CARA SAYA MENGATASI KOMPUTER YANG TIDAK MAU DIMATIKAN

CARA SAYA MENGATASI KOMPUTER YANG TIDAK MAU DIMATIKAN=>Hai sahabat, kali ini saya akan berbagi lagi tentang pengalaman saya kepada Anda. Pengalaman kali ini adalah tentang memperbaiki komputer lo ya, jadi rugi sekali kalau tidak membaca artikel ini sampai tuntas.

Jadi ceritanya komputer yang saya miliki beberapa minggu yang lalu tiba-tiba tidak bisa dimatikan. Komputer saya menggunakan windows 7. Nah, saat di shutdown, memang monitor terlihat sudah mati. Tapi kipas di CPU masih berputar dan lampu powernya pun masih menjunjukkan tanda-tanda bahwa komputer ini masih hidup.

Setelah saya tunggu sampai lama, ternyata komputer ini memang benar-benar tidak bisa mati. Walah, apa gerangan yang membuatnya seperti ini? Semua itu akan terjawab setelah saya melakukan sedikit eksperimen.


Akhirnya karena saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan, langsung saja saya pencet tombol power secara manual untuk mematikan komputer tersebut. Padahal, mematikan komputer dengan memencet tombol powet seperti itu tidak bagus bagi kesehatan komputer itu sendiri. Dan itu bertentangan dengan cara mematikan komputer dan laptop yang benar di windows 7.

Tapi yang namanya kepepet, ya tetap saja kita harus bisa mencari jalan pintas yang terbaik. Dan jalan terbaik menurut saya saat itu adalah dengan mematikannya secara paksa. Sebab jika tidak dipaksa, tetap saja komputer itu tidak mau mati, dan tidak juga bisa digunakan.

Nah, setelah saya matikan secara paksa tersebut, komputer pun saya hidupkan kembali untuk melakukan percobaan. Awalnya saya sempat berfikir kalau komputer ini tidak mau shutdown akibat adanya program aplikasi yang membebani komputer, sehingga dengan mematikannya sejenak maka komputer pun bisa dihidupkan dan dimatikan kembali dengan normal.

Tapi ternyata saya salah. Setelah komputer saya hidupkan dan matikan kembali, kasus ini pun masih menimpa komputerku yang malang. Tetap saja komputer ini tidak bisa dimatikan.

Otak atik, sebagai naluri teknisi komputer, maka langkah pertama yang saya lakukan adalah membersihkan sampah-sampah di komputer dengan menggunakan software ccleaner. Maksud membersihkan ini adalah agar loading komputer menjadi lebih ringan, sehingga saat mematikannya pun bisa sempurna.

Nah, langkah selanjutnya adalah melakukan scanning dan memperbaiki registry windows yang eror dengan menggunakan software ccleaner. Maksud scanning ini adalah untuk mencari registri yang mulai bermasalah, kemudian memperbaikinya sehingga menjadi normal kembali.

Registri itu ibarat mesin perintah di sistem operasi. Jadi jika registry bermasalah, maka sistem operasi pun juga akan bermasalah. Dari situ, saya berpendapat bahwa mungkin memperbaiki registry di windows akan mengatasi masalah komputer tidak bisa di shutdown ini.

Dan Alhamdulillah, setelah langkah-langkah tersebut saya lakukan, maka komputer pun bisa dimatikan dengan normal kembali. Sekarang komputer ini masih saya gunakan dengan baik loh sahabat.

Jadi jika komputer Anda mengalami kasus seperti apa yang saya alami, cobalah untuk mengikuti apa yang saya lakukan. Siapa tahu Anda juga berhasil, kan lebih bagus lagi tidak perlu membawa komputer Anda ke tempat servis.

Oke, mungkin cuma ini saja yang bisa saya bagikan kali ini. Jika ada kekurangan silahkan ditambahkan ya.. tapi ingat, biasakan berkomentar dengan sopan. :D


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon