Cara Mengatasi Laptop/Notebook Tidak Bisa Mendeteksi Wifi

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Mendeteksi Wifi-Barusan saya berkunjung ke yahoo answer. Niatnya sih mencari ispirasi dari pertanyaan-pertanyaan di sana supaya bisa saya jadikan artikel. Setelah saya masuk ke bagian komputer dan internet, Alhamdulillah ada pertanyaan yang berhasil menarik perhatian saya. Maka jadilah artikel ini untuk menjawabnya.

Inti dari pertanyaan yang saya maksud adalah, bahwa seseorang tersebut mengalami masalah pada netbook/notebook miliknya. Dia mengatakan bahwa sebelumnya notebooknya tidak ada masalah di wifinya. Laptopnya tetap bisa mendeteksi wifi. Namun sekarang kok tidak bisa dan muncul tanda silang di wifi laptopnya. Meskipun ada jarignan wifi terpasang, tapi tidak terdeteksi di notebooknya. Lihat, inilah screen shot pertanyaanya.


notebook tidak mendeteksi wifi

Nah, Untuk kasus seperti ini, bisa jadi penyebabnya berbeda juga antara satu notebook dengan notebook lainnya. Di sini, saya mencoba untuk menjelaskan dulu kira-kira apa penyebabnya, dan cara mengatasinya. Namun yang perlu diingat adalah, bahwa apa yang saya sampaikan ini bukan berarti 100% tips yang bisa mengatasi masalah wifi laptop Anda loya. Karena kan saya tidak bisa mengecek secara langsung laptop Anda tersebut. Jadi, saya hanya memberikan opini berdasarkan pengalaman saja kepada Anda.


Penyebab wifi laptop tanda silang dan cara mengatasinya

1. Driver tidak terinstal sempurna

Kalau laptop tidak bisa mendeteksi wifi, bisa jadi driver wifi laptop belum terinstal sempurna, atau sudah terinstal tapi dirusak oleh virus, maka bisa jadi akan membuat status di wifi menjadi tersilang. Itu sebagai pertanda saja, bahwa wifi driver bermasalah.

Untuk mengatasi masalah driver ini, silahkan istal driver wifi laptop Anda dengan yang sesuai. Mudah-mudahan masalah bisa teratasi.


2. Wifi belum diaktifkan

Kalau wifi belum diaktifkan, ya memang pasti akan memunculkan tanda silang pada wifi laptop Anda. Dan pasti biar Anda konekkan ke jaringan wifi manapun tidak bakalan bisa. Lha wong mendeteksi wifi saja tidak bisa kok.

Baca juga: 6 penyebab laptop tidak bisa mendeteksi wifi

Untuk mengatasi wifi yang belum diaktifkan, silahkan aktifkan melalui laptop Anda. Caranya beda-beda juga lo ya. Paling umum dengan menekan tombol FN+(tombol f2 atau f3 dll yang berlogo wifi). Ada juga yang hanya menekan tombol berlogo wifi tersebut tanpa FN. Intinya coba-coba saja. 

Kalau tidak ada simbol wifi di tombol F1 sampai F12, cari tombol wifi di casing laptop Anda. Biasanya ada tombolnya yang perlu Anda geser ke arah ON untuk menghidupkan wifi Anda. Kalau sudah di-ON kan, tunggu beberapa saat sampai wifi aktif dan menjadi kuning (pertanda mendapat sinyal wifi)

Tapi kalau Anda sudah kualahan, mending baca cara mengaktifkan wifi laptop di windows 7 saja deh. Karena pengaktifak wifi yang saya berikan di situ lewat sistem operasi lo sobat. Jadi Anda tidak perlu mencari tobol wifi segala di keyboard Anda.

saya berharap, dengan dua langkah tersebut masalah yang terjadi di wifi laptop Anda bisa teratasi segera. Mudah-mudahan aamin.

Mungkin cukup sekian saja yang bisa saya tulis kali ini, semoga tulisan tentang laptop tidak bisa mendeteksi wifi, bisa bermanfaat bagi Anda.Kalau ada masalah, silahkan bertanya melalui komentar. Meskipun agak lambat saya respon, tapi Insya Allah saya akan menjawabnya.. Terima kasih.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon