BATERAI LAPTOP TIDAK MAU MENGISI ATAU STATUS TERSILANG? BELUM TENTU BATERAI RUSAK!

Memperbaiki laptop yang rusak itu gampang-gampang susah. Sebab kita masih perlu main tebak-tebakan, sampai benar-benar memastikan secara teliti dulu apa permasalahan laptop yang rusak, hingga kita bisa menyimpulkan apa yang menjadi penyebabnya.

Contohnya untuk masalah battery/baterai laptop yang tidak mau mengisi, yang kadang muncul tanda silang pada simbol baterai di laptop Anda seperti gambar berikut.


Nah, biasanya jika baterai laptop tidak mau mengisi atau muncul simbol baterai tersilang seperti itu, maka masalah yang terjadi ternyata banyak. Bisa jadi karena baterai laptop yang memang mulai rusak, dan bisa jadi bukan itu penyebabnya.

Sebab berdasarkan pengalaman saya menangani laptop milik pelanggan, saya mendapati bahwa tidak semua simbol baterai tersilang atau yang baterainya tidak mau mengisi itu ternyata baterainya lah yang bermasalah. Ada juga ternyata problem yang diakibatkan oleh adanya beberapa komponen di mainboard yang bermasalah sehingga baterai pun tidak bisa terbaca atau terisi dengan sempurna.

Untuk kasus baterai laptop yang mainboarnya bermasalah, saya mendapatkan dua penyebab. Penyebab pertama adalah adanya kerusakan komponen mainboard yang menghubungkan dari arus adaptor untuk pengisian ke baterai, dan yang kedua kerusakan komponen mainboard yang menghubungkan dari baterai ke mainboard. Kita bahas satu per satu.

1. Kerusakan komponen mainboard (penghubung dari adaptor ke baterai)

Dalam kasus ini, berarti adaptor bisa menyuplai daya ke laptop sehingga laptop bisa dihidupkan, tetapi tidak bisa menyumplai daya ke baterai sehingga baterai pun tidak bisa mengisi. 

Ciri-ciri untuk kasus yang seperti ini adalah: Jika laptop dihidupkan tanpa charger langsung alias colok adaptor, maka laptop tidak mau dihidupkan. Kemudian jika laptop dipakaikan baterai lain yang telah terisi dan menyimpan daya listrik, laptop bisa dihidupkan walau pun tanpa menggunakan charger ke listrik.

Namun, tetap saja untuk masalah yang satu ini baterai tetap tidak dapat diisi. Meskipun menggunakan baterai yang baru, dan dicharger selama berjam-jam. Tetap saja tidak akan ada tanda kenaikan persentase daya dari baterai itu sendiri. Dan jika baterai lain tersebut telah lowbat kembali, maka laptop pun akan mati, dan tidak bisa dihidupkan kembali meskipun dicolok charger.

2. Kerusakan komponen mainboard (penghubung dari baterai ke mainboard)
Ingat ya, kalau yang pertama tadi dari adaptor ke pengisian baterai, sekarang dari baterai ke mainboard.
Ciri-ciri untuk kasus ini adalah, baterai bisa terisi dengan sempurna. Bahkan tampak tidak ada masalah sekali seperti simbol tersilang atau peringatan eror yang lainnya. Namun, ketika charger dicabut dari laptop saat dihidupkan, maka laptop pun langsung mati akibat baterai yang tidak bisa menyuplai daya ke mainboard.

Jika dilogikakan, komponen mainboard yang rusak pada kasus ini adalah ibarat jalan yang menghubungkan dari baterai ke mainboard. Jika jalan tersebut rusak, maka baterai pun tidak bisa mengirimkan suplai listrik ke mainboard sehingga laptop pun tidak bisa dihidupkan tanpa adanya daya listrik.

Baca juga: ciri-ciri baterai laptop yang mulai rusak

Sahabat, kesimpulan kali ini adalah bahwa tidak semua baterai yang tidak mau mengisi itu pertanda baterainya yang rusak.Sebab bisa jadi adalah akibat kerusakan pada komponen elektronika di mainboard lapop itu sendiri. Begitu juga dengan simbol baterai laptop yang tersilang. Belum tentu juga baterainya yang rusak.

Oke, sampai di sini tulisan ini, semoga ada manfaatnya untuk menambah pengalaman kita semua..

8 komentar

untuk kerusakan komponen mainboard (penghubung dari adaptor ke baterai), bagaimana memperbaikinya? thx

harus dengan alat untuk reparasi mainboard gan.. dan harus dicek satu-satu komponen mainboardnya dengan melihat skema mainboard, ukur tegangannnya.. kalau ada yang tidak sesuai skema, ganti komponen tersebut dengan yang sama persis.. untuk cara yang ini memang harus membutuhkan sedikit keahlian sih gan :)

Kalau batterai tidak ada tanda silang, namun saat di charger hanya 0% dan tdk ada peningkatan daya kira2 knpa?

Mau tanya gan klo batrai tidak terdeteksi itu giman solusinya

dites ganti baterai dulu baru ditau masalahnya apa.. kalau diganti tetap kayak gitu,, berarti ada kemungkinan yang di mainboardnya yang masalah

kalau baterainya yang rusak ya berarti diganti gan..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon