manual menggunakan pensil terlebih dahulu di selembar kertas, kemudian mengetiknya di hp china saya. Itu sebelum saya punya komputer seperti sekarang.

Tolong ya juragan, jadilah blogger kreatif. Kalau pun mencari referensi di blog lain, itu boleh saja. Tapi jangan dibiasakan copy paste alias plagiat seperti itu. Sebab, kebiasaan seperti itu hanya akan membuat Anda tetap menjadi blogger copasser yang kurang kreatif dan tidak bisa membuat karya sendiri. 

OKE SOBAT?

2 komentar

justru kalau kurang dikenal banyak di copas

Bukan gan, justru artikel yang dicopas yang paling nomor satu di google... yang lainnya aman kok..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon