Mengapa Kebanyakan Komputer PC Warnet Menggunakan Sistem Windows XP?

Di forum yahoo answer, saya mendapatkan pertanyaan yang dilayangkan oleh seorang member. Pertanyaannya adalah mengapa kebanyakan komputer warnet menggunakan sistem operasi windows xp? Seperti itulah kurang lebih pertanyaanya.

Nah, maka dari itulah, saya membuat tulisan ini. Tapi perlu diingat ya sahabat, tulisan ini adalah opini saya saja. Opini ini bukan dari orang yang memiliki warnet, tapi lebih kepada dari orang yang sering menginstal komputer untuk warnet :D

komputer warnet windows xp

Setidaknya, saya memiliki alasan mengapa saya lebih suka menginstal windows xp di pc warnet. Yang pertama adalah, kebanyakan warnet menggunakan spesifikasi rendah terhadap komputer WS mereka. Jadi, saya tidak mungkin menginstal windows 7 atau yang lebih terbaru lagi. Logikanya jika komputer yang dipakasi spek rendah, pasti akan sangat berat jika digunakan di pc warnet. Bukan begitu?

Jika komputer yang digunakan untuk internetan menjadi lambat, ya pastilah akan mengganggu kenyamanan pengunjung yang datang. Bahkan tidak jarang lo ada yang mengomel gara-gara masalah ini. Mereka mengira koneksinya yang bermasalah. Padahal komputernya lah yang lambat dioperasikan.

Ya sahabat, itu alasan pertama saya. Sedangkan alasan kedua adalah, dulu orang masih awam dengan windows 7 atau windows 8. Malah sampai saat artikel ini ditulis tanggal 30-05-2015 pun, banyak juga yang belum bisa mengoperasikan windows 7. Mereka lebih familiar dengan windows xp. Jadi, mau tidak mau ya komputer warnet harus menggunakan windows xp agar pengunjung tidak bingung.

Jika pengunjung bingung, siapa yang repot? Tentu operator dari warnet itu sendiri kan? Masih bagus kalau pengunjung yang bingung mau bertanya. Lha kalau mereka langsung pergi karena kecewa, bisa bermasalah tuh kan? Bisa-bisa mereka enggan kembali di warnet tersebut.

Dengan mempertimbangkan masalah-masalah tersebutlah maka pemilik warnet atau orang yang menginstal komputer di warnet lebih memilih sistem windows xp dibanding windows 7 atau windows 8. 

Ingat, alasan saya ada dua. Yang pertama masalah rendahnya spesifikasi komputer yang digunakan untuk warnet, yang kedua masalah pengguna yang belum bisa menggunakan sistem operasi komputer yang baru. Oke, Semoga apa yang saya tulis ini bisa berguna untuk And. Salam..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon