FLASH DISK TIDAK TERBACA? APA PENYEBAB DAN BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

Pernahkah Anda mengalami masalah flash disk yang tidak terbaca di komputer pc atau laptop? Jika iya, saya yakin saat itu Anda pasti cemas jika di dalam flashdisk tersebut terdapat banyak data berharga yang Anda miliki. Yup, itu juga pernah terjadi pada flash disk saya, di mana saat mencolokkan ke komputer tiba-tiba flashdisk tidak mau muncul di windows.

Awalnya ya sangat panik lah, apa lagi data di dalam flash disk yang saya miliki sangat penting. Tapi dengan sedikit pengalaman menganalisa kerusakan komputer, saya pun menemukan beberapa permasalahan mengapa flashdisk saya sampai seperti itu. Dan penyebab serta permasalahannya, bisa Anda baca lebih lanjut di bawah ini.

PENYEBAB FLASH DISK TIDAK TERBACA DI KOMPUTER

1. Port USB Flashdisk bermasalah

Jika port atau colokan USB flashdisk Anda sudah bermasalah atau mengalami kerusakan, maka flashdisk akan sulit atau bahkan tidak terbaca sama sekali di sistem komputer. Port yang bermasalah bisa jadi akibat adanya korosi alias karatan, retak di solderan yang menghubungkan port dengan mainboard flashdisk, atau pin kuning di dalam port flashdisk ada yang peot atau berantakan.
flashdisk tidak terbaca
Gambar Port Flashdisk
Cara mengatasinya: 
  • Jika Port atau pin kuning di dalam colokan flashdisk karatan, silahkan bersihkan atau gosok-sosok karatan tersebut menggunakan pinset atau jarum. 
  • Jika terjadi retak pada solderan yang menghubungkan port flashdisk dengan mainboard flashdisk tersebut, silahkan buka casing flash Anda, kemudian solderlah pada bagian yang retak tersebut, dan tambahkanlah timah baru agar retakannya menjadi merekat kembali.
  • Jika Colokan flashdisk ada yang peot atau pin kuningan di dalam colokan tersebut ada yang bengkok, silahkan dibenarkan peotnya, dan pin yang bengkok diluruskan kembali menggunakan pinset yang runcing.

2. Socket USB komputer dan laptop telah bermasalah atau rusak total

Bukan hanya port USB pada flashdisknya saja yang bisa menyebabkan flashdisk eror saat dicolok di komputer. Tapi, socket USB di komputer (tempat flashdisk dicolok) juga bisa menjadi penyebabnya. Jika socket komputer atau laptop Anda telah bermasalah atau rusak, maka jangan harap akan bisa digunakan dengan baik untuk membaca flashdisk. 

Kerusakan socket ini bisa diakibatkan oleh berbagai sebab. Bisa jadi karena socket juga sudah korosi, ada pin di dalamnya yang peot, atau ada benda yang mengganjal di dalamnya. Bisa jadi juga komponen mainboard ada yang bermasalah sehingga tidak bisa menghidupkan socket USB komputer, malah bisa jadi juga socket yang telah mengalami kerusakan fisik.

Solusi: 
  • Jika Port korosi atau karatan, lakukan seperti cara membersihkan karatan pada colokan USB flashdisk. Gunakan saja pinset untuk menggosok-gosok karatan tersebut agar bersih. 
  • Jika pin di dalam socket USB PC atau laptop Ada yang peot, Lakukan penanganan seperti memperbaiki pin USB flasdisk. Gunakan saja pinset runcing yang mampu menjangkau area dalam dari socket USB komputer Anda.
  • Jika ada benda yang mengganjal di dalam socket USB, pinset juga bisa Anda fungsikan untuk membersihkan benda-benda tersebut.
  • Jika socket USB komputer atau laptop mengalami kerusakan fisik, silahkan diganti. Jika tidak bisa lebih baik meminta bantuan teknisi komputer. 
  • Jika socket USB komputer bermasalah akibat tidak ada daya listrik dari mainboard, silahkan benahi pada bagian komponen yang menyalurkan daya ke socket USB. (untuk yang ini perlu keahlian lebih mendalam)

3. Kabel (penghubung socket USB pc bagian depan dengan mainboard) di dalam casing tidak terhubung dengan baik

Ini kerap kali terjadi. Kabel di dalam komputer yang menghubungkan dari socket USB PC bagian depan, samping, atau atas tidak terhubung baik dengan mainboard. Bisa jadi akibat tercabut atau kotor karena debu sehingga USB bagian depan komputer tidak bisa digunakan dengan baik.
kepala port usb
Kepala Port USB di dalam Casing
Solusi mengatasinya:
  • Buka casing komputer desktop Anda, kemudian periksalah kabelnya. Jika tercabut, silahkan pasang kembali di colokan yang benar. Tapi jika kotor, coba cabut dan bersihkan dulu socketnya kemudian pasang kembali.

4. Driver USB komputer belum terinstal

Jangan sepelekan masalah driver ya sobat, sebab driverlah yang bertugas agar perangkat keras seperti FLASHDISK bisa terbaca di sistem komputer. Jika driver USB belum terinstal atau rusak oleh virus, maka bisa jadi flashdisk Anda tidak akan dibaca oleh komputer.

Untuk colokan USB terbaru di komputer atau laptop ada yang sudah menggunakan yang versi 3.0. Ciri-cirinya socket USB tersebut berwarna biru. Dan itu, wajib bagi Anda untuk menginstal drivernya agar socket USB 3.0 tersebut bisa digunakan.

Solusinya:
  • Ya tinggal instal saja driver usb komputer atau laptop Anda menggunakan driver yang sesuai. Kemudian, silahkan coba colokannya dengan flashdisk Anda.

5. Akibat ulah virus

Untuk masalah yang satu ini, memang sangat sulit memastikannya. saya hanya berpendapat saja bahwa virus yang jahil bisa juga merusak sistem operasi, serta merusak driver USB di komputer atau laptop Anda. Akibatnya apa? Ya jelas jika sistem atau driver telah mengalami kerusakan, pasti tidak akan sempurna dalam membaca flashdisk atau media penyimpanan eksternal lainnya seperti harddisk eksternal dll.

Cara  mengatasinya: 
  • Untuk mengatasi masalah virus ini, silahkan lakukan scan komputer atau laptop Anda menggunakan software antivirus terbaru. Kemudian installah driver USB yang diperlukan. Jika masalah masih belum beres, alangkah lebih baik jika dilakukan penginstalan sistem operasi kembali.

6. Flashdisk telah rusak

Jika flashdisk telah rusak, maka digunakan di laptop atau komputer mana pun pasti tidak akan bisa terbaca. Untuk memastikannya ya itu tadi. Coba colokkan flashdisk  Anda ke beberapa komputer atau laptop. Jika tetap tidak mau terbaca atau bahkan tidak ada tanda lampunya menyala, berarti flashdisk Anda telah mati.

Solusi:
  • Silahkan gunakan teknik LEM BIRU (Lempar Beli yang Baru) he he he..

Nah sahabat, itulah beberapa penyebab flashdisk tidak terbaca di komputer dan cara mengatasinya. Mungkin cara saya tidak sema dengan cara master teknisi lainnya. Tapi paling tidak, apa yang saya bagikan ini akan bisa juga bermanfaat bagi Anda.

Apa bila ada pertanyaan, silahkan diajukan. Jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Jika saya mampu ya akan saya jawab. Namun jika tidak, pasti akan saya beri tahukan juga bahwa saya belum tahu cara mengatasinya. Oke, Assalamualaikum.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon