Ciri ciri Battery/baterai Laptop Yang Mulai Rusak

Ciri-ciri battery/baterai laptop yang mulai rusak-> Battery/baterai merupakan komponen yang sangat penting didalam laptop. Fungsi utamanya adalah sebagai penyimpan daya listrik, kemudian dari daya yang disimpan tersebut digunakan untuk menyuplai laptop agar bisa dihidupkan. Meskipun tanpa arus langsung dari charger, laptop bisa dihidupkan asalkan battery/baterai telah terisi, dan kondisinya masih bagus tentunya.

Pengisian daya dan pemakaian setiap hari, membuat perangkat keras ini lebih cepat mengalami kerusakan. Umumnya, baterai laptop mengalami penurunan kualitas jika telah berusia 6 bulan sejak pemakaian pertama. Jadi, jangan heran jika kebanyakan produsen laptop hanya memberikan garansi selama 6 bulan terhadap perangkat keras ini.

Gejala kerusakan baterai laptop itu berbeda-beda. Ada yang begini, ada juga yang begitu. Kerusakannyapun bisa saja datang tiba-tiba tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Namun, dengan berbekal secuil pengalaman saya akan memberikan sedikit informasi tentang ciri-ciri battery/baterai laptop yang mulai rusak, agar Anda lebih mengetahuinya.

Ciri-ciri baterai laptop yang mulai rusak

1.Perubahan Fisik

Pada umumnya, perubaan fisik pada baterai laptop yang rusak tidak seperti baterai hand phone yang sering membengkan saat mengalami kerusakan. Namun, saya pernah mengalami beberapa kasus bahwa baterai laptop juga bisa mengalami pembengkakan.

Seingat saya, pernah dua kali saya mengalami kasus seperti ini. Salah satunya ketika itu, ada pelanggan toko tempat saya bekerja yang datang dan mengeluh baterai laptopnya bengkak. Setelah saya periksa ternyata benar bahwa baterai laptop tersebut mengalami pembengkakan. Bahkan, saking bengkaknya sanga sulit untuk dikeluarkan dari laptop tersebut. Menurut pemiliknya, awalnya laptop dipakai sambil di charger. Namun setelah laptop selesai dipaka ia lupa untuk mencabutnya sampai pagi. Ketika diperiksa, ternyata baterai sudah membengkak.

2. Perubahan Daya Simpan

Ini adalah masalah yang pasti terjadi, apabila battery/baterai laptop Anda mulai mengalami kerusakan. Biasanya, gejala awal baterai akan cepat sekali penuh saat diisi. Pada kondisi kosongpun, hanya butuh hitungan menit untuk membuatnya full 100%.

Namun sebaliknya, ketika dipakai tanpa colok charger, daya baterai cepat sekali mengalami penurunan. Misalnya sekarang 100%, beberapa detik kemudian langsung anjlok 95%, dan terus anjlok seperti itu. Dari kondisi 100% hingga benar-benar kosong, mungkin hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja. Yang jelas baterai cepat sekali kosong kosong dibanding saat pertama kali membelinya.

3. Pengisian yang tidak sempurna

Maksud saya tentang pengisian tidak sempurna adalah pengisan yang tidak pernah selesai hingga full 100%. Biasanya jika di charging, persentase baterai hanya bertahan dibawah 100%, dan tidak mau naik lagi meskipun di charging selama berjam-jam.

Bahkan saya pernah mendapatkan kasus beberapa baterai, jika di charging hanya bertahan di 14% atau 65% saja. Namun setelah baterai dicabut dan dipasang kembali, pengisian bisa berjalan normal hingga 100%. Akantetapi setelah baterai low dan ingin di charging kembali, masalah masih sama dan harus cabut pasang lagi agar pengisian bisa sempurna 100%. Kebanyakan masalah ini terjadi pada baterai imitasi alias KW.

4. Battery/baterai Tidak Mau Mengisi Dan Menyimpan Daya Lagi


Ketika baterai Anda tidak lagi mengisi, itu pertanda bahwa terjadi kerusakan total pada baterai tersebut. Biasanya jika di charger dan kemudian charger dilepas, laptop akan langsung mati meskipun pengisian daya sebelumnya dalam waktu yang cukup lama.

5. Indikator

Tanda-tanda lain bahwa baterai benar-benar rusak adalah munculnya tanda silang warna merah pada indikator baterai di windows. Jika di klik, muncul peringatan "battery not detected" atau "replacing your battery". Jika dalam keadaan di charger, kemudian indikator yang tersilang merah tadi di klik, akan muncul peringatan "not charging".

Catatan: Tidak semua dari beberapa tanda tersebut seperti "not charging", "battery not detected" atau tanda silang warna merah , atau dicabut charger langsung mati, menunjukkan bahwa baterai benar-benar rusak. Saya pernah mendapatkan beberapa kasus bahwa ternyata itu juga bisa diakibatkan adanya kerusakan di mainboard, sehingga menyebabkan baterai tidak terdeteksi dan kemudian muncul peringatan-peringatan seperti itu.

Baca Juga: Baterai laptop tidak mau mengisi atau tersilang? Belum tentu rusak

Dalam hal ini walaupun baterai diganti yang baru pun, masalah pasti masih sama. Saya juga pernah mendapatkan masalah baterai bisa mengisi sempurna, dan tidak ada tanda-tanda peringatan apapun. Namun ketika di cabut charger, laptop langsung mati meskipun daya baterai dalam keadaan penuh. Setelah di perbaiki mainboard tersebut, semuanya menjadi normal kembali.

Para pembaca, demikianlah sedikit pengalaman dari saya tentang ciri-ciri battery laptop yang mulai rusak. Saya sangat senang jika anda ingin membagikan tips dan pengalaman Anda tentang ciri-ciri kerusakan pada baterai laptop melalui kolom komentar. Sekian, semoga bermanfaat.

104 komentar

ASUS K40IN ane juga gitu gan..
batrenya mentok di 55% doank.. kadang bisa 100%, tp jrg sekali..
abis service motherboard juga...

kira2 apa penyebabnya yaah??

@anonymous : yak bisa jadi batterynya yang bermasalah gan,,, bisa jadi juga mainboardnya.. untuk masalah seperti ini, silahkan dicek dulu batterynya menggunakan battery yang lain..

Mas mau tanya, kan dulu saya pake microsoft 7 trs saya upgrade jadi microsoft 8, sejak itu laptop saya sering mati sebelum baterainya habis, lama kelamaan walaupun udah di charge full tp di diemin 1/3 hari dinyalain udh nggk full baterainya, udh gt msh 65% udh mati laptopnya. Itu yg bermasalah baterainya atau windowsnya ya..

Nah, untuk mengetahui apakah baterainya yang bermasalah atau windowsnya, gampang mbak.. pinjamkan saja baterai lainnya yang masih bagus.. kalau pakai baterai lain bisa normal, ya berarti baterai yang sekarang dipakai itu udah mulai bermasasalah. tapi kalau pakai baterai lain masalah masih tetap sama, coba diinstal ulang windows 7, silahkan lihat efeknya.. kalau setelah instal ulang windows 7 baterai bisa normal ya berarti windows 8 nya yang masalah.. kalau saya sih gitu cara analisanya mbak.. :)

Gan, kalau kerusakan chipset vga ciri cirinya gimana ya ,soalnya laptop saya mati pas dibooting secara berturut turut , berhasil booting ke windowsnya pas 4-6 kali dicoba , ada yang tau gk penyebabnya apa , btw usia laptop udah 3 tahun, dipake buat full game

kalau kerusakan chipset VGA sih biasanya kadang tampil, kadang tidak.. kadang tampilan langsung melebar, atau kadang malah tidak tampil sama sekali di monitor meskipun laptop tampak menyala normal gan.. tapi itu semua perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut.. :)

Caranya agar baterai laptop tidak mudah rusak bagaimana iya ???

Bisa mnta solusi buat msalah yg nmor 2 (perubahan daya simpan) ??
Makasih..

baca artikel ini mbak.. http://abang-palu.blogspot.com/2015/06/cara-merawat-baterai-laptop-agar-tetap-awet-dan-tahan-lama.html

kalau perubahan daya simpan akibat kerusakan baterainya, saya rasa solusi terbaik adalah ganti baterainya dengan yang baru mbak/mas :)

Saya mau tanya belakangan ini baterai laptop saya kalau diisi sampai full 100% bisa. Tapi saat digunakan kurang lebih setengah jam baterainya langsung down jd 50%. Tapi kadang dia bisa jd 80% lagi lalu tbtb 40% lalu naik lagi lalu turun lagi, Apakah itu salah satu ciri baterai laptop sy mau rusak?

Bos Lenovo S110 istr ane kalau dicas, indikator mentok sampai 11% gak naik lagi kecuali sudah full baru berubah 100%.
Kalau sudah full dan dipakai, indikator turun sampai 96% saja, setelah itu gak turun-turun kecuali sudah low baru berubah jadi 7%.
Sudah install ulang dan sudah pakai charger lain tetap begitu. Kondisi baterai relatif normal ( 2 - 2,5 jam).
Mohon pencerahannya.
Terima kasih

biasanya sih sistemnya kalau kayak gitu pak.. tapi kalau sudah diinstal ulang, saya juga tidak tau.. coba instal windows 8 apakah masih sama? tapi menurut saya sih kalau lama pemakaiannya masih normal ya gak ada masalah :)

Gan ane punya masalah sama kayak yang dinomor 4, kira" solusinya apa ya?

kalau memang baterainya yang rusak, ya berarti harus diganti gan.. :)

gan kalo latop ane itu kalo indikator nunjukin angka 30-40% tiba tiba mati itu kenapa ya???

yak, bisa jadi baterainya yang udah masalah gan... coba ganti dulu dengan baterai yang lain.. kalau bagus ya berarti benar baterainya :)

Mas saya mau tanya, laptop saya kalau dicash masih ada tanda cash nya cuma tidak mau jalan jadi tetap saja di angka 5%. Seperti itu kerusakan pada batrenya ya mas? apa ada kerusakan pada laptop? terimakasih

iya mbak, itu salah satu ciri2nya.. :)

gampangnya coba ganti dengan baterai lain aja gan.. kalau bagus n tidak ada masalah seperti itu, ya berarti baterainya yang masalah. Tapi kalau ganti baterai masalah masih sama berarti ada masalah dengan laptopnya.. :)

Kalo pas lagi di charge, awalnya ngisi ke batre nya, lama kelamaan jadi ga ngisi ke batre nya (lampu charge yg di laptop kedap kedio keduanya)
Imi masalah di batre apa charger, mz?
Nuhun.
#ToshibaL745

coba tes pakai charger lain dulu mas.. kalau masalah masih tetap,, berarti bukan chargernya.. coba ganti baterai lain dulu :)

Saya baru aja beli netbook azus second gan.katanya sih batre nya baru setelah saya pakai sih memang awet bgt .tp pas sya charger kog malah muncul tanda silang merah (x) batre tdk terdeteksi akan tetapi batre terisi.kenapa itu gan?

Punya ane seperti ny didalam mainboard masalahnya,yg ane mau tanya kira2 brapa budget untuk membolony itu gan?terima kasih.

Bos saya mau nanya leptop saya toshiba L635 tidak ada tanda silang pada batrai namun tertulis "plugged in and not charging". sudah cukup lama seperti itu kemudian saya beli baterai baru, pada batrai baru terisi 47% namun saat saya cabut chargernya langsung mati dan tulisannya masih sama "plugged in and not charging". kira-kira apa yang salah yaa?mohon arahannya

tapi masih bisa dipakai lama kan gan? biasanya juga akibat sistemnya gan.. coba diinstal ulang dulu...

budget tergantung alat apa yang diganti, kemudian siapa yang mengganti.. karena beda alat beda harga.. beda teknisi beda juga biaya mbak.. ada teknisi yang cukup mengambil keuntungan sedikit,, tapi ada juga yang agak ragus he he... coba tanya di banyak tempat...

coba instal sistemnya dulu pakai windows 8 gan... kalau tidak bisa, ada kemungkinan masalah pada mainboardnya..

masih gan 2 jam.an lebih
tp bingungnya pengisian mentok di 75% not charging stlah saya cabut sya colok lg batre silang merah batre tidak terdeteksi ..tp netbook masih nyala normal ..tanda silang merah itu hilang hnya setelah dilakukan reboot.

Gan gw mengalami masalah no 4, tapi stlah diliat di indikator tertulis plugged in, not charging, mohon bantuanya

gan mau tanya nih
Batere laptop saya udah mati total udah ga bisa dipake

nah gue biarin kepasang di laptop

katanya kalo batere mati dipasang di laptop nanti ganti batere laptop baru ga bakal bisa ke detect apa bener gitu gan ?

hem.. harus diperiksa satu persatu.. ganti dulu pakai baterai asli laptopnya teman yang setipe gan,, karna pernah pengalaman meskipun diganti baterai baru tetep kayak gitu,, ternyata baterai baru tersebut berbeda kodenya makanya gak masuk....

plugin tanda ada listrik masuk, not charging pertanda baterai gak ngecas lagi.. coba ganti baterainya pakai laptop teman gan, pinjam aja dulu.. nanti diliat hasilnya gimana...

kalau yang ini saya belum tau gan,, tapi menurut saya sih gak ada pengaruhnya tu..

Gan, HP 430 saya kalo gak lagi di charge suka tiba2 mati sendiri, padahal batre masih 50-70%. Ini masalahnya dimana ya?Makasih

coba tes pakai baterai lainnya dulu.. kalau gak mati, berarti baterai lamanya udah broken gan :)

Gan, laptop ane Asus N43SM, kondisi batre terisi 100% dalam kondisi di charge, anehnya klo charger dicabut, laptop langsung mati, dan laptop hanya mau nyala klo sambil di charge.
Kira2 masalahnya apa ya gan ?

Help Gan, lepi ane dari beli (9 bln lalu) ampe kemaren baru cabut batre krn dipinjem kakak buat cek lepi dia. Batre udh dipasang lagi tp hari ini jadi ga bs nyala kalo ga dicolok charger, stuck di 93% plugged in, charging.. tapi kalo dicopot chargernya langsung mati. Ane coba colok charger nyalain tanpa batre bisa nyala normal. Itu kenapa ya, Gan? IC nya atau batrenya?

Mohon bantuannya
Thx Gan

coba ganti baterainya pakai yang lain gan,, kalau bisa hidup tanpa dicharge, berarti baterainya yang masalah.. tapi kalau setelah diganti dengan baterai yang masih bagus masalah masih tetap sama, ada kemungkinan motherboardnya yang masalah..

biasanya baterainya korsleting gan :) atau jangan2 ketuker tuh..

Laptop ane udah 2 thn gan, awalnya batere sering mati pdhl batere masi sekitar 40%an, udh di set hibernate juga. Ane coba kalibrasi bbrp kali mulai agak normal lagi. Tapi sekarang ga bisa nge-charge,di indikatornya 0% terus pdhl udh charge lama dan cuma bisa nyala kalo pasang charger. Apa udah harus ganti batere gan?

Mas laptop sy merk compaq cq20 batrenya tidak mau terisi apa masalahnya ada di mainbord atau batre sy yg rusak.trima kasih mohn penjekasannya.

tes pakai baterai lain dulu gan yang masih bagus... kalau bisa, berarti baterainya yang masalah.. tapi kalau tidak bisa,, ada kemungkinan mainboardnya..

Saya ada Kasus pada laptop CompaqCQ, pengisian pada Batrey Normal. Tapi kadang2 sering mati tiba2, saya sudah coba ganti Memory RAM, Bersihkan Fanxa-Tambah pendingin Pasta, Ganti Prossesor masih tetap sama masalahnya. Ketika saya cabut Batrey dan Hubungkan Adaptor lansung dari Listrik statusnya hidup normal. Kira2 masalahnya ada pada Batrey Atau Mb nya? Mohon Bantuanya<>?<<

Gan lepi ane ada notif suruh ganti batrei kalo dibawah 100 tp kalo 100 ilang. Udah diganti batrei baru tetep aja... Itu kira2 apa ya yg rusak

Umur batrei lama sih masih bertahàn ampir 2jam.

kemungkinan pada mobonya gan,, tapi baterai juga bisa pengaruh sih gan,, karena gara-gara baterai yang masalah bisa juga bikin laptop mati.. tapi pas dicabut, laptop bisa hidup,..

coba instal kembali sistemnya gan,, ada kemungkinan sistemnya yang bug.. pakai windows 7 kan?

Gan laptop ane compaq presario cq 40, power on nyala tapi mesin mati, batre udah lama rusak biasa pake charger langsung, kira2 apa

Gan Baterai laptop ane gk bisa di cash full sampai 100% hanya sampai 87% itu kenapa ya?? Padahal suah saya cash agak lama masih sama

ada kemungkinan kalau compaq chipset vganya mbak..

ada kemungkinan baterainya udah mulai masalah gan,, tapi mudahnya coba pakai baterai lain yang sama dulu, baru dicas di laptop agan,, kalau hasilnya bagus ya berarti baterai agan betul yang broken :)

kak, saya baru beli Asus x550jx bulan lalu, instal OS windows 10.. mau nanya dong, kenapa baterainya berkurang padahal laptop udah dishutdown dengan benar ya? terakhir kemarin laptop tsb ngga' saya pake 3 hari karena ke luar kota, baterainya sewaktu dinyalakan (sudah dalam proses charging) malah sisa 55%, padahal sebelumnya saya ingat sudah charge sampai penuh.. apa karena OSnya atau bgmn ya? mohon pencerahannya kak..

setau saya os gak pengaruh ya gan, kecuali ada settingan tertentu mungkin.. cuma untuk lebih gampangnya lebih baik dibawa ke tempat belinya aja.. kan masi garansi tuh..

Mas mau nanya bisa tidak kita bikin fps di game laptop dari screen refresh rate nya 60 an jadi diatas 100

Vga Saya AMD Radeon 5 Mr 30

mohon pencerahannya mas

kalau baterainya yang rusak ya harus diganti gan,, karena baterai sulit diperbaiki meskipun bisa.. :)

fps maksudnya apa ya gan? maaf gan, ane juga gak suka main game :)

Apakah pakai charger laptop juga menentukan umur batterai ? Ane sudah check di battery software battery ane masih bagua. Tapi ketika di pakai indikator battery 100% hanya bertahan sampai 30 menit saja apakah ini ciri ciri battery laptop sudh harus d ganti ? Atau ada masalah tegangan listrik nya karena charger yg saya pakai tidak sama dengan series laptop saya ? Mohon pencerahan nya gan !

pakai windows apa? coba instal sistemnya dulu mbak.. karena windows 7 laporan baterainya ada kekurangan.. coba instal windows 10 kalau laptopnya dah support

ada kemungkinan chargernya juga bisa jadi penyebabnya gan.. karena pengalaman sih charger yang ampernya lebih kecil ngisinya lama, tapi hasilnya gak optimal.. lebih baik coba tes pakai charger lain yang sesuai dulu.. kalau tetap kayak gitu, tes ganti baterai (pinjam dulu) kalau setelah diganti baterai masalah sudah beres, berarti baterainya tuh..

Mas, saya mau tanya. Laptop saya HP terus setelah dinyalakan tiba2 mati. Tapi matinya itu tidak seperti batre low yang masih butuh beberapa detik baru mati, jadi langsung mati gt aja. lalu pas saya charge itu lampu chargenya kelip2 dan pas dinyalakan pertama tidak bisa. pas nyala, di layar ada tulis. "plug in, not charging" gitu. Apakah yang rusak laptop saya, batre atau kabel charge nya ya mas? terimakasih

lebih baik tes ganti baterainya pakai yang lain dulu.. kalau diganti bisa bagus, ya berarti baterainya yang udah rusak..

Selamat malam
Saya mau nanya,apakah setelah mengganti baterai akan menjamin baterai akan hidup normal seperti baru beli?
Dan juga,baterai laptop saya hanya bisa bertahan selama 15 menit kurang lebih,apakah mainboard juga bermasalah?
Jika baterai diganti,berapa kah perkiraan harganya yang original ?
laptop saya Toshiba Satellite C40-A

Mohon,jawabannya mas..karna penting buat saya.
Terima kasih

selamat malam juga, kalau yang bermasalah benar2 baterainya, tentu saja dijamin baterai bakal hidup normal seperti waktu pertama belu dulu.. dan pastinya harus pakai baterai ori juga kan gan? Untuk kisaran sekitar 700-800 ribu area palu gan... untuk mengetahui mainboard atau bukan, ganti aja laptopnya dengan baterai lain gan.. kalau bagus ya berarti gak ada masalah di mainboardnya.. dalam artian masalah ya memang dari baterainya aja.. :)

gan.. laptop saya full charge 100% dan ketika saya lepas chargernya malah mati. :(
itu kenapa ya?
dulu pernah juga baterai rusak, tapi ditandai dengan silang merah

coba pakai baterai lainnya dulu mbak yu,, apakah masih sama?

Kalau Nyari Batrai Aspire v3 -471 Yang Ori nya Dimana Tau Ga ?

cari di jakartanotebook.com gan..

Assalamu alaikum puang.begini laptop saya sering off mendadak ketika dipakai ngegame tdi daya baterainya msih bnyak.

Gan netbook saya koq baterei nya di status 100 % terus ITU knapa y ,

tapi kalau dibiarkan apakah tetap 100 persen sampai laptop mati gan? kalau iya cek baterainya dulu.. coba ganti pakai baterai lain...

bisa jadi baterainya juga sih gan,, karena kalau baterai dah masalah biar masih banyak bisa saja tiba-tiba langsung mati.. APakah laptopnya langsung mati juga kalau sambil dicolok charger?

gan,pemakaian leptop tanpa batre berpengaruh gak sama daya batre? soalnya kalu d rumah aja aku make leptopnya tanpa batre katanya biar batrenya gak cepat rusak. tp pas pake tiba2 jadi cepat habis dayanya. itu karna terlalau lama d simpan apa gimana?

ada sih pengalaman seorang pelanggan.. kalau laptopnya dipakai baterainya dilepas.. tapi baterainya jadi awet.. udah 3 tahun masih OK.. tapi ya resikonya tentu ada.. nah, kalau seperti kasusnya agan, battery dilepas kok malah cepat lowbat,, ane belum ngerti penyebabnya.. mungkin benar, gara2 terlalu lama baterainya didiamkan.. cuma saran sih,, paling tidak seminggu sekali baterai harus dipakai gan..

mau nanya saya make laptop asus yg tpe baterainya tanaman/gkbisa dilepasnbagian tengah dari keyboardsepertinya rada cembung apa itu juga tanda kalo mulai bocor?

bisa jadi mbak.. alangkah baiknya segera diperiksakan aja.. supaya ditau apakah baterainya yang masalah atau tidak.. :)

Bang, mau nanya nih
notebook ane asus x 201 ep
waktu pemakaian udah 3 tahun, udah sering ganti os, sekarang os ane win 8 32 bit(waktu pemakaian udah 9 bulan), masalahnya kalau di charging normal" saja, tp pas di cabut, langsung nge frezee trus restart,itu masalahnya di mana ya... thks

ada kemungkinan baterainya sih gan,, coba hidupkan di bios dulu,, terus cabut casnya.. dia mati gak.. kalau mati,, ya kemungkinan baterainya.. tapi ini kemungkinan.. bukan hal yang pasti ya gan..

mat pagii numpang tanya, aku punya masalah sama batre note book asus M 200, notebook hanya bisa di pakai sambil di cas, kmaren aku ke tempat service notebook minta ganti batre baru yang asli,setelah di ganti anehx waktu aku pake baru 1 hari bayteinya turun ke 50% tiba2 mati, aku konsultasi dan minta ganti,,setelah itu waktu aku ambil note booknya lagi sama jua baru turun sampe 50% tiba2 mati,dan nggak lama udah nggak bisa nyala lagii kecuali sambil cas.. itu kenapa ya? makasih

mas pas saya pasang batre ko dia keisi trus ga keisi jadi kedap kedip gitu mas trus pas saya cabut batrenya dalam keadaan masih kecolok dia malah mati

biasanya ada komponen di mainboard laptopnya yang sudah bermasalah gan..

mungkin korsleting.. coba dicek di teknisi komputer dulu gan,, suruh ukur tegangan baterainya apakah normal gak..

Bang minta solusi sarannya saat dicas lampu indikator laptop normal 5 jam lbih yg harusnya full ko lampu indikatornya malah kedip kedip pas sya nyalain saya liat baterai 89% knp lampu indikatornya kedip kedip solusinya bang???

bisa jadi baterainya juga yang udah bermasalah gan... coba aja ganti dulu bateranya pakai yang lain..

asus a45v sya kalo di charge sampe posisi 100% suka muncul notif battery mode/ac mode terus2an . .tapi anehny cuma di 100% aja..dari 1-99% masih normal. .itu knpa ya?

wah,, aneh juga ya gan,, kalau yang seperti itu ane belum pernah ni gan. :D

Kalo udah rusak dipake juga gimana mas ? Apakah ada efek ke laptopnya ? Laptop saya baterai nya udah rusak sekitar satu bulan ini, sekarang masih dipake, tapi selalu di charge, bahaya ga ?...

tergantung tingkat kerusakannya ibu.. ada baterai yang kembung,, itu harus dicabut aja.. soalnya bisa membuat casing laptop rusak, atau baterainya gak bisa dicabut nanti kalau udah terlanjur kembung..

Mas, laptop saya kalo dinyalakan beberapa saat mati lagi dan ada indikator not chargingnya. Kira kira apa masalahnya ya?

dinyalakan pakai cas atau gak gan?

Saya pake netbook asus jdi batrenya yg nempel bukan yang bisa lepas pake dan itu di cas stuck di 14% kalo di cabut laptop mati :( itu yg rusak batrei atai sedalem2nya ya trus kira2 kalo mau benerin butuh biaaya berapa

ya itu dia gan,, kalau kyk gitu emang harus dibongkar..

Mas mau nanya, kok di bagian indikator baterai saya ada tulisan "plug in not charging" nah, dayanya tuh gak mau nambah, malah menurun, padahal udah di charge, dan ketika kabel chargenya dilepas, eh malah mati. Apa masalahnya sama seperti masalah di nomor 4? Terima Kasih :)

ada kemungkinan iya gan.. :)

Mas saya mau tanya, kenapa laptop saya tidak mau menyala jika baterai laptop dipasangkan walaupun adapter chargeran laptop ikut dipasangkan pada laptop? biasanyakan kalau baterai laptop rusak, walaupun dipasangkan beserta chargeran laptop, laptop tetap menyala kan ? dan terlihat baterai tidak mau ngecas atau tanda x, lah ini ko kalau pake batre walaupun dipasangin adapter casan laptop malah gamau nyala? soalnya kalau batre di cabut, pake casan aja tetep nyala mas.

gak semua baterai laptop yang rusak pasti bisa nyala kalau dipasang di laptop meskipun pakai cas gan.. soalnya kalau baterainya korsleting ya bakal bikin laptop mati saat baterai tersebut dipasang di laptop meskipun sambil dicas.. pengalaman sih gitu..

Saya mau nanya,tibatiba dilaptop saya yang dibatrainya timbul silang merah terus saya juga udah coba cara hilangi silang merahnya itu tapi gak mau hilang itu gimana

baterainya udah KO.. coba tes pakai batterai lain dulu gan.. :)

Gan mau tanya leptop saya lenovo B40-30 saat dicharger tertulis plugged in and not charging dan indikator led tidak nyala kira kira rusak apanya ya?

ini serius ini, sy baru bli baterai laptop, Pas batre barunya sampe sy coba pasang nah ada isinya 60%an,sy charge tuh batre sampe 100% trussy matiin , bsk paginya sy nyalain jadi 0 %. ada yang tau ini kenapa?

wah.. kalau sy, cas semalaman ngisinya 70% pake 30 menit, langsung low. tp kalau cas ga pake materai, maka nbnya mati,, itu apa ya?

Bang mau tanya laptop saya.. kalau gak dicolok Charger dulu gk mau hidup.. tapi bisa nyala sangat Normal di Charger..dulu. tapi pas Dilepas Charger nya.. biasa aja bang.. gk mati.. sangat Normal.. Itu Masalah Baterai ya?
TRIMS

Mas kalo di windows icon batterynya bertulisan battery not detected itu kenapa yaa mas?? jadinya battery saya gak ngisi

ada kemungkinan di baterai gan.. ada juga kemungkinan di perangkat mainboardnya.. coba dicek..

bisa jadi baterainya gan.. coba cek ganti baterai lain dulu

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon