MODEM VODAFONE TIBA-TIBA LAMBAT? BISA JADI AKIBAT KEPANASAN

Hai sahabat, pagi ini saya akan berbagi tentang pengalaman memiliki modem vodafone yang tiba-tiba saja lambat saat digunakan. Mungkin artikel kali ini hanya sebuah cerita pengalaman pribadi saja ya.. bukan tips-tips komputer seperti biasanya.

Nah, jadi ceritanya begini: Beberapa bulan yang lalu saya membeli modem bekas merek vodafone dari seseorang yang menjualnya lewat olx.co.id. Bisa Anda baca di tulisan ini. Alhamdulillah, bisa beli modem GSM untuk internetan. Awalnya sih lancar-lancar saja. Namun tadi malam tiba-tiba saja jaringan internet menjadi lambat. Saya tidak curiga kepada operator seluler yang saya gunakan, karena paket bulanan baru saja saya aktifkan. Itu pemikiran saya.

Yang jelas, saya gunakan untuk membuka apapun di internet, loading dari page/halaman yang saya buka sangat-sangat lambat seperti paket internet yang melebihi kuota pemakaian. Waduh, jelas pikiran saya cukup sebal ya. Masalahnya lagi butuh untuk mengedit template dari blog ini, eee.. jaringan malah lelet seperti itu.

Analisa pertama yang saya lakukan adalah memeriksa kondisi fisik dari modem vodafone milik saya tersebut. Dan ternyata, saya mendapati modem tersebut sangat panas. Padahal, modem tersebut belum terlalu lama dicolok di komputer. Tidak berfikir lama lagi, langsung setelah itu saya cabut modem tersebut dari komputer. Ini saya maksudkan untuk mendinginkannya ya sahabat.

Nah, setelah dingin, modem tersebut saya colok kembali. Kemudian tentu saja saya lakukan pengetesan ulang. Dan ternyata modem vodafone milik saya bisa bekerja dengan baik, dan kecepatan berinternetan pun kembali stabil.

Dari kasus ini saya bisa mendapatkan pengalaman, bahwa ketika mencolokkan modem (kepala flash) di komputer atau laptop, harus dipastikan modem tersebut tercolok dengan benar. Jika tidak, maka modem vodafone bisa menjadi panas dan pada akhirnya akan berpengaruh terhadap koneksi internet itu sendiri.

Entah apa yang membuatnya seperti itu? Saya juga tidak bisa memastikannya. Hanya saja, menurut saya bisa saja modem yang salah colok itu panas akibat terjadinya corslteting di kepala modem dengan port usbnya sehingga coresleting itu masuk ke mainboard modem. (hanya opini)

Masalah salah colok modem bisa menjadi panas, ini benar adanya. Sebab saat pertama kali membeli modem tersebut, panas ini juga terjadi saat saya sedikit tidak benar mencolokkannya di komputer. Padahal modem tersebut saya colok hanya beberapa menit saja. Awalnya sih sempat berfikir kalau modem tersebut rusak. Tapi nyatanya modem tersebut masih belum lama dibeli oleh pemiliknya. Dan test di tempat saat saya memmbelinya pun tidak menunjukkan panas.

Akhirnya, setelah saya cabut dan colok dengan baik, panas dari modem vodafone bekas milik saya itu tidak terlalu panas lagi. Itu kan membuktikan bahwa kurang benar dalam mencolok modem, bisa menimbulkan panas yang berlebihan pada modem tersebut.

Sahabat, mungkin ini saja yang bisa saya bagikan untuk Anda. Siapa tahu Anda memiliki masalah yang sama, mudah-mudahan artikel ini bisa membantu.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon