Cara Mengatasi BootMGR is Missing Di Windows 7

Cara Mengatasi BootMGR is Missing Di Windows 7=> Masalah yang biasa terjadi di windows 7 adalah munculnya pesan eror/galat "BootMGR is missing saat menghidupkan komputer atau laptop. Jika masalah ini telah muncul, biasanya komputer atau laptop Anda tidak bisa masuk ke dalam system operasi sehingga komputer tidak bisa digunakan.


bootmgr is missing


Pesan eror ini menunjukkan bahwa sektor boot telah rusak atau pun hilang. Jadi intinya system tidak bisa menemukan file bootMGR yang dibutuhkan system saat start up komputer. Oleh karena itulah, system tidak bisa dijalankan dengan benar, dan muncul peringatan seperti ini.

Penyebab hilangnya file bootMGR ini bisa jadi akibat hard disk Anda yang mengalami bad sector, atau file tersebut rusak dan hilang akibat virus. Atau bisa jadi juga Anda tidak menerapkan cara menghidupkan laptop yang benar, dan cara mematikan komputer yang benar. Jika penyebabnya adalah bad sector, tidak ada cara terbaik untuk mengatasinya selain mengganti hard disk Anda dan menginstal ulang system baru ke dalam hard disk baru tersebut.

Tetapi jika kehilangan file bootMGR ini akibat virus dan kerusakan system, maka solusinya akan saya berikan di bawah ini. Silahkan dibaca lebih lanjut.

1. Yang pertama adalah periksalah jika ada media penyimpan eksternal yang tercolok di komputer atau laptop Anda. Masalahnya saya sering mendapatkan kasus bahwa munculnya bootMGR is missing ini akibat adanya media penyimpanan eksternal seperti flash disk dan hard disk eksternal yang terpasang di komputer saat dihidupkan.

Jadi ketika komputer dihidupkan, media penyimpanan tersebutlah yang pertama kali di baca ketika booting. Sehingga jika tidak menemukan file bootMGR, maka secara otomatis system komputer akan memunculkan pesan galat bootMGR tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, silahkan cabut media penyimpanan Anda itu dan restart kembali laptop/komputer Anda. Setelah itu jangan lupa juga untuk mengatur pada settingan bios untuk me-load hard disk terlebih dahulu agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

2. Jika muncul peringatan "BootMGR is missing press ctrl alt del to restart", maka silahkan tekan tombol Ctrl+alt+del di keyboard Anda untuk merestart komputer Anda. Jika peringatan berupa "BootMGR is missing press any key to restart", maka silahkan tekan sembarang tombol di keyboard untuk merestart komputer Anda.

Jika masalahnya hanya kesalahan booting biasa, maka dengan merestart ulang system, biasanya komputer bisa normal kembali. Namun jika setelah system direstart peringatan ini masih ada, silahkan ikuti langkah selanjutnya.

3. Periksalah socket kabel ide/sata yang tercolok di hard disk dan di mainbord jika Anda menggunakan komputer desktop. Namun jika Anda menggunakan laptop, pastikan hard disk laptop Anda telah terpasang dengan benar.

Cara-cara ini terkadang berhasil dilakukan jika memang benar ada socket kabel yang longgar, atau hard disk yang tidak terpasang dengan sempurna di tempatnya.

4. Jika cara sebelumnya belum bisa mengatasi masalah ini, lakukan repair ulang system Anda dengan menggunakan DVD installer windows yang digunakan untuk menginstall komputer Anda. Ingat, repair itu hanya untuk memperbaiki system, bukan untuk menginstalnya kembali yang berarti mengganti systemnya. Fungsi repair system ini untuk memperbaiki jika ada kerusakan system, registry eror dan lain-lain tanpa menghilangkan aplikasi yang telah terinstall.

5. Jika repair tidak bisa menyelesaikan masalah bootMGR is missing, solusi terakhir dan terbaik adalah install ulang system operasi komputer Anda. Ini adalah cara yang paling ampuh berdasarkan pengalaman saya selama ini.

Semoga cara-cara di atas bisa mengatasi dan membantu untuk menyelesaikan masalah Anda. Namun jika ada kekurangan, saya mohon maaf atas kekurangan ini, dan silahkan ditambahkan melalui komentar jika Anda berkenan. Demikianlah tulisan saya tentang cara mengatasi bootmgr is missing pada windows 7, semoga bermanfaat. Terima kasih...

17 komentar

@robby ferdinan : agan roby,, ini sesuai pengalaman saya.. jika kurang berkenan mohon dimaafkan yah.. mungkin agan perlu mencari cara mengatasi bootmgr di blog lain agar mendapatkan hasil yang sesuai keinginannya agan.. btw,, makasih ya dah komen salam :)

Hay asslmikm ..sy sudah ikuti smua saran diatas dn sudah memeriksa hub data ke socket bnnr nmun tetep Jg msih muncul nyuruh tkann cotrl,alt.del.utk rstrt.tpi sy tkn cotrl.alt.del.bgtu trus..pesn yg muncul.thanks

inti bagaimana yang ente maksud gan?

waalaikum salam,sekarang yang jadi pertanyaan adalah: apa pesan eror yang @unknown terima itu bootmgr is missing? karene parintah menekan ctrl+alt+del bukan cuma pada eror ini saja lo gan. Tapi ntldr is missing di windows xp pun bisa. Kemudian hard disk gak kedetek juga bisa

Gan, yang notebook gmn ya? Nggak ada tmpt DVD/CD. Ceritanya, pas saya instal ulang udah sampe di tengah jalan saya tinggalin dan balik lagi notebooknya udah mati karena lepas dari chargernya. Notebook saya nggak mau hidup tanpa charger, dan saya dapat masalah seperti di atas. Bisakah agan kasih solusinya?

Pakai DVD eksternal aja gan... :)

Itu data atau aplikasinya ilang gak gan?

gan komputer ane drive C nya ke format, menurut ente bgusan di instal ulang win 7 nya apa di repair aja gan?

kalau keformat habis ya mending diinstal gan... kalau repair kan cuma memperbiki aja... nah, apanya yang mau diperbaiki kalau sistemnya aja dah hilang :)

Gan....saya mau tanya kalau ganti hardisk..nya kira kira mahal apa nggak gan...thank's

tergantung ukurannya gan.. silahkan tanya2 aja harganya ke toko komputer terdekat biar lebih jelasnya.. tapi kisaran 400 ribu ke atas sih.. :)

ini apaan? kenapa kagak pake command prompt? bootrec /fixmbr, dkknya gitu. atau copy bootmgrnya lwt cmd. kenapa kgak ada,kenapa maenannya jd auto repair-install ulang -_-

coba instal sistemnya lagi aja deh gan..

nah ini sama kasusnya kya ane gan, C nya ke format, trus mau di instal ulang pke USB kok ga bisa ya? padahal biasanya bisa. apa memang instal ulangnya kudu pake DVD aja, atau bisa pke USB juga, klo bisa pke USB gimana caranya?

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon