Cara Mengatasi/memperbaiki Memory Ram Laptop Yang Rusak Bermasalah

Cara memperbaiki memory laptop yang rusak=> Salah satu masalah yang sering terjadi pada komputer atau laptop adalah kerusakan pada unit memory atau RAM. Jika kerusakan memory ini terjadi pada komputer dekstop, biasanya ditandai dengan bunyi beeb panjang yang terjadi pada komputer, dan biasanya layar monitor menjadi tidak tampil alias blank.

Sedikit berbeda dengan kerusakan memory pada laptop, bahwa gejala yang sering terjadi hanya layarnya saja yang tidak tampil. Yang jelas ini gejala yang paling umum, meskipun ada beberapa laptop yang memberikan pesan lewat lampu caps lock yang berkedip-kedip saat terjadi kerusakan pada memorynya.


cara memperbaiki memory laptop

Gejala untuk memory yang rusak tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak lagi. Bisa jadi layar komputer atau laptop muncul garis-garis pelangi, komputer menjadi sangat lambat, system operasi menjadi tersendat-sendat, dan bahkan sangat sulit untuk memasukkan aplikasi baru di dalam komputer. Untuk lebih jelasnya, mungkin Anda perlu membaca Ciri-ciri memory ram yang mulai bermasalah.

Namun perlu diingat, bahwa tidak selamanya gejala seperti itu akibat kerusakan pada memory. Saya sering mendapatkan kasus bahwa kerusakan komponen komputer lainnya seperti processor dan mainboard juga bisa berakibat seperti gejala-gejala di atas.

Jadi bagaimana solusinya agar mengetahui kerusakan itu benar-benar dari memory komputer? Mudah saja, gantikan memory yang rusak dengan memory lain yang masih bagus. Artinya pinjamkan saja RAM yang sejenis misal DDR 1, DDR 2, dan DDR 3. Kemudian pasang pada komputer atau laptop yang mengalami gejala-gejala kerusakan yang telah disebut sebelumnya.

Jika setelah memory lain dipasang, kemudian laptop atau komputer berjalan normal, berarti benar bahwa gejala kerusakan yang di atas merupakan akibat memory yang bermasalah. Nah, sekarang kita kembali ke pokok bahasan kali ini. Bagaimana cara mengatasi memory laptop dan komputer yang bermasalah? Silahkan dibaca lebih lanjut..

1. Siapkan sebuah penghapus untuk membersihkan memory yang rusak. Lebih baik jika menggunakan penghapus yang dual fungsi, untuk pensil dan pulpen. Penghapus ini memiliki dua warna, separuh putih dan separuhnya lagi biru. Yang biru itulah yang digunakan untuk pulpen dan memiliki tekstur yang lebih keras. Lihat gambar di bawah.


 



2. Cabut memory dari socketnya, kemudian gosok-gosok pin-pin memory tersebut menggunakan penghapus yang telah disiapkan tadi hingga pin-pin memory itu bersih mengkilat.




Kemudian silahkan pasang kembali di laptop atau komputer Anda, untuk dilakukan pengetesan. Jika laptop atau komputer Anda bisa berjalan dengan normal, berarti proses membersihkan memory ini berhasil.

3. Namun jika komputer Anda masih seperti semula, maka lepas lagi memory tersebut dari socketnya. Kemudian bersihkan menggunakan tiner dan dikuas-kuas atau digosok menggunakan sikat gigi, untuk membersihkan jika ada karat/korosi yang terjadi pada komponen elektronika seperti IC dll pada memory tersebut.




4. Nah, setelah dicuci menggunakan tiner, kemudian angin-anginkan memory tersebut agar mengering. Jika sudah kering, silahkan pasang kembali pada socketnya untuk dilakukan pengetesan kedua.

Bagaimana hasilnya? jika berhasil saya ucapkan selamat. Tapi jika belum berhasil, saya ucapkan Anda belum beruntung hehehe.. Jadi sebaiknya ganti saja memory Anda dengan yang baru.

Baiklah, cukup sekian tulisan tentang cara mengatasi memory komputer dan laptop yang bermasalah, semoga bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa jika Anda mempunyai pengalaman memperbaiki memory, silahkan di bagi melalui komentar. Terima kasih..

18 komentar

Komputer saya gan. Bisa nyala tapi ada bacaan notfound sytem. Padahal sebelumnya baik2 saja.

iya itu memang betul karna z sd perna mencobanya,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

tipsnya boleh di coba nih gan, trimakasih sebelumnya dan semoga bermanfaat buat semuanya

https://tipscaramenambahberatbadan.wordpress.com/

@tips cara: silahkan dicoba gan.. :)

Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

Follow balik ya & ditunggu kunjungannya di blog saya :

http://cerdasmu.blogspot.com/

semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
mengalir dalam dunia ini. TRIMS

terima kasih gan jadi wawasan pengtahuan saya ni.!

artikel bagus.!

ini info menarik
bagaimana cara memory laptop ditambah
terima kasih

It's very helpful. Thanks gan.

Kmarin laptop sy tiba2 layarnya mati dan powernya hidup.. setelah diamkan lama hidup kembali. Dan ketika sy buka facebook tiba2 hank. apa itu indikasi memeory?

memang benar, ada indikasi memori untuk kasus seperti itu pak... tapi laptop itu gejala sama, belum tentu penyebabnya juga sama.. bisa jadi juga akibat masalah lain seperi VGA card, chipset, dll

Mlm min, mhon bimbinganya. Laptop ane udh smggu ini ad gjla yg d sbbkan ram sprti ketrgan admin d ats. Skrg lptop ane udh matot. trik brshin ram udh ane krjain tp ttp matot. Yg pgen ane tnyain, klw seandainy yg rsak memang ram, ap it artiny lptop emg gk bsa on lg n mst gnt ram? Mhon d bntu min, thanks

Kalo memory onboard cara atasinya gimana ya ? soalnya dari lampu indikasi yang tidak nyala adalah tanda memory.

weh, kalau memorinya onboard susah gan,, ane belum pernah coba.. mungkin bisa dipanasin pakai blower kali...

Misa mas mbak mau tanya, saya kan pake notebook asus x201e, itu kalo lg dinyalakan, instal aplikasi dan lain-lain kadang suka restart sendiri. Itu knp ya? Apa ramnya yang rusak? Tp kalo ramnya integred atau ga bisa di ganti lalu apa yang harus saya lakukan ya? Terima kasih sebelumnya.

masalah restart gak semua ramnya... kadang sistemnya juga mbak,, coba instal dulu.. dan cek ramnya pakai aplikasi memtes86+..

halo mas mau nanya laptop saya gak bisa masuk ke system operasi nya , cuman muncul merk laptop Hp nya saja pas di hidupin ,apakah itu bermasalah di Ram nya ?

Belum tentu ramnya gan,, coba pas muncul merek LAPTOPNY pencet tombol keyboard semabarang bisa masuk tidak?

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon