CARA MEMENDEKKAN LINK URL ARTIKEL BLOG | membuat shortlink

Bagi Anda seorang blogger, tentu sesekali atau setiap hari akan melakukan share artikel Anda di twitter. Nah, jika ternyata link/url dari artikel terlalu panjang, pasti Anda akan kesulitan untuk membagikannya di twitter. Sebab semua tahu bahwa membuat twit di twitter hanya terbatas 140 karakter saja. Ya memang sih, jarang sekali link dari artikel blog memiliki panjang sampai 140 karakter. Tapi jika Link tadi ingin Anda tambah kata-kata atau keterangan lainnya, karakter yang hanya dibatasi sampai 140 itu tidaklah cukup.

Nah, untuk mengatasi hal itu, Anda perlu tahu bagaimana cara memendekkan url atau link dari artikel blog Anda. Sehingga, URL artikel yang akan dishare menjadi URL pendek atau lebih dikenal SHORTLINK. Gunanya apa? Ya agar url yang panjang dibuat pendek, dalam artian dibuat beberapa karakter saja tapi tetap bisa digunakan untuk menuju artikel sebenarnya.

Memendekkan di sini tidak merubah url artikel aslinya yang telah ada di blog Anda lo ya. Sebab url atau link dari artikel yang ada di blog Anda tidak berubah sama sekali. Tapi memendekkan link ini, dimaksudkan jika Anda hanya ingin melakukan share ke berbagai mendia sosial seperti facebook dan twitter.

Okelah, langsung saja berikut cara membuat shortlink atau memendekkan link, melalui situs memendekkan link online dari google.

1. Silahkan masuk kesini

2. Anda berada pada tampilan seperti berikut. Silahkan copy dan paste link/url artikel Anda ke kolom yang disediakan, selanjutnya klik tombol biru SHORTEN URL.

shortlink

3. Nah, akan muncul short linknya di sebelah kanan seperti pada tampilan berikut.

url pendek

NOTE: Silahkan copy shortlinknya, dengan menekan tombol CTRL+C di keyboar komputer atau laptop Anda. Kemudian, Anda bebas melakukan share ke twitter, atau melalui komentar di blog tetangga.

Sampai di sini, tugas saya telah selesai. Semoga apa yang saya berikan kali ini bisa membantu Anda. Saya sangat senang jika Anda ingin membaca artikel saya yang lainnya. Jadi, jangan buru-buru klik tombol X ya sahabat he he..

1 komentar so far

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon