Dampak Kerusakan FAN Prosesor Komputer Atau Laptop

DAMPAK KERUSAKAN FAN PROSESOR KOMPUTER ATAU LAPTOP=> Tentang kerusakan komputer atau laptop, tentu penyebabnya berbeda-beda. Namun, kali ini saya akan lebih memfokuskan diri berbagi pengalaman tentang akibat atau dampak kerusakan kipas prosesor dari sebuah komputer.

Fan prosesor atau kipas yang saya maksud adalah fan/kipas pendingin yang menempel pada heatsink prosesor lo ya. Bukan kipas pada casing komputer yang membuang angin ke luar casing.


fan komputer rusak

Kembali ke pokok bahasan. Apa akibatnya jika kipas prosesor komputer rusak? Berikut penjelasannya.

1. Komputer atau laptop sering restart sendiri

Jika kipas komputer telah bermasalah, misalnya perputarannya sudah tidak normal maka akan bisa membuat komputer Anda restart sendiri, alias mati, kemudian hidup ulang. Masalah ini terjadi biasanya ketika kipas laptop yang seharusnya berputar stabil, ini kadang berputar, kadang macet. Dan bisa jadi juga meskipun kipas prosesor berputar terus menerus, tapi perputarannya sudah tidak cepat sehingga tidak mampu mendinginkan prosesor dengan baik. 

Akibatnya, prosesor yang digunakan untuk bekerja akan menjadi panas. Dan akibat panas itu, akan membuat sistem mainboard mematikan komputer secara otomatis dan kemudian menghidupkannya kembali.

2. Komputer mati sendiri setelah hidup beberapa menit

Hampir sama seperti poin pertama. Hanya saja, kali ini komputer yang mati tidak akan hidup lagi secara otomatis. Biasanya, panas yang berlebih pada prosesorlah yang membuatnya seperti itu. Bahkan terkadang jika komputer atau latop sudah mati, tidak bisa langsung dihidupkan kecuali prosesor telah dingin kembali.

Baca juga: Kipas prosesor yang rusak juga membuat laptop sering mati

3. Komputer menjadi sering terkancing

Jika prosesor panas akibat kerusakan fan pendinginnya, maka saat digunakan biasanya komputer atau laptop sering tersendat, terkancing atau tiba-tiba berhenti. Yang jelas, saat komputer berhenti tidak bisa lagi digunakan kecuali dimatikan dan dihidupkan kembali. Mengapa begitu? Ya jelas, kan alat pemroses datanya menjadi panas. Otomatis dapat mempengaruhi kinerja dari sistem operasi itu sendiri.

4. Prosesor menjadi rusak

Jika kipas prosesor telah mati, kemudian Anda tetap memaksa menggunakan komputer Anda meskipun komputer tidak mati otomatis, maka akibatnya prosesor Anda bisa jadi rusak. Jika prosesor rusak, komputer atau laptop Anda pun menjadi blank tidak bisa menampilkan windows di monitor.


5. Komputer atau laptop menjadi mati total

Mungkin ini adalah akibat paling buruk jika fan prosesor rusak, dan Anda tetap menggunakan komputer atau laptop Anda setiap hari, minggu atau bulan. Ya sahabat, komputer atau laptop menjadi mati total selamanya akibat kerusakan parah pada komponen utama komputer seperti mainboard  dan prosesor.
Wah, kalau sampai mati total, akan banyak sekali biaya yang Anda keluarkan untuk memperbaikinya. 
Untuk itu, Sekedar mengingatkan, Jangan mencabut kipas prosesor komputer kalau tidak mau seperti ini. Tolong dimengerti ya.. :)

Jadi, pesan saya jika ada gejala kerusakan pada komputer Anda seperti tiba-tiba mati, sering restart sendiri, atau sering terkancing maka segeralah diperiksakan kepada teknisi komputer terdekat di daerah Anda. Itu sanat penting diketahui penyebabnya sebelum kerusakan komputer Anda menjadi parah. Oke, baca artikel lainnya ya.. :)



11 komentar

Klo soal .laptop kita baru nyalain dan beberapa detik mati.itu gmna yah..
..tapi terkadang lancar..tapi kadang kumat begitu..

Itu kenapa yah ga?

ada kemungkinan kipasnya yang masalah,.. tapi perlu dicek dulu juga sih.. coba nyalain, terus dengarkan .. ada putaran kipasnya gak gan?

kenapa fan laptop hanya sebentar berputar saat menyalakan laptop,dan pada saat masuk windows dan menjalankan program fan tidak berputar. mohon pencerahannya gan...

Ia sama tu fan laptop saya mutar nya hanya bentar saat nyalakan aja dan saat masuk windows berhenti kenapa ya

Kadang laptop emang gitu gan, kipas laptop gak selalu muter.. saat start up memang muter, tapi masuk windows gak lagi.. Tapi entar kalau sudah panas muter sendiri.. gak masalah kalau laptop gak mati.. tapi kalau laptop mati itu berarti kipasnya udah masalah.. :)

Laptop saya awal mau hidupin fan nya mutar gan, blm sampai muncul windows mati tiba2. Bgtu sterusnya. Mohon balasannya gan

FAn komputer menyala namun terdengan suara bising dan tidak mengeluarkan angin hanya berputar saja,,,knapa ya gan ?

bisa jadi juga akibat saluran pembuangan tertutup debu gan,, coba bongkar n bersihkan dulu..

Kalo ada getaran itu kenapa gan? Saat pertama sampai bbrp saat normal... Tapi untuj waktu 1 jam an akan terjadi getaran.

getarannya ada bunyi cekrek- cekrek gak gan?

Kalau semisal laptop sudah dipakai untuk mengerjakan tugas, terus saya diamkan beberapa menit blm saya shut down tiba-tiba laptopnya mati sendiri, itu gimana ya mohon bantuan solusinya

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon