Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total Tidak Bisa Dihidupkan

Cara Mengatasi Laptop Tiba-tiba Mati Total Tidak Bisa Dihidupkan=> Laptop yang dirancang khusus agar mudah dibawa kemana-mana, tentunya lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan komputer desktop. Semenjak perangkat ini muncul, seolah ia hampir mampu menghipnotis banyak orang untuk mengesampingkan komputer desktop yang cukup sulit dibawa kemana-mana. Memang benar, selain mudah dibawa karena bentuknya yang lebih kecil, bobotnyapun juga lebih ringan.


Namun Anda juga harus tau, bahwa mobilitas yang tinggi, membuat perangkat ini lebih cepat mengalami kerusakan. Dengan berbagai guncangan, tekanan serta gesekan yang mungkin terjadi saat dibawa, akan lebih memperparah kerusakan pada laptop Anda.

Masalah yang paling umum terjadi adalah laptop tiba-tiba mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi. Jika problem ini terjadi, alangkah baiknya jika Anda mencoba untuk mengatasinya sendiri, tanpa harus merepotkan orang lain.

Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total tidak bisa dihidupkan

1. Cabut Dan Pasang Kembali Baterai Laptop Anda

Pada tahap awal, cobalah untuk mencabut baterai laptop Anda, kemudian pasang kembali. Setelah terpasang, cobalah untuk menghidupkan laptop Anda. Biasanya hanya dengan cara ini laptop bisa dihidupkan kembali tanpa adanya proses tambahan.

2. Hidupkan laptop menggunakan charger tanpa baterai

Jika langkah pertama belum juga berhasil, cobalah untuk menghidupkan laptop Anda hanya dengan charger langsung, tanpa memasang baterai. Cara ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah baterai mengalami corsleting atau tidak. Sebab, saya pernah mendapatkan beberapa kasus ternyata baterailah yang menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan. Setelah dicabut, biasanya laptop bisa dihidupkan jika memang benar baterai tersebut mengalami corsleting.

3. Cabut memory dan pasang kembali

Selanjutnya cabutlah memory Anda, bersihkan memory tersebut dan pasang kembali. Kemudian cobalah untuk menghidupkan laptop Anda yang mati tersebut. Jika belum ada respon sama sekali, cobalah hidupkan laptop Anda tanpa memory dan lihat apa yang terjadi. Jika berbunyi beep panjang, matikan laptop dan pasang kembali memorinya, kemudian hidupkan kembali laptop tersebut. Sebab, banyak masalah mati total terjadi akibat memory yang kotor dan rusak. Oleh karena itu coba dulu cara tersebut. Untuk tambahan, silahkan baca mengatasi memory laptop rusak.

4. Ganti processor

Coba gantilah processor laptop Anda dengan yang sejenis, lalu lakukanlah pengetesan. Jika laptop Anda bisa dihidupkan, berarti processorlah yang mengalami kerusakan.
 
5. Bongkar dan bersihkan laptop

Pada tahap ini sepertinya sedikit lebih rumit, karena dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang bongkar-membongkar. Nah, yang Anda harus lakukan adalah membongkar laptop Anda, mencabut komponen-komponen yang bisa dicabut seperti hard disk, memory, DVD drive, processor, wifi card dan lain-lain. Setelah itu bersihkanlah semuanya menggunakan kuas.

Membersihkan komputer dan laptop dari debu sangatlah penting. Karena debu yang menumpuk pasti akan mengganggu perangkat di dalam casing komputer atau laptop itu sendiri. So, saatnya bersih-bersih.

Langkah berikut lakukanlah pengetesan, tapi tidak usah dipasang utuh ya, cukup lakukan tes diluar casing saja. Lalu apa yang terjadi? 

Jika belum berhasil juga, cobalah hidupkan laptop hanya dengan processor dan memory saja, cabut semua komponen seperti DVD drive, hard disk, wifi card dan lain-lain. Ini juga untuk melihat apakah ada diantara komponen-komponen tersebut yang mengalami corsleting. Sebab banyak kasus laptop mati total akibat adanya korsleting di beberapa komponen tersebut. Sehingga, jika terpasang di mainboard akan menyebabkan laptop tidak bisa dihidupkan.

Namun, jika langkah demi langkah diatas belum ada yang berhasil, dapat dipastikan terjadi kerusakan pada bagian mainboard, entah biosnya rusak atau chipset mainboard tersebut yang rusak. Untuk masalah ini Anda harus membawa laptop Anda ke tempat spesialis reparasi mainboad.

Para pembaca, demikianlah tulisan saya tentang Cara mengatasi laptop tiba-tiba mati total tidak bisa dihidupkan lagi. Jika cara diatas kurang lengkap, saya sungguh senang jika Anda berkenan menambahkan melalui komentar dibawah ini.

295 komentar

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 295   Newer›   Newest»

Selamat malam mas saya mau tanya. Laptop saya merk dell, fan nya berisik dan panas sekali. Pernah sesekali sedang dipakai lalu mati tiba tiba, waktu saya coba nyalakan ternyata baterai low. Padahal sebelumnya tdk ada notifikasi kalau baterai low.
Beberapa hari ini, saya memakai google chrome, tapi tdk seperti biasa, chrome ini terasa lemot sekali, scroll ke atas atau kebawah responnya lambat. Mengetikpun begitu.

Apa yg harus dilakukan? Kalau saya service/bersihkan bagian dalam laptop dan install ulang di tempat service biasa seharga 75rb (bukan SC dell resmi) apakah tdk masalah? Trimakasih sebelumnya.

Selamat subuh mbak ratih, maaf ya baru sempat balas. Untuk menaggapi pertanyaan tersebut, sepertinya ada beberapa poin yang harus saya jawab. Tapi kalau boleh saya tebak apa laptop dellnya tipe n4050 14'? maaf jika keliru. Sekarang mari ke jawabannya.

1. Nah, masalah permasalahan kipas berisik n laptop menjadi panas, bisa jadi terdapat kotoran di dalam kipas yang harus dibersihkan. semalam saya juga berhasil mengatasi laptop yang seperti itu. Hanya saja merek asus.

2. Masalah laptop mati tiba2 karena baterai low, ya bisa jadi memang baterainya yang mulai bermasalah. Sebab baterai mulai bermasalah tidak selamanya harus memberikan notifikasi dulu saat lowbat. Silahkan dipakai sambil dicas, apakah tidak pernah mati seperti itu? kalau tidak pernah ya berarti memang baterainya lah yang mulai problem.

3. masalah google chrome lemot, apakah aplikasi lainnya di laptop juga lemot? kalau tidak, berarti masalah terletak pada google chromenya. Bisa jadi akibat google chrome terdapat banyak sekali ekstension yang menempel. Coba buka google chrome. biasanya pada tampilan awal akan muncul search engine yang bukan google. Misalnya deltasearchlah, dll. masalah ini bisa diatur pada bagian setting.

silahkan cek eksternsionnya pada menu customize and control google chrome. klik pada MORE TOOLS=>ekstension. Nah, lihat apa semua ekstensionnya. Hapus yang gak penting. Kemudian instal ccleaner di lapto, silahkan baca di sini http://goo.gl/gQ4mBL Kemudian, bersihkan sampah di laptop dengan ccleaner tersebut agar cache, cokie, n history google chrome yang bikin lambat juga terhapus. Caranya, masuk sini http://goo.gl/SUTym4

4. Masalah membersihkan bagian dalam (bongkar laptop dell), saya rasa tidak masalah kalau laptop tersebut sudah tidak garansi lagi. Tapi kalau masih masa garansi, sebaiknya jangan ya mbak. Karena kalau segel/stiker telah jebol (sebagai tanda pernah dibongkar), maka saat ada masalah dan komplain ke servis center gak akan diterima.

Tapi kalau cuma install ulang, itu tidak masalah sih. Kebetulan saya juga pernah kerja di SC DELL jadi agak tahu sedikit. :) Semoga jawabannya bisa membantu ya mbak, kalau ada yang kurang silahkan ditanya lagi. Atau kalau ada pertanyaan lain, silahkan ya..

Terimakasih banyak mas atas jawabannya. Kebetulan sekali saya tanya langsung sama mas yg pernah kerja di SC Dell :)
Kenapa mas bisa menduga kalau laptop saya seri inspiron n4050? Dugaannya benar, tapi apa memang laptop dell ini sering bermasalah dgn fan nya mas?

Baik mas.. Terimakasih banyak, nanti saya akan coba untuk bersihkan chrome saya, yang ternyata memang ada bbrp extension yg tdk pernah saya pakai tapi muncul sendiri.

Saya sudah bawa service untuk dibersihkan, sekarang kipasnya sudah tdk terlalu panas, tapi blm coba untuk install ulang. Mungkin nanti saya akan coba minta bantuan tmn untuk instal ulangnya (ga berani install sendiri) hahaha.

Terimakasih banyak ya mas, maaf banyak tanya. Tapi saya akan coba ide untuk bersihkan chrome nya. Dan kalau ada pertanyaan lagi nanti saya nanya lg ya mas...

Satu lagi: extensions sudah saya hapus semua, search engine saya sdh google, tapikalau laptop sudah dimatikan - dan dinyalakan kembali pasti google nya kembali lagi extensions nya. Apa itu bisa diatasi dengan cleaner? Makasih mas...

Untuk dell tipe tersebut, sebenarnya saya cuman menebak aja mbak, dulu sih masalah yang sering muncul adalah, baterai gak bisa terisi full sebelum dicas berjam-jam terlebih dahulu dalam keadaan mati (saat laptop masih baru). Nah, kebetulan mbaknya ada nyinggung soal baterai yang lowbat segala, jadi saya tebaknya laptop dell tipe itu deh :). Santai saja mbak, gak usah sungkan bertanya. Kalau mampu saya jawab ya saya jawab. Kalau gak ya.. pasti akan saya bilang kalau belum tahu jawabannya he he..

Wah, kalau kasus yang seperti itu berarti ada kemungkinan ekstensionnya berasal dari aplikasi "parasit" yang sudah terinstal di sistem komputer mbak. Bisa jadi sebelumnya pernah download software tertentu, kemudian diinstal di laptop. Nah, si parasit nebeng deh ikut keinstal kemudian nempel di browser. Meskipun dihapus lewat ekstension browser, kalau belum dihapus di sistemnya ya bakal muncul terus. Itu Harus dihapus tuh yang sudah terinstal. Baca cara menghapus software di windows 7 melalui link ini http://goo.gl/68L77x Tapi cari aplikasi yang namanya aneh, yang kiranya gak pernah diinstal sebelumnya. Atau nama aplikasi yang sama persis dengan yang ada di ekstension browsernya mbak.. lalu hapus. dicoba dulu ya.. :)

Siap deh mas.. Nanti akan saya coba, dan nanti juga akan saya kabari berhasil/nggak nya. Terimakasih banyak mas buat bantuannya :)

Iya mbak, sama-sama... tapi mudah-mudahan berhasil deh.. :)

Mas, saya ada beberapa pertanyaan. Pertama Laptop ASUS saya akhir" ini sering mati total saat kondisi panas (saat nge game). Saat mati total seringnya dlm keadaan nge charge dan fan nya panas. Lalu pertanyaan kedua, saya menggunakan laptop ini krng lbh sdh 2 tahun, dan jika saya amati performanya jg menurun, terkadang terasa lag saat menjalankan beberapa aplikasi terutama game walaupun spek saya mumpuni, dan apalagi saat kondisi fan nya panas Mas. Nah kira" apa yg rusak mas? Apakah dr power nya? Atw dr prosesor nya? Btw saya pake AMD yg memang terkenal panas karena jmlh core nya. Terimakasih. Mohon jawabannya :)

@mas Nandana: Pertama, apakah kipas laptopnya berputar normal atau tidak mas? coba cek juga pada saluran pembuangan anginnya. Lancar tidak anginnya keluar ? Soalnya kipas laptop yang bermasalah atau pembuangan angin yang tersumbat mengakibatkan laptop panas, dan juga bisa bikin laptop mati-mati lo..

coba baca ini http://abang-palu.blogspot.com/2014/10/kipas-yang-rusak-juga-bisa-membuat.html

Memang sih, saya pernah dapat kasus laptop yang dicolok charger langsung mati. Tapi itu langsung terjadi saat pertama colok, bukan saat sudah lama untuk main game begitu.. jadi saya rasa bukan masalah casnya. Tapi kalau kurang yakin, coba periksa berapa volt dan ampere output dari casnya. Kalau menjadi lebih tinggi, ya bisa jadi itu.. Artinya laptopnya gak kuat menerima arus yang tinggi. Jadi langsung mati.

Kedua, masalah komputer atau laptop yang performanya menurun, gak selamanya soal pengaruh panas. Ya memang, panas yang berlebihan pasti bisa bikin laptop terkancing2 saat dijalankan dan bahkan mati. Tapi kalau masalah untuk membuka aplikasi menjadi lambat, bisa jadi juga akibat memori, atau hard disk yang bermasalah. Coba ubek ubek blog ini,, ada saya tulis tentang kerusakan hard disk n memori mas.. :)

Terimakasih Mas, kalo kipas nya sih lancar Mas, klo masalah mati totalnya, saya pernah sekali waktu itu tdk dlm keadaan nge charge, tp tiba" laptop mati dg sendirinya. Kira" kalau dibawa ke service center utk nge check bagian dlm laptop brp ya Mas? Dan saya ini baru ingat kalau laptop saya dulu pernah saya overclock menggunakan aplikasi resmi dr AMD. Dari yg awalnya kecepatan 1.9GHz.. saya naikan sampai 2.3GHz, apakah ini jg penyebabnya? Kalau iya berarti prosesor saya sudah kena kan Mas. Laptop saya ASUS K45Dr Mas. Terimakasih

mas, saya mau tanya, indikator lsaptop saya hidup tapi laptopnya gk bsa d hidupin

Kak laptop saya merk asus yg batrenya tempel. kemarin mati dan ga bisa nyala sama sekali bahkan saat di chrge pun lampu indikatornya ga nyala. gmna solusinya?

Yak kalau pernah mati tanpa charger, berarti bukan arus dari adaptor yang bermasalah. Dan ada kemungkinan benar yang mas bilang, over clock itu ibarat memaksa prosesor untuk bekera lebih berat dari normalnya (yang ditentukan standar dari pabrik). Meskipun bisa ditingkatkan kecepatannya, ya saya sih sarankan lebih baik jangan mas. Itu beresiko. Trus kalau biaya ngecek sih kalau masih masa garansi biasanya gratis mas... tapi itu tergantung servis centernya juga sih :)

@david: indokator yang dimaksud indikator lampu powernya apa lampu chargernya mas? Tolong diperjelas ya.. :)

apa sudah diikuti tips yang saya berikan mbak? coba deh diikuti dulu... :)

Kak saya mau nanya. Laptop saya tiba tiba mati total dan gak bisa hidup kmbali pdhl sblumnya smpt hidup. Saya coba hidupkan dgn mencabut batre dan hanya dgn cas ttp gak bisa. Ketika di cas juga lampu tandanya gak menyala. Dan ga ada respon sama sekali. Mohon bantuannya kak. Thx

coba didiamkan dulu mas selama beberapa hari, baru dites kembali. kalau belum bisa coba bongkar dan bersihkan. tapi kalau gak bisa coba bawa ke tukang servis laptop aja ya,,

mas mw tanya nh,
nb saya aser aspire one happy2-n57dqb2b mati total,padahal posisi saya charger eh tiba-tiba mati cuma lampu charger aja yg hidup,kira2 apa nya ya??

Wah, kalau disuruh mengira-ngira sih bisa jadi jawabannya banyak mbak. Tapi kalau mati total alias gak ada respon sama sekali, biasanya itu mainboardnya yang bermasalah mbak.. :)

mas saya punya laptop del inspiron n4050 setiap membuka aplikasi game tidak berselang lama laptop mati (mendadak) kira" ngatasinya gimana apa yang harus diganti?

kalau boleh tau game apa ya mas?

Gan laptop tidak di charge 1 bulanan,ketika di hidupkan led power nyala tp layar mati

Maaf gan,, ente tanya atau curhat nih? he he..

Mas saya mau tanya... laptop saya lenovo thinkpad edge 440 tiba2 mati. Trus gak bisa dihidupkan lagi. Awalnya saya pake main down of war. Tapi gk lama, trus udah aku close...pas mau matiin laptop tiba2 aja mati.. kondisi waktu itu lowbath, trus saya charge sambil main... waktu saya mau matikan kondisi baterai 80persen. Dn tiba2 mati. Sdh saya cb cabut baterai dan pasang charge tetep gak bisa hidup. Saya cb tekan tombol power bbrpa detik juga ttp gak bisa idup. Keadaan lampu led juga gak idup. Blum saya tes cabut memori sih, gak ada obeng soalnya... kira2 kenapa masalahnya ya mas? Mohon bantuannya..thks.

maaf baru balas ya mas.. soalnya bis mudik nih he he.. kalau masalah seperti itu, udah tes nyalain laptopnya tanpa baterai belum? udah didiamkan beberapa hari dengan keadaan cabut baterai belum?
kalau belum dicoba dulu gan.. karna saya gak bisa kasih kepastian apanya yang bermasalah..

malam mas, saya mau nanya laptop saya HP Pavilion sebelumnya laptop saya hidup tapi setelah saya hidupkan tiba tiba mati, saya hidupkan lagi tiba tiba mati, dan terakhir saya coba laptop saya langsung mati total, saya udah coba pake baterai dan lepas baterai tetap gak hidup namun lampu charger tetap hidup. itu apa yang masalah dan solusinya ?

mati total ini bener-bener gak ada respon gitu pak kalau dipencet tombol on-nya? atau masih bisa hidup cuman gak tampil? karena hp pavillion sih masalahnya beda-beda juga lo pak..

Tombol on nya gak ada respon mas dan juga dia gak bisa hidup, saya bingung padahal laptop saya baru 5 bulan umurnya.

Terus terang masalah ini sebenarnya agak rumit.. saya pernah dapat laptop matit total karena tombol onnya gak ada respon. Tapi begitu saya cek, ternyata tombolnya yang bermasalah. Ada juga yang mainboardnya, ada juga yang chipset vganya, ada biosnya.. macem2 sih pak.. kalau sudah serumit itu, mending dibawa ke tempat servis komputer aja biar dideteksi lebih jauh lagi.. :)

Mas saya punya laptop asus a450c... masalahnya saat dicas gk bs penuh... cm smpe 90% dan pada saat baterai dbwah 40% tiba2 lngsung mati.. saat dihidupkan cuma smpe logo asus dan lngsung mati lg.... nanti dihdupkan dgn cas dicolok br bisa hdup. Masalah trbaru kmarin saa dihdupkan/dicas muncul tanda silang merah dibaterai. Dan pengisian jd sngat lmbat... maksimal 66%... kalo blh tau masalahnya apa ya mas and solusinya gmana??? Umur laptop 1thn. N 1 lg Sya sering pake sambil cas. Krn katanya bisa bikin baterai awet. Trmakasih mhon pencerahannya Mas...

maaf bapak, kalau masalah pada seputar baterai, saya telah menuliskannya panjang lebar di artikel lain. Silahkan baca ini http://abang-palu.blogspot.com/2014/05/ciri-ciri-batterybaterai-laptop-yang.html dan juga baca ini pak.. http://abang-palu.blogspot.com/2015/05/baterai-laptop-tidak-mau-mengisi-atau-tersilang-belum-tentu-rusak.html

Mas bro,sy punya pertanyaan nih.laptop sy toshiba NB 505. Tiba2 mati total dan gk bisa hidup lagi. Pas mau coba dichass ttp gk bisa hidup tp ada suara kecil nyit nyit..kira2 letak kerusakannya dmn ya mas?makasih

Waduh, kalau mati total terus ada suara nyit nyit kayak gitu saya belum pernah sih.. apa sudah diperiksa di dalam laptopnya mas,, siapa tahu ada tikusnya he he.. tapi kalau laptop yang masih hidup, terus bunyi nyit2 gitu sih pernah.. ada masalahnya di bagian kipas, ada juga masalah di hard disk, ada juga masalah di dvd drive. cuman nb 505 gak pakai dvd drive ya..kan 10"

Kenapa ya mas tiba2 notebok axioo pico saya ga bisa nyala tp lampu indikator chargernya nyalaaa?

kalau ditekan tombol power apa responnya mbak?

sama kaya mas deriven.. laptop saya hp pavilion... pas lagi dipake main game dan gadipake main game pun tetap sama selalu mati... dan gabisa langsung dinyalain... udah di coba lepas batre cuma pake charger pas ditekan tombol powernya masih ganyala... udah saya iseng2 bongkar semua terus pasang lagi masih ganyala... terus saya diemin aja beberapa hari ... bisa nyala lagi... tapi pas dipake beberapa jam ... mati lagi... itu kira-kira kenapa ya mas????

lagian kalau masih 5 bulan kan masih garansi ya mas.. mending dibawa ke tempat belinya aja biar diagaransikan..

di casing dekat kipas panas gak mas? kalau panas kemungkinan itu penyebabnya.. apa lagi kalau pakai prosesor AMD biasanya panas banget itu.. tapi kalau dingin, ada kemungkinan daya ke prosesor tidak cukup sehingga pas baru masuk windows mati.. coba deh di onkan tapi biarkan di bios.. kalau bisa lama, berarti bener daya ke prosesor kurang.. makanya gak kuat ngangkat windows gitu istilahnya..

Selamat malam. Mas laptop saya mati total setelah dicolok flashdisk. (Lampu indikator charge bateraipun mati) apa yg harus dilakukan yah. Merek laptopnya asus x200m baru pemakaian 1 bln.

kalau pembelian baru satu bulan, mending dibawa ke tempat belinya aja mas,, kan masih garansi tuh.. :) kalau colok flash disk langsung rusak sih itu bisa saja terjadi kalau flash disknya korslet, kemudian mengena di laptop mas..

Sore mas saya mau tanya,laptop saya acer v5 mengalami masalah,laptop baru bisa hidup lagi setelah di istirahatkan beberapa hari,pada saat hidup di gunakan seharian pun tidak ada masalah.pernah saya bawa ke tempat service hanya bertahan beberapa hari saja normal selanjutnya kambuh lagi.kira2 apanya ya mas yang rusak.mohon solusinya.thanks.

Tapi kalau setelah hidup apakah masalah kambuh lagi mas?

Notebook asus x200m ak tiba2 mati pas nyolokin usb k laptop lsg mati
Colokan usb d laptop akunya ada yg bengkok gt
Dipencet tombol power g nyala2.
Posisi lg dicas, pas mati lsg ak canut casanny, trs dicolokin lg lampu indikatorny g nyala. Fyi: batre notebookny nyatu, g bisa dilepas
Solusiny gmn yaa?? Mohon bantiannya asap kak mksh

wah, kalau colokan usb ada yang bengkok terus dicolok flash disk langsung mati, itu bisa jadi akibat korsleting dari colokan usb tersebut mbak.. kalau baterainya menyatu, berarti itu baterai internal. Harus bongkar casing dulu baru bisa dicabut baterainya mbak.. tapi kalau gak bisa ya coba deh dibawa ke tempat servis terdekat.. coba kalau mbaknya di palu, bisa saya cekkan.. :)

Kak ak udh cek k tempat service katanya ada yg konslet dkt ac batre dan hrs dgnti gt, biayanya 300rb
Mahal g ya sgtu?

kalau ganti alat-alat di dalam latpop (di mainboardnya), saya rasa itu termasuk murah.. :)

Mau nanya dong kak.laptop saya asus X455L. Gini kak, laptop saya ini misalnya dianggurin terus kekunci gitu dihidupin ga mau hidup tapi lampu indikatornya nyala.mau hidup lagi kalau batrainya udah kosong terus dicas barulah mau idup.kemarin sudah pernah saya bawa ketempat service trus mau baik seperti semula tapi sekarang berulah lagi.dan ketika di shutdown lampu indikatornya tetap hidup tapi gak mau dinyalain.kira kira itu kenapa ya mas? Apa yang harus saya lakuin lagi mas? Makasih

Coba dinyalain pakai charger, tanpa baterai ya mbak.. bisa normal tidak? Soalnya baterai yang masalah juga bisa lo jadi penyebab laptopnya seperti itu.. dicoba dulu ya.. entar lapor kesini lagi.. :)

Laptop saya ini baterainya baterai tempel mas :(

mas laptop saya sering mati tiba2 saat mebuka program / menginstal berlebih padahal tidak lemot
trimakasih mohon bantuanya

udah cek memorinya mas? bisa jadi memorinya bermasalah,, atau bisa jadi prosesornya kepanasan.. coba deh lihat pembuangan udara di laptopnya.. kalau angin yang keluar gak kencang berarti ada kemungkinan tersumbat..

Sya mau tanya, laptop saya samsung, klau sya nyalain itu lampu indikator nyala, mesin jga nyala, tpi kok layarnya ksong, ga nyala.. Mhon bantuanya??

coba dinyalain, trus colok ke vga komputer tampil gak mas... kalau tampil, berarti ada kemungkinan bagian displai laptopnya yang masalah.. bagian displai meliputi: kabel fleksibel, LED, n komponen di mainboard yang mengirim sinyal ke LED..

aya pakek lenovo g40-45 wktu saya colokin kabel speaker laptop saya tb tb mati kenapa ya apa kena arus electricity ya bro atau gmn?saya sudah coba berbagai cara tp tttp ga ada respon dr laptop saya kenapa ya mohon bantuanya bro

kabel speaker laptop maksudnya speaker internal atau yang eksternal mas? Yang jelas, bisa jadi kalau speakernya korsleting ya bisa kena di laptopnya.. Sebelumnya turut berduka cita ya he he.. btw katanya segala cara telah dipakai.. tapi apa yang saya tulis ini sudah dipakai semuanya mas?

Saya pakek eksternal gan,sudah tp kalau yg menganti nganti part belum,kira kira laptop saya kena apanya ya gan?apa mainboardnya harus ganti?kalau iya habis brp duit?

Wah, saya sih gak bisa memfonis gitu aja apanya mas.. kecuali saya udah cek ya bisa jadi.. tapi saran saya lebih baik dicek ke toko komputer terdekat deh supaya dicekkan lebih lanjut.. kalau masalah ganti mainboard sih, tidak ada mainboard laptop dijual baru ya gan.. bekasnya kurang lebih sejutaan

Om mau tanya,
Laptop saya asus x550ze barusan tiba2 mati pd saat aktivitas cuma buka browsing pada kondisi charger di colok, pdhl baru di nyalain 30mntn dg kondisi sbelumnya shutdown. kemudian saya liat smua indikator mati, seharus indikator charger bisa menyala walaupun laptop mati, sya coba adaptor di laptop tmn bisa, solusi nya rata2 lepas baterai, sdngkan laptop sya btrai tanam, dan baru ber usia 6bln’n, mau bongkar harus lepas segel, ap ad solusi nya gan, mohon pencerahannya

kalau masih garansi gak usah repot2 gan,, solusi terbaik bawa aja ke tempat belinya.. nanti biar mereka yang perbaiki, atau mereka yang kirim ke service centre asusnya.. :)

Nah mslh nya beli di kalimantan, tp posisi skrng di jawa tengah, krtu grnsi pun ketinggln di klinantan, ap msh bisa garansi brlaku di servis center tnpa mnunjukkan krtu gransi? Tp sblum nya sya msh bingung kok bisa2 mati tiba2 sperti itu, kemungkinan terbesar kerusakan terjadi dimna itu om, dan biaya yg di kluarkn untuk perbaikannya untuk kmungkinan terprah itu brpa om? Kmudian klau memang hrus fi krim kn ke servis crnter, nunggu 2 minngu deh ya kn?, mksh udh reply gan

LApptp tidak menampilkan apa apa sedangkan lampu power trus tombol capslock dan numlock hidup

wah, masalahnya rumit juga ya gan he he.. kalau ke servis center tanpa kartu garansi sayangnya di tolak... :) terus kemungkinan besar mainboardnya yang udah masalah itu.. kalau servis atau ganti, ya paling tidak kurang lebih 1 jutaan.. tapi tergantung tempat servisnya juga sih, n tingkat kerusakannya sulit gak, alatnya banyak yang diganti apa gak.. dll.. kemudian masa di servis center belum tentu 2 minggu.. bisa jadi lebih cepat, malah bisa juga sampai berbulan-bulan gan... :)

coba disharing ke monitor komputer gan.. tampil gak.. kalau gak tampil banyak penyebabnya tuh.. bisa jadi memori, bisa jadi mainboar, dll

Coba diinstal ulang pak.. bisa jadi itu sistemnya yang bermasalah...

mas, laptop saya hp. tapi setiap saya nyalain trus beberapa menit mati. dan sudah beberapa kali seperti itu setiap saya on kan. dan setiap menyalakan laptop selalu ada tulisan untuk visit ke www.hp.com/go/techcenter/startup. kira - kira kenapa ya mas ? terimakasih

coba diinstal sistemnya mbakyu.. kalau tetap bermasalah berarti harus diperiksa lebih lanjut itu..

mas knapa laptop saya pada saat di charger suka mati total dan pada saat main gamw juga demikian kira kira itu knapa mass

btw kalau baterai full gak dicharger mati total juga gak nih mas?

Mas, saya mau tanya. Laptop saya asus, baterainya batetai tempel. Waktu saya mau pakai, hidup, tapi windows explorernya tiba tiba eror, terus mati layarnya. Pas saya mau hidupin lagi nggak mau hidup mas, lampu nya hidup tapi layarnya nggak nyala, solusinya gimana ta?

masih garansi gak mas? coba disharing ke monitor komputer mau tampil gak ya.. ?

Mas tny dong, laptopku toshiba sering mati sendiri trus hidup lg sendiri. Kadang waktu dihidupkan blm sempat msk windows langsung mati trus hidup sendiri tnp saya pencet tombol powernya. Dulu pernah d service, tp penyakitnya msh sering kambuh. Kenapa ya?

bisa jadi ada masalah pada "kurangnya power" yang masuk ke prosesor mas.. ITu harus dicek lagi lebih detail..

gak pada saat di charge dan main game aja

Mas tny dong, laptopku lenovo g400 sering mati sendiri dan terus langsung matot apa yang terjadi tolong cara mengatasi ny

mas, saya kan salah masang heandset trus terpasang di colokan USB nya, entah gak tau kenapa tiba2 mati total gakbisa di hidupkan lagi. itu apa mas penyebab nya?? terimakasih mas..

kemungkinan terjadi korsleting komponen di mainboarnya mas.. coba diservis aja..


Kenapa ya mas tiba2 laptop asus A42J saya ga bisa nyala tp lampu indikator chargernya nyalaaa?
Tombol power juga gk ngerespon

coba dicabut baterainya dulu mas, terus didiamkan beberapa hari dan coba hidupkan lagi..

assalaamu'alaykum..
sebelumnya saya mau berterimakasih atas artikel yang sangat bermanfaat ini, juga sekalian mau nanya dan minta solusi..hehe
mas notebook saya saya axioo pico, akhir2 ini suka mati tiba sesaat setelah -+ 20 menit setelah di nyalakan, saya coba nyalakan kembali tetapi tidak menyala. lalu, saya coba nyalakan dalam keadaan di charge dan battery terpasang dan kembali nyala. saya lihat betterynya masih banyak. saya cabut chargernya, tidak apap2 sampai 20 menit kemudian mati lagi. udah di coba lepas battery dan nyalakan kembali tapi ttp mati sesaat setelah dinyalakan. maohon pemberitahuannya mas,, terimakasih.

Waalaikum salam mbak rifa, kalau seperti itu, ada banyak juga kemungkinanya sih mbak.. bisa jadi ada kotoran yang menyumbat di lubang pembuangan udara laptopnya, atau bisa jadi juga ada hardware yang mulai bermasalah.. seharusnya dicek lebih teliti agar bisa diketahui masalahnya apa.. :)

Mas mau tanya, laptop asus s400c tiba" matot.awalnya windows 8 nya minta update tapi saya tidak update, lalu kesini" keyboard ada yg tidak berfungsi dan beberapa hari kemudian malah matot mas..
Tolong mas sarannya, terimakasih

kalau matot hampir tidak ada hubungannya dengan windows yang minta diupdate mas.. ya bisa jadi hardware di dalam mainboardnya memang sudah mulai masalah.. coba ikuti tips-tips sederhana yang saya bagikan dulu..

Mas mau tanya laptop saya hp pavlion slim
Kalo dinyalain tanpa chager g mau nyala tapi kalau dicolokin charger nyala normal.. padahal batrenya masih 70% bahkan kadang 100% .. dan waktu laptop dimatikan lampu indikator pwngisian batrenyapun nyala.. itu kira kira batrenya atau apanya ya mas .. soalnya ketika nyala batre masih 70% dan apabila dicabut chargernya langsung mati..

pak ku mau tanya...laptop seri DELL inspiron tiba" mati tapi indikator power ma kipas masih nyala dan tidak bisa di apapain kecuali di paksa shutdown...need solusi gan kenapa ini....?

kalau memang baterainya masih normal, kemungkinan ada kerusakan pada komponen di mainboard yang digunakan untuk menyumplai listrik dari baterai ke mainboardnya mas.. cuma harus dites dulu pakai baterai lain apakah masih sama.. coba baca juga ciri baterai yang mulai rusak.. di link ini http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/05/ciri-ciri-batterybaterai-laptop-yang.html

itu berarti hidup tapi gak tampil gan.. coba dishare di monitor komputer.. ada tampilannya gak?

tapi mouse modem sama keyboard nya mati smua.....

kok tau mouse, modem sama keyboardnya mati mas? apakah laptopnya masih tampil? saya agak bingung dengan masalah laptopnya agan..

kan mousnya ada optic nya jadi optic pada mous mati gitu mas sama keyboard nya kalo di dell kalo di tombol caplocknya ada lednya jadi kalo saya tekan caplock tuh ledya nyala gitu nah itu tuh mati mas.... trus kalo modem juga kan ada lednya juga kalo di colok di usb kan kedip" kan...nah itu tuh smua mati pak...tapi indikator power laptop nyala sama kipas....

wah, nampaknya ini komplikasi akut deh he he.. coba agan terapkan cara2 yang saya bagikan ini. Kalau tidak bisa juga ya terpaksa harus dibawa ke tempat servis :)

kalo di daerah jakarta barat tuh service yg recomend dimana yah...atau g service center dell di wilayah jakarta dimana ya.....mohon pencerahannya pak....

waduh kalau jakarta barat sy gak tau mas/mbak.. :) maaf nih..

Mas bro,.. laptop saya sony pcg-41216w setelah di instal ulang windows 7 ultimate beserta drivernya juga, udah sukses terinstal... tapi koq jadi lemot yaa,.. help dong

gini mas,, sebelum diinstal driver lemot gak? kalau tidak berarti ada kemungkinan ada driver tertentu yang gak cocok. Saya sih pernah mengalami hal kayak gitu..

Sangat bermanfaat dgn adanya ni. Mau ikut nanya dong. Notebook saya juga tiba2 mati total ketika masang charger dan sudah dicoba copot batre tp ttp gak bs nyala juga. Itu penyebabnya krn apa ya

coba ukur tegangan chargernya pakai avometer.. sesuai gak voltagenya mbak.. kalau lebih tinggi ya kemungkinan itu penyebabya... charger over tegangan ngerusak mainboard laptop

Mas, laptop saya Asus k46c. Barusan saya mengalami laptop mati total. Sebelumnya saya juga mengalami seperti itu ketika posisi batrai mau habis, tetapi tidak ada pemberitahuan jika batrai sudah mau habis tiba2 mati saja, saya pikir itu masalah batrainya yg rusak, karena juga sering ngedrop ketika digunakan, setelah itu ketika menggunakan laptop saya ga pake batrai lagi, namun baru kali ini laptop saya tiba2 mati tidak bisa dinyalakan padahal saya tidak pakai batrai. Langsung colok listrik, kira2 kenapa ya mas laptop saya.

ass maaf mas mau tanya leptop saya suka mati gtu ajah kalo engga di cas mau nyalain engga bisa harus sambil di cas baru bisa kalo engga di cas yah mati lagi merek axioo w246cz mohon bantuanya mas trimaksih

cekbaterainya mas saefudin.. masih bagus gak? kalau gak ya berarti baterainya tuh yang gmasalah..

bisa jadi kipasnya ada masalah, bisa jadi bagian mainbaordnya gan.. banyak sih sebabnya.

bos numpang nanya,, laptop saya tiba tiba mati dan coba di hidupkan kembali gak bisa,, dan kalau di tekan tombol power yang nyala cuma pada lampu batrai n ces nya aja kalau powernya di lepas ikutan mati lampunya,, kira" penyakitnya apa ya mas mohon bantuannya,, merk laptop saya vaio e series,, trimakasih

ma'af mas mau nanya.
laptop saya acer aspire 4752G. sebelumnya normal saja. setelah sekitar 2pekan gk saya pakai. ketika dinyalakan hanya sampai loading windows. stuck di situ saja.. saya tanya ke teman di SC. mungkin keypadnya ad yg lengket. dan benar. ketika stuck di "loading windows" saya tekan keypad di deretak "exc sampai f1-f12" langsung bisa masuk windows..

tapi semalem.. ketika dinyalakan normal lancar.. baru nyala.. maksudnya sih sambil di charger karena mau download game.. eh begitu di colok charger langsung mati total.. lampu2 indikator gk ada yg nyala sama sekali.. saya coba cabut baterai pasang lg test tekan tombol power. tetap gk bisa nyala. coba cabut memory dll. jg tetep gk bisa nyala dan lampu indikator gk ada yg nyala satupun.. ini kenapa ya ? mohon bantuannya :D

posting lg.. lupa klik "notify me" biar dapet pop-up email :D

Wuih....... msih rame j ni komentar nya. Mw ikutn nnya jd malu saya. Hehe

Gan ane mau tanya gimana cara instal ulang dell inspiron 15????

mas laptop saya inspiron 3000, sore tak pakai normal..mlm nya mau tak pakai lagi ndak bisa di hidipkan. kondisi batrei waktu terakhir hidup msh 40%.tak cash tak hidupkan ttp ndak bisa gmn ngatasinya ya...laptop baru 2 bln

coba disharing ke monitor pc mas.. kalau ada tampilan berarti masalah pada bagian display seperti kabel fleksibel dan layarnya..tapi kalau gak tampil coba ganti memorinya.. kalau tetap gak bisa... harus dibongkar supaya tahu penyebabnya... :)

justru saya yang malu kalau gak bisa kasih solusi terbaik gan he he.. :)

del inspiron 15? pakai windows apa n kesulitannya di mana gan?

coba lepas baterai dihidupkan pakai cas langsung dulu... kalau gak bisa ya dibawa ke tempat belinya aja.. kan masih garansi gan :D

Mau nnya mas.
Laptop saya asus udah dipake 6 taunan..batrenya emang rusak jadi perlu charge kalo mau make..akhir2 ini kalo kelamaan dipake trus dimatiin, besoknya enggak mau idup lagi..setelah didiemin 2 harian baru idup lagi..begitu terus siklusnya..kira2 kenapa ya mas?

Selamat malam Mas. Saya mau tanya. Laptop saya ASUS X455L. Laptop saya tiba-tiba mati total saat sedang digunakan. Lampu indikatornya nyala, baik yang charger maupun powernya. Tetapi saat ditekan power on, laptopnya tidak menyala sama sekali. Kira-kira permasalahannya apa dan bagaimana cara mengatasinya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

udah ada masalah di mainboardnya mbak.. detailnya harus diperiksa dulu :)

Slmt siang mas,nb saya toshiba c55d-b5310...kmren tiba2 lampu indicator batre sma power smua mati total,udh sy coba colokin charger dan tkan on pda power tp tk ada respon juga,kmudian sya diamkan sehari ,sya coba hidupkan lg dan hdup normal lg,saat mw ke home ad tulisan rts btre low lalu sya charge dan scan virus pke eset 32 ,blm 100%scan mati total lg ..itu apanya ya mas yg mslah?

Mohon Bantuannya, Leptop AXIOO saya Tiba-tiba Mati saat saya Colokin Flash Disk ke USBnya, Kira-kira solusinya gimana ya..??

berarti bukan mati total itu namanya gan kalau masih nyala lampunya.. coba deh cabut baterainya dulu... laptop asus sepupu saya juga pernah begitu.. pas ane cabut baterainya n pasang lagi bisa...

coba instal sistemnya dulu gan, kalau windows xp upgrade ke windows 7 aja atau windows 8.. terus coba hidupkan tanpa baterai,.. kalau bisa setelah instal windows atau tanpa baterai, berarti baterai atau windowsnya yang masalah..

Mas, sy mw tanya, sy punya notebook acer 722, mslh ny klw dinyalain cuma pke batre tanpa di charger hidup normal, tp klw di colokin charger notebook hidup gk nympe 3 detik lngsung mati lg, pdhal klw tnpa charger normal,
Udh gonta ganti charger tetap gtu, mohon pencerahannya

waduh gan,, kosrsleting tuh.. coba diamin dulu beberapa hari.. kalau gak bisa ya berarti mainboardnya sudah kena tuh..

ucah dinyalain pakai charger tanpa baterai belum? kalau bisa, coba ganti baterainya dan dinyalain dengan baterai lain plus charger... kalau bisa, berarti baterainya gan yang masalah :)

sy pnya lptop acer aspire, udh sbulan ga prnh dipke/ dianggurin..bru kmarin sy mau pke lagi tpi koq udh ga bisa nyala yaa, tpi giliran di cas bsa loh lmpu casx jg msh nyala,, ini gmna yaa koq ga bisa nyala sma sekali ?

ya mbak... kadang emang gitu.. kalau laptop dibiarkan lama tidak dipakai kadang emang malah mati.. dulu saya sering dapat kasus seperti itu.. Bisa jadi banyak semut masuk, atau hal-hal lainnya.. lebih baik bongkar dulu laptopnya, terus dibersihkan n dicoba lagi...

Mzz leptop ane lenovo G40
Kok gx mau menyala ya padahal tadi pagi saya nyalahin bisa dalam keadaan batrai di lepas dan pas saya mematikan nya juga normal normal saja

Tapi kok pas siang saya ingin menyalakan nya lagi tapi tidak mau menyala leptop saya .

Tidak menyala atau mati total padahal chager nya sudah saya colokin
Kira kira apa ya problem nya dan apa yg harus di perbaiki

Minta jawaban nya dung soal nya saya ada kontrak dengan klain saya :'>

mas laptop saya acer aspire sering mati-mati sendiri, setelah saya bongkar ternyata di kipas nya banyak debu, setelah itu saya bersihin, waktu masang kembalinya, ternyata jd mati total gk bisa dihidupin, waktu ngecharge pun lampunya gk hidup, ini dimana letak kesalahannya ?? thanks sebelumnya....

coba cek, apakah adaptornya baik2 aja mas? cek dulu deh adaptornya siapa tau colokan sambungannya longgar, atau kabelnya rusak. Soalnya kan tanpa baterai... :)

ada beberapa kemungkinan.. colokan power yang nancap di mainboard belum terpasang, ada hardware sedikit korsleting. coba cabut lagi baru pasang lagi.. itu saran saya mas.. karna sering saya dapat masalah kayak gitu... :)

ok mas, ntar saya coba lagi. makasih banyak mas

mas setelah gua cek ternyata ada kabel dari power yang nyambung ke konektornya itu rusak di bagian ujungnya, merk nya Tennrich-K AWM 20861..... itu berpengaruh gk??

Nah, sekarang coba cek pakai avometer apakah kabelnya putus mas? kalau rusak karena putus, atau karena socketnya pecah sehingga gak bisa mentransver listrik, ya berarti itu kemungkinan penyebabnya..

Kalo emang kabel itunya yang rusak, ada gk jual yang baru di toko-toko komputer gitu? maaf mas mungkin ini pertanyaan terakhir dari saya ^_^

itu kabel yang dari colokan adaptor charger ke mainboard kan? kalau iya berarti ada gan... tapi agak susah carinya.. emang mau kemana sih kok pertanyaan terakhir segala> kayak mau pulang aja :v

nanya kebanyaan nanti repot mas :v wkwkwkwk......
emang iya sih mas, itu kabel dari colokan adaptor nya, itu kira-kira mahal gk? (ujungnya nanya lagi -_- )

ah santai aja lah,. kalau sempat n koneksi bagus ya saya balas.. wong tinggal ngetik aja kok.. tapi kalau ane gak tau ya saya bilang juga PAS :D.. harganya sekitar 200 ribu dulu sih.. itu sudah dengan ongkos pasang. Tapi kalau beli kabelnya aja paling2 cuma 100 ribu..

Thanks ya mas, ntar dikabarin klo udah bisa :D td keliling" blum dpt", hari minggu mungkin tutup kali -_-

Malam mas, saya mau tanya laptop saya merk Acer z1401 .mati total karena lowbat, dan ketika di charge lampu indikasi pake lapyopnya tidak menyala, yg menunjukan bahwa laptop tidak dapat di charge, saya bingung harus bagaimana. Laptop saya baru 2 bulan, dan baterainya tidak bisa di copot. Tolong kasih infonya mas, terimakasih

cek kabel power laptopnya.. siapa tau mati mbak.. kalau mati ganti. Tapi kalau gak mau ribet, bawa aja ke tempat belinya.. coz masih garansi kan? mending digaransikan daripada di oprek2 sendiri :)

Sampean pinter ,sopan, gagah jg ya kang ..sekrng laptop ane belum ada masalah,nanti klo ada mslh ,ane mo nnya sampean ya kang...,???

@mana tahan: sip kang.. silahkan tanya2 tentang komputer.. kalau saya bisa ya saya jawab. tapi kalau gak bisa ya maaf kadang saya bilang ilmu saya belum sampai situ he he..

Gan notebook ane mati gara gara ane salah masukin kabel headset ke USB kira kira yang rusak APA ya?

wah, bisa jadi korsleting gan.. coba hidupin langsung pakai charger tanpa baterai dulu.. bisa gak?

assalamualaikum ..
mass saya mau tanya ni ,, laptop acer sayaa kmren matii tibaa2 saat sayaa sedang mengerjakan tugas ,, lalu saya chager .
pass selesai di chager saya nyalahin tpi ngga nyalah2 nii laptop nyaa mas ..
ampe sayaa copot batree sambil di chager truss saya nyalahin .
tpi ttep jja ngga nyalah2 juga mass ..
kiraa2 knppaa iiyah ..
mohon bantuan nya iiyah .
trimakasih :)

coba pakai charger lain dulu mau gak mbak?? kalau mau berarti chargernya yang masalah.. tapi kalau pakai charger lain tetap gak mau, ya berarti ada masalah di mainboar laptopnya. . perlu dibongkar tuh..

Assalamualaikum

saya ada pertanyaan seputar topik yg sedang dibahas mas, jadi gini saya punya laptop Acer Aspire 4738z emang sih udh jadul bgt speknya pun mepet bgt hehehe tapi udh terlanjur cinta dia udh nemenin saya selama 6-7 tahun lamanya dramatis bgt ya. Jadi gini laptop saya sering mati sendiri kalo tidak di pantengin kipas angin istilahnya overheat lah fan laptopnya berbunyi keras dan panas. Itu apakah bisa dgn cara dibersihkan dan diganti pasta saja ? Oh,iya saya sudah lama tidak menggunakan baterai saya ingin membeli dalam waktu dekat apakah saya harus menservis laptopnya dulu atau membeli baterainya dulu ? Apakah masih bisa menggunakan baterai lagi sedangkan saya sudah lama mencabutnya

waalaikum salam,, karena pertanyaannya banyak saya harus bikin poin2 nih ya mas he he..

1. laptop acer 4738,4738z, dll yang satu model. itu paling sering bermasalah kipasnya.. kalau gak kipasnya putarannya rendah, ya kadang kipasnya mati total makanya laptop mati kalau panas. baca deh ini http://abang-palu.blogspot.com/2014/09/kerusakan-yang-sering-terjadi-pada.html

kalau memang kipasnya masalah, harus diganti.. gak cukup pakai pasta.. tapi pengalaman saya juga pernah dapat laptop kipasnya gak jalan, ternyata terganjal kertas di dalam. kalau begitu, cukup dibersihkan. makanya bongkar dulu mas biar ditau apa penyebabnya.

2. lama tidak mengunakan baterai, tidak masalah pakai baterai lagi. Tapi lebih baik servis masalah mati2 itu dulu.. kalau setelah diservis bisa normal, baru beli baterainya.. takutnya kalau beli baterai laptopnya gak bisa diservis kan rugi.. mening beli laptop baru..

Emang lokasinya dimana gan? Kalau di palu ane bisa bantuin... :)

assalamu'alaikumwr.wb
gan saya mau naya/ saya punya NetBook Hp mini. awalnya normal tapi tiba 2 mati sendiri. bisa idup bentar trus mati lagi. gt trus sampe 3 hari daaaan malah Mati Total. minta saran gan

waalaikum salam, coba cek kipasnya nyala normal gak? soalnya barusan aja saya perbaiki laptop teman yang kasusnya mirip. Panas langsung mati.. pas saya cek, ternyata kipas dalamnya kotor.. jadi saya bersihkan n hasilnya oke... :)

permisi mas, notebook asus x201e saya kalo di pencet tombol power nya lampu drive activity indicator nya gak nyala, layar pun gak adatampilan apa apa. sebelumbya kalo saya nyalain tuh kalo lg booting suka bunyi cekrek cekrek gt.. kadang juga nyala sampe tampilan dekstop tp begitu saya sentuh, mati lagi.. itu kenapa ya?

Assalamualaikum

Terima kasih sebelumnya sudah membantu kami yg sedang kesusahan mas....

Mau bertanya ni mas...lptop saya asus n46vj...
Kejadiannya laptop saya hidupin saya pakai kerja tidak apa2 alias fine2 aj, dari game sampe musik sampe word fine2 aj...

Tetapi ni laptop saya tidak bisa nyala mas...
Kejadiannya laptop saya hidup trus saya tinggal pergi buat makan...nah setalah saya pulang makan...saya lihat laptop saya mati kyk sleep...biasanya klw sleep itu bisa di hidupkan kembali dgncara mengklik pada mouse atao keybord kn mas?? Nah ni sudah saya kkik tetap.saya tidak bisa...

Alhasil saya buat nekat...saya cabut charger n baterai laptopnya tetapi kondisi laptop nya msh nyala....alhasil laptop pun jd mati....

Trus saya pasang lg charger n baterainya tetapi tidak nyala....tetapi indikator di laptop nyala hanya di bagian baterai saja mas....

Saya sudah ikutin cara2 seperti diatas mas....tetapi tidak bisa nyala laptop saya....
Kira2 laptop saya kenapa y mas??

Mohon bantuannya soalnya hasil.ketikan saya belum sempat di back up mas....jd mohon bantuannya mas....
Trima kasih

kalau ada bunyi cekrek-cekrek berarti dua kemungkinan mas,, kalau bukan hard disknya ya kipasnya yang masalah... tapi kalau lampu drive atau hdd letnya gak kedip2, saya sih lebih yakin kalau hard disknya yang masalah.. untuk ciri2 masalah kerusakan hard disk, saya sudah tulis di blog ini.. silahkan dicari mas.. :)

btw maaf, layar gak ada tampilan apa2 ini cuman ngeblank atau layarnya mati total gak ada tampilan atau cahaya sama sekali gitu?

waalaikum salam.. biasanya kalau terlalu lama dibiarkan,kondisinya laptop bukan sleep lagi mas.. tapi hibernate... biasanya kalau hibernate harus tekan tombol power 1 kali baru mau nyala.. tapi karena terlanjur cabut baterai dalam keadaan laptop hidup, ya mau di apa lagi.. sebenarnya itu bahaya.. coba dibiarkan aja beberapa hari.. kalau gak bisa juga mending dibawa ke tempat servis.. saya curiga mainboardnya yang jebol..

Mas ni laptop saya udh nyala dgn mengikuti instruksi2 yg mas berikan yg di comment dgn cara melepas baterai seharian.....
Sudah saya lepas...turs pagi ni saya pasang lagi trus saya hidupkan lagi mas....ternyata bisa mas....hidup lagi....yeeeeaaaaa.....
Tp pas saya hidupin lg....saya perhatikan layar di laptop saya tu kedap kedup mas...mksd nya nyala trus mati....begitu seterus nya sampe 5 menit ad mas...trus saya diamkan trus matikan....kira2 itu knp y mas??

Sama mw nanya mas lebih bagus pkai hibernate ato sleep y mas jika pada saat lptop tidak sedang digunakan??
Trima kasih

coba dinyalain tanpa baterai, terus pakai cas aja.. masih kedap kedip gak layarnya mas? Kalau masih coba disharing ke monitor komputer itu laptop.. kalau di layar laptop kedap kedip sementara di layar komputer tidak, berarti ada masalah pada bagian displai (lcd,kabel fleksibel, atua VGA)

2. Menurut saya sih kalau gak dipakai dalam jangka panjang lebih baik hibernate. Dan malah lebih baik dishutdown. pengalaman beberapa bulan lalu pakai laptop selalu saya sleep saat gak dipakai. ee pas lama-lama setelah disleep langsung nyalain layar putih.. tapi kalau dari shutdown terus dinyalain no problem.. tetap saya sleep terus,, layar putih terus pas nyala.. begitu sekarang malah blank :( mending di shutdown aja mas..

Td saya udh coba yg mas saranin....hbs tu layar bnr2 mati tp laptop msh nyala alias berfungsi....tp lama2 layar mati nyala mati trus mas....
Hbs tu lngsung bnr2 mati mas....

Trus saya pke feeling aj buat matiin lptop pke alt+f4 trus shutdown mas....lalu laptop mati......

Trus saya nyalain lg udh gk bsa lagi mas....huhuhuhu.....

Malem mas saya mau tanya, saya punya Laptop Asus K45DR pas pencet tombol power lampu indikator nyala sebentar tapi langsung mati, udah dicoba, pake charge tanpa batre juga nggak bisa, semua udah saya bongkar saya bersihkan tapi tetep nggak bisa, punya solusi nggak? Mohon bantuannya mas

coba nyalain pakai charger tapi cuman mainboard, prosesor n memorinya aja.. alat yang lain seperti wifi card, hard disk, dvd, keyboard n kabel2 selain kabel power cabut aja dulu.. kemudian gak usah pakai layar. pakai aja layar komputer disambungkan ke socket VGA di laptop. karna bisa jadi, ada korsleting pada salah satu komponen2 tersebut.. tapi kalau gak bisa juga, coba nyalain tanpa memori..mau hidup lama gak meskipun blank?

Asalamualaikum mas, mau nanya laptop saya Dell inspirion 3421tiba2 tdk bisa dicarge, laptop masih bisa nyala dngn btre tp kondisi btre udah lowbat, sya coba hidupin dngn lepas btre jg sama aja gk ada respon, saya coba dngn carger lain masih gk ada respon..mhon pencerahannya laptop sya sakit apa ini hehe makasih..

waalaikum salam... kalau udah dicoba charger lain tetap gak bisa,, berarti ada masalah di beberapa tempat. 1 socket/colokan power yang ada di laptop 2. kerusakan komponen di sekitaran socket power laptop. 3. kalau soket power laptop pakai kabel, kadang putus di kabel tersebut.. :)

Mas saya punya laptop asus tiba tiba mati total padahal sebelumnya belum pernah. Tapi kalo sambil dicas bisa kalo dicabut lagi langsung mati seketika. Kalo gitu masalahnya apa? dan bagaimana cara ngatasinya? Terima kasih.

Selamat malam masss....
Sata mau tanya laptop saya merk acer.lampu indikator pada laptop tidak nyala,posisi batrai di lepas posisi laptop di charger dgn lampu indikator pada charger nyala.
solusinya gmn ya mass..?
Terimakasih.

bisa jadi baterainya dah rusak gan.. coba ganti baterai lain dulu.. :)

lampu indikator yang gak nyala itu lampu indikator power laptopnya atau lampu indikator baterai gan?

maaf mas saya mau tanya, laptop saya merk axioo. jadi laptop saya itu kan di charge sampai 100% tapi waktu dicabut cas-an nya kira2 5 mnt kemudian mati total. klo mau nyala hrs di charge lagi pdhal batrenya msh banyak. itu knp ya mas? terimakasih.

yakin baterainya masih bagus? kadang baterai yang soak juga gitu gan,.. masih terlihat banyak, tapi cepat lowbat.. coba ganti dengan baterai lain dulu.. pinjam aja.. kalau dengan baterai lain tidak masalah ya berarti baterai agan yang masalah.... :)

pak jadi gini, saya punya laptop maati total dan matinya secara tidak wajar :v
jadi gini permasalahannya, pada saat itu laptop saya sambungkan ke tivi menggunakan kabel hdmi, dan tivi nya tersambung dengan antena ke luar rumah di atas genteng, lalu antenanya tersambar petir dan tiba tiba mati mendadak tivi beserta laptop nya
dari kejadian tersebut apakah laptop masih bisa terselamatkan? mohon petunjuk, batuan dan pencerahannya master

Selamat malam mas, leptop saya sudah saya gunakan kurang lebih 5 tahun, namun problem sekarang leptop saya ini tidak menyala saat saya hidupkan, hanya muncul indikator kedip saja dan itu terjadi berulang - ulang, apakah itu karena power supply nya yang bermasalah atau karena memory ram atau juga krna hal lainnya? saya tunggu jawabannya.. terima kasih atas waktunya

makasih banget ilmunya mas..hari ini jam 11 laptopku gak bisa nyala padahal malam baik baik saja,aku cari solusinya browsing via hp dan menemukan blog ini dan saya ikuti petunjuknya dgn mencabut baterenya kemudian di pasang lagi ............dan hasinya Alhamdulillah nyala lagi ..sukses selalu buat mas

mas, laptop saya dell inspiron 13 7000 series. saat itu saya habis donlot PB (point blank) dan temen saya mengubah performancenya katanya batre cepat hbs dgn kaya gt. saya gatau dan ga ngerti dia udh ngubah. terus saya pakai kan, pas mau mindahin data dari harddisk pas nyolokin tb2 laptopnya mati. tapi harddisk masih nyala. saya cas kan gamau nyala, indikator tanda ngecasnya jg ganyala. tekan tombol power jg tdk bs. terus saya cari solusi harus lepas batre, sedangkan batre saya tanam. ada solusi lain kah? makasih maas.

waduh, kasus yang baru saya dengar ini gan.. :v gak bisa dipastikan apakah bisa diperbaiki atau tida. Tapi saya doakan mudah2han bisa gan :D

banyak penyebabnya gan.. bisa jadi power VGAnya juga..

coba cek pakai cas lain dulu.. jangan2 casnya yang mati.. kalau tetap gak bisa juga, mendingan bawa aja ke tempat servis mbak... :)

Mas tanya, laptop saya mati, pas diteken tombol power cuma nyala indikator power saja, tp ga nyala..

Mas, laptop saya merek toshiba, kemarin pas saya nonton film dilaptop, tiba2 laptop saya mati mendadak dan tidak bisa di nyalain kembali, saya sudah coba tutor diatas tapi masih tetap tidak bisa nyala, itu masalahnya dimana ya ?
Mohon pencerahan

kemarin saya juga dapat lagi laptop dengan kasus seperti itu mas.. tapi Alhamdulillah setelah saya bersihkan sekarang dah hidup.. :)

secara umum, bisa jadi kerusakan pada mainboarnya.. gan.. harus dibawa ke t4 servis tuh..

Mas laptop acer aspire v5.laptop saya dicas indukator chargernya nggak nyala,pas di cek charger nya nggak rusak.udah coba buka batrai terus dipasang lagi tapi tetap nggak mau,udah coba nge cas tanpa batrai masih nggak mau.lalu gimana solusinya mas?

coba bongkar gan,, siapa tau cuman perlu cabut pasang hardware aja.. kalau gak bisa juga bawa ke tempat servis aja.. :)

Bang selamat siang saya mau nyanya laptop saya asus x550z kan pernah mati sendiri pas saya lagi main game. Trs hidup lagi tapi kyk nge blank gt gk keluar gambar sama sekali itu knp yah ???

Assalamu'alaikum
Mas mau tanya. Laptopku tipe Asus x453m batre tertanam. Nah pas di hotspot masih bisa. Pas dirumah aku cas trus colok flashdisk juga mau nyala. Tapi tiba",flashdisk ke goyang langsung mati total. Lampu indikator cas dan power gak mau nyala.

Itu dikarenakan kenapa ya mas? Cara mengatasinya gimana? Terimakasih sebelumnya

ada kemungkinan VGA-nya masalah gan.. coba sharing ke monitor.. bisa tampil gak?

kalau flash disk kegoyang terus laptop mati ada kemungkinan korsleting mas.. coba bawa ke tempat servis aja kalau baterainya internal.. takutnya kalau dibongkar sendiri malah rusak..

mau tanya, lepi saya awalnya panas tapi tiba2 jadi mati sendiri bahkan baru 1 menit saja sudah mati. gmn solusinya gan

laptop panas tiba2 mati.. saya sering dapat yang kayak gitu gan.. biasanya sih pembuangan angin laptopnya tersumbat, atau kipas mati.. tapi kalau kipas kedengaran berputar, n angin yang keluar dari laptop kurang kencang, bisa jadi akibat tersumbat debu pada bagian pembuangan anginnya.. bongkar, dan bersihkan.. itu soluisinya gan.. coba baca ini http://abang-palu.blogspot.co.id/2015/12/laptop-acer-4349-panas-langsung-mati.html

mas saya mau tanya nih, laptop saya merk toshiba satellite. setelah saya bongkar pasang laptop untuk membersihkan fan dan mengganti pasta, laptop saya jadi sering mati sendiri. bisa dihidupkan kembali tapi hanya tahan 10-15menit saja setelah itu laptop kembali mati sendiri, laptop dalam kondisi tidak panas pun masih sering mati sendiri. saya sudah coba menghidupkan laptop tersebut menggunakan baterai atau hanya menggunakan charger laptop tanpa menggunakan baterai tapi masih sering mati sendiri. laptop tidak akan mati kembali hanya jika dalam keadaan idle tidak menjalankan software apapun. apakah penyebabnya? adakah solusinya?

malam gan,saya punya laptop axioo, mendadak mati tapi mesin nyala, padahal siangnya masih normal di gunakan, pas malam di nyalain ga nyala, tapi led nya nyala.. bagaimana ya solusinya ? masih bingung kaarena tideak jatih atau ketiban sama sekali..

Pak maaf nih saya mau tanya, kalau laptop sedang dicas tiba" mati terus tidak bisa dinyalakan, itu kendalanya apa yah pak, minta solusi pak.?

hampir semua game yg agak berat..dan terkadang membuka 2 browser sekaligus juga mati..kira" apa yg salah?

Maaf ,ak mau tanya laptop ku dell vostro 3560 ,pagi ak nyalakan trus saya pakai kerja bisa trus saya tinggal ngambil berkas tiba-tiba mati tidak bisa dinyalakan lagi. baterei sudah saya cabut trus saya pasang lagi tetap ndak bisa, solusinya gimana? datanya ndak hilang kan?soalnya semua kerjaannku disitu, terima kasih

sebelumnya maaf baru balas.. :D coba cek kipas laptopnya jalan gak? soalnya pernah sih pengalaman kayak gitu, ternyata kabel kipasnya lupa dicolok.. jadinya kipas gak muter, makanya cuma beberapa menit laptop langsung mati..

coba baca tips yang saya berikan, terus dipraktekin mbak..:) kalau gak bisa praktek sendiri lebih baik dibawa ke tempat servis laptop aja.. :D

cek casnya dulu.. jangan2 casnya yang rusak, atau kabel power casnya yang tidak mensuplay listrik.. kalau sudah diganti dengan cas lain masih tetap masalah,, berarti di laptopnya..

coba bongkar dulu.. cabut dan pasang ulang komponen2 di dalamnya mbak... terus kalau masalah data, selama hard disk tidak rusak datanya masih tetap aman di dalam hard disk..

Assalamualaikum,. Mas saya ada masalah dengan notebook merek asus saya yg baterai ya baterai tempel, notebook saya ini tidak mau menyala kalau tidak sambil di cas,. Dan kalau alasannya di cabut maka notebook nya juga langsung mati.. itu kenapa ya mas.. mohon bantuannya.. terimakasih.

Gan yg baik ..
Ane mau nanya nii gan
Leppy ane, main smbil chager
Trus kn ane stop mainnya,trus ane matiin tu leppy gan

Pas malamx mau d nyalain .. eh udh gak mau nanyala gan
Pdhl lampu chargerx nyala gan

Mnurut agan, leppy ane knp yaah
Tlg d ksh solusi dong gan
Mksh

Mas saya mau tanya, laptop saya awalnya tidak bisa nyala setelah saya ambil batreinya lalu saya langsung pakai chargernya bisa nyala ( menyala tampa batrei) lalu tiba2 ini benar2 mati, tidak pakai atau memakai batrei tdk bisa menyala. Padahal charger nya bisa menyala hanya tdk ada efek nya ke lptpnya. Apa yg harus saya lakukan ya?

Bang saya mau nanyalaptop asus x453ma saya gak bisa hidup indikator cas ngga nyala udah di cas semalaman tetep gak bisa hidup apa ada masalah charger ya mas soal nya saya tinggalkan hidup sampe mati

Mas mau tanya laptop aku asus aku nyalain ga bisa, tp lampu indikator sama
Chargernya nyala, batrai ku nempel jd ga bsa d lepas, jd solusinya gmna ya mas?

ada dua banyak kemungkinan gan.. bisa jadi baterainya sudah kalah, bisa jadi kabel dari baterai ke mainboard longkar, dan bisa jadi juga ada masalah pada mainboard... saran saya sih bawa ke servis centernya aja deh..

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 295   Newer›   Newest»

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon