Mengapa Flash Disk Berwarna Merah Saat Dicolok Di Komputer?

Pertama kali menggunakan windows 7 sebagai sistem operasi di komputer, saya sempat kaget. Hal yang membuat kaget adalah, saat mencolok flash disk di komputer atau laptop, terkadang tampilannya menjadi merah. Wah, jangan-jangan flashdisk mulai rusak atau terkena virus komputer ya?

Apakah Anda juga berfikir seperti itu? Jika iya, jangan khawatir, jangan panik dan jangan terlalu cemas. Sebab windows 7 tidak sama seperti windows sebelumnya yaitu windows XP. Di windows 7, tanda merah yang terlihat pada flashdisk saat dilihat di may computer itu adalah sebagai pengingat atau pertanda bahwa flashdisk sudah mendekati ambang penuh. Silahkan lihat seperti gambar berikut.

flashdisk merah di komputer

Pada gambar tersebut, tertulis 326 MB FREE OF 3,79 GB. Itu artinya flash disk tersebut hanya menyisakan ruang kosong sebanyak 326 Mega Byte saja. Seperti kita ketahui, bahwa ukuran 326 MB itu sangatlah kecil. Pada gambar tersebut, dapat dilihat bahwa ruang kosong di flash disk terlihat pada kode warna yang putih.

Nah, warna yang putih hanya terlihat tinggal secuil saja dibandingkan dengan warna yang merah. Makanya jangan heran jika flashdisk tersebut diberi peringatan dan terlihat merah saat dicolok di komputer atau laptop. Pertanda merah ini juga berlaku untuk media penyimpanan lainnya seperti harddisk, harddisk eksternal dan lain-lain.

Jika Anda perhatikan, LOCAL DISK D pada gambar di atas terlihat biru. Itu disebabkan sisa ruang kosong yang belum terpakai pada harddisk tersebut masih sangat banyak, yaitu 33,3 GB. Sedangkan partisi harddisk pada LOCAL DISK D tersebut 35,4 GB. Berarti, pemakaian di partisi harddisk tersebut hanya sekitar 2,12 GB saja. Tanda biru, itu adalah file yang ada di dalam harddisk. Sedangkan tanda putih, itu adalah kekosongan harddisk yang belum terisi.

Nah, dapat disimpulkan bahwa flashdisk atau harddisk yang terlihat merah itu pertanda bahwa flashdisk atau harddisk di komputer telah terisi banyak data, sehingga hampir penuh. SO, jangan panik. :)

Tips: Jangan mengisi flashdisk atau harddisk Anda terlalu penuh. Sisakan ruang kosong beberapa MB agar media penyimpanan Anda tidak sesak dan tidak cepat rusak. 

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon