Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer PC Yang Hidup Sendiri

Penyebab Dan Cara Mengatasi Komputer PC Yang Hidup Sendiri-Hai-hai sobatku pengunjung blog komputer ini. Apa kabarnya? Saya berharap mudah-mudahan baik-baik saja ya. Karena rugi lo kalau sampai sakit. Kan sebentar lagi lebaran nih. Jadinya gak bisa makan enak dong kalau sakit he he..

Sobat, beberapa hari yang lalu saat ingin menggunakan komputer milik saya, eh tidak tahunya pas saya colok ke listrik komputer langsung hidup dengan sendirinya. Wah, apa penyebabnya? Sepertinya masalah serius nih. Mungkin akibat ulah jin kali ya.. wkkk..
cara mengatasi komputer hidup sendiri

Akibat peristiwa langka tersebut, saya jadi ingat kembali kasus yang sama beberapa tahun yang lalu saat memperbaiki komputer pc milik pelanggan. Ya memang sih bukan itu masalah utamanya sampai pelanggan yang saya maksud memperbaiki komputernya kepada saya. Namun bagi saya, kasus seperti itu (yang tidak sengaja saya dapat sendiri) harus bisa saya dapatkan solusinya sebagai upaya untuk menyenangkan pelanggan tentunya.

Apa yang membuat komputer hidup sendiri saat dicolokkan ke listrik?

Untuk penyebabnya sih berdasarkan riset saya adalah, settingan bios yang terubah dengan sendirinya. yang jelas, tidak ada yang merubah settingan bios tersebut. Namun ia berubah sendiri. Sehingga dari membuat komputer bisa hidup sendiri secara langsung saat dicolok ke listrik.

Bagaimana cara mengatasi komputer yang hidup sendiri saat colok ke listrik tersebut?

Coba masuk ke bios dulu ya. Caranya restart komputer, kemudian tekan tombol DEL di keyboard, atau kalau tidak bisa tombol F4, tombol F12, dan lain-lain. Yang jelas, setiap komputer itu tidak sama cara masuk biosnya. Itu tergantung dari merek mainboard yang digunakan.

Nah, setelah Anda berhasil masuk di bios, silahkan atur setingan bios Anda menjadi default dengan cara tekan tombol F9 di keyboar. Tapi perlu diingat lagi ya sobat. Tidak semua komputer menggunakan tombol F9 untuk merubah ke setingan default dari biosnya.

Yang jelas, settingan default pada bios ini bertujuan agar pengaturan di bios yang telah dibuat baik disengaja atau tidak dapat direset kembali ke settingan asal pabriknya.

Coba setelah disetting, simpan settingan biosnya, kemudian matikan komputer Anda. Cabut kabel power dari colokan listrik, dan kemudian colokkan kembali untuk melihat efek dari tips yang Anda ikuti.

Saya yakin sekali cara tersebut kemungkinan besar bisa mengatasi masalah komputer yang hidup sendiri setiap dicolok ke listrik. Namun kalau tidak bisa juga, ada kemungkinan baterai C-MOS komputer Anda telah rusak dan tidak berfungsi. Jadi ganti baterai c-mos Anda dengan yang baru, kemudian setting ulang biosnya ke default ya sobat.

Setelah itu ya harus dites kembali. Kalau berhasil Saya ucapkan selamat ya. Jangan lupa ilmu ini dishare kepada orang-orang agar Anda juga mendapatkan pahala kalau ada orang yang terbantu. Tapi ingat, tidak ada copy paste artikel lo ya.. ;)

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan untuk Anda. Nantikan artikel komputer lainnya hanya di blog ini ya. Wassalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon