SERING MELIHAT LAPORAN DI AKUN, TIDAK MENINGKATKAN PENGHASILAN ADSENSE

Hai sahabat, yang namanya blogger newbie itu saya rasa sama saja mungkin ya. Pasti waktu pertama-pertama bermain google adsense, rasanya ingin setiap jam bahkan menit untuk melihat laporan pendapatan di akun adsense yang kita miliki. Ya maklum lah, namanya juga baru senang-senangnya melihat laporan dolar. iya kan?

Jika Anda seperti itu, berarti sama dong seperti saya. Sampai saya menulis artikel ini pun juga masih seperti itu. Pagi, bangun tidur buka penghasilan di akun adsense. Mau berangkat kerja buka lagi. Baru sampai di tempat kerja buka lagi. Siang jam istirahat buka lagi. Pokoknya jika dihitung-hitung, sehari semalam saya bisa membuka akun adsense lebih dari 10 kali. he he..
Entah apa yang membuat saya seperti itu. Yang jelas, maunya melihat earning dan earning terus. Malahan semangat membuka akun adsense ini lebih besar dibanding membuka facebook. Ya iya lah, apa lagi ini akun kan bisa memberikan kabar gembira tentang pengumpulan recehan dolar. Makanya jangan heran kalau semangat membukanya besar sekali.

Tapi, ternyata sering membuka dan melihat penghasilan di akun itu sia-sia saja dan tidak ada gunanya. Mengapa? Karena seberapa sering pun kita menengok pembayaran di akun adsense kita, maka penghasilan pun tidak akan bertambah kecuali ada yang klik iklan. Meskipun kita sering menengok akun, itu tidak akan meningkatkan penghasilan dari iklan adsense.

Apa lagi kalau setiap hari hanya melihat laporan pembayaran saja, dan tidak melakukan hal-hal lainnya untuk meningkatkan pendapatan google adsense kita. Walah, mana mungkin pendapatan akan bertambah dengan sendirinya? Hampir-hampir sangat sulit dilakukan.

Nah, jadi apa yang lebih penting dibanding harus melihat laporan pembayaran? Ya tentu, lebih baik lagi kalau kita melakukan berbagai hal yang dapat meningkatkan pendapatan google adsense. Seperti: meningkatkan jumlah klik adsense. Agar jumlah klik meningkat, tentu kita juga harus meningkatkan jumlah pengunjung blog kita. Logikanya, jika pengunjung blog bertambah banyak, maka peluang untuk terjadinya klik iklan pun akan semakin tinggi.

Untuk meningkatkan jumlah klik iklan adsense, bukan hanya masalah pengunjung. Tapi CTR (CLICK THROUGHT RATE) alias persentase jumlah klik dari total tampilan laman yang dihitung oleh adsense. Misal blog saya tampilan laman hari ini sebanyak 1000. Kalau CTRnya kecil misalnya 0.5%, maka jumlah kliknya pun akan sedikit yaitu 5 klik saja untuk hari ini. Dan jika jumlah kliknya sedikit, tentu penghasilannya pun tidak banyak kan? 


Berbeda jika CTRnya bagus sekitar 3%. Dengan 1000 tampilan laman kita akan mendapat 30 klik. Wah, beda jauh kan antara 5 klik dengan 30 klik? Yup, seperti itulah kira-kira. 

Namun untuk meningkatkan CTR, saat ini saya masih belum memiliki resepnya. Sebab saya masih melakukan riset dulu agar CTR di blog ini juga menjadi bagus. Paling tidak 2% lah. Jadi mohon maaf jika belum bisa berbagi tentang CTR :)

Selain jumlah pengunjung dan nilai CTR, maka nilai CPC (COST PER CLICK) pun juga sangat berpengaruh. CPC adalah harga per klik iklan. Jika harga per kliknya 0.1$, berarti misalnya dari 10 klik saja sudah mendapatkan 1$. Tapi jika nilai kliknya 0.05, maka dari 10 klik hanya mendapatkan 0.5$ saja. Berbeda kan? Untuk itu, mendapatkan CPC yang tinggi adalah sangat penting.

Untuk meningkatkan nilai CPC saya juga belum punya resepnya he he.. Yang jelas, mari bereksperimen bersama. Itu lebih baik dari sekedar setiap menit melihat laporan pembayaran di akun adsense. Oke, sekian dulu ya.. :)

Namun jika

2 komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon