Berhasil Memperbaiki Laptop Asus X401U Yang Panas Langsung Mati

Di pagi yang sedikit mendung ini, saya hanya ingin sedikit bergagi tulisan tentang keberhasilan saya memperbaiki laptop asus x501u yang jika panas langsung mati. Sahabat yang ingin belajar servis komputer, silahkan dibaca sampai tuntas agar ilmu Anda bertambah sedikit demi sedikit.

Sebelumnya saya mohon maaf, di sini bukan bermaksud menggurui lo ya, atau pamer kehebatan atau apalah. Yang jelas, saya hanya ingin berbagi dan mengajak Anda untuk belajar bersama. Tidak ada kata guru atau murid di sini. Yang ada, kita adalah tim yang saling bekerja sama untuk belajar komputer. Cuap-cuap telah selesai he he

Jadi ceritanya beberapa hari lalu saya diberi tugas oleh manager tempat saya bekerja untuk memperbaiki laptop asus tipe X401U. Masalahnya adalah laptop tersebut kalau sudah dipakai beberapa menit, akan sangat panas sekali di bagian casing bawahnya, yang ada di bawah fan prosesornya. Jika sudah panas seperti itu, maka laptop pun akan mati.

Ya sudah, seperti biasa sebelum saya mengerjakan servisan, saya lakukan uji coba dulu untuk memastikan bahwa masalah seperti itu memang benar. Jangan sampai sudah dibongkar, ternyata masalahnya bukan mati-mati tapi masalah lainnya. Ini akan mempersulit eksekusi terhadap penyakit yang diderita oleh si laptop jika sebelumnya tidak saya pastikan terlebih dahulu.

Pengetesan saya lakukan dengan cara menghidupkannya, dan memakainya untuk berbagai aktifitas. Kebetulan hari itu saya ada kerja di lapangan (masalah jaringan internet), laptop pun saya tinggal di kantor tempat saya bekerja. Laptop saya biarkan hidup begitu saja, tapi sebelumnya saya setting agar tidak pernah sleep atau layar gelap. Saya ingin tahu apakah pas saya pulang nanti, laptop akan mati atau masih tetap hidup.

Pas saya pulang kerja, seingat saya laptop sudah mati. Kemudian saya nyalakan ternyata tidak bisa. Langsung deh saya hidupkan dengan menggunakan cas secara langsung. E.. dia mau hidup. Dan ternyata muncul pemberitahuan continue with system resume. Itu artinya laptop mati gara-gara lowbat. Ya sudah, saya hidupkan dengan cas, dan saya biarkan beberapa lama. Nah, setelah saya keluar kerja dan kembali lagi, seingat saya laptop pun mati. Kali ini bukan karena lowbat lo ya, sebab saya colok adaptor kok.

Oke, saya coba hidupkan lagi. Tidak lama setelah itu,  laptop pun langsung mati. Ya sudah, saya tanyakan ke teman saya yang sebelumnya disuruh mengecek laptop ini. Ternyata, sebelumnya dia pernah tes dengan memakai internetan dan langsung mati.

Di sini saya semakin yakin kalau masalah pada laptop ini adalah terletak pada kipasnya. Sebab sebelumnya teman saya tersebut telah memberitahukan kepada saya kalau kipas laptop asus tersebut tidak berbunyi. Dan setelah saya cek memang benar. Tidak ada bunyi putaran atau angin keluar dari lubang pembuangan angin pada laptop tersebut.


Ya sudah, kemarin sore laptop itu saya bawa pulang. Setelah malam, barulah saya lakukan pembongkaran terhadap asus X401U. Tapi maaf ya sahabat, kalau belum bisa berbagi tentang cara bongkar laptop asus asus X401U ini. Soalnya hp saya kameranya hanya 1.3 MPX. Jadi hasil jepretnya sama sekali tidak bagus. Apa lagi ini malam. Ya tambah lebih buruk hasilnya.

Jadi, ceritanya laptop pun berhasil saya bongkar. Alhamdulillah saya mendapatkan titik terang. Setelah kabel colokan fan prosesor saya goyang-goyang, fan pun mau berputar setelah dilakukan pengetesan. Hanya saja, ada bunyi berisik di kipas laptop tersebut. Setelah saya teliti, ternyata ada stiker yang menyangkut di dalam kipas.

Ya sudah, saya hilangkan kertas stiker tersebut, dan saya lakukan pengetesan kembali. Kali ini, kipas laptop pun bisa berjalan normal. Kemudian saya bersihkan menggunakan kuas pada bagian dalam laptop tersebut termasuk mainboard, heatsink dan kipas. Setelah saya yakin bersih, saya lakukan pengetesan lagi. Alhamdulillah, kipas benar-benar bisa berputar stabil.

Semuanya saya pasang kembali, termasuk kabel-kabel dan hard disk yang saya copot. Casing pun saya tutup rapat, dan setelah itu saya lakukan pengetesan kembali. Syukur Alhamdulillah, ternyata bunyi kipas yang berputar telah ada, dan angin yang keluar pada lubang pembuangan pun telah terasa. Sudah dilakukan pengetesan untuk bermain game dan internetan. Dan tidak ada masalah mati-mati lagi. Berarti, misi kali ini sukses.

servis laptop asus x401u kipas rusak
Hasil akhirnya :)
Mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan kepada Anda. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan ya sahabat. :)

2 komentar

wah sayang sekali tidak ada video cara bongkarnya. padahal saya pengen tau caranya. hihi

iya nih gan, maaf banget ya.. Belum bisa banyak membantu he he.. Tapi kedepan sih pengennya saya lengkapin tuh tutorial2 kayak gini termasuk videonya.. doain aja biar cepet beli handi cam :D

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon