Cara SCAN VIRUS DI KOMPUTER DAN LAPTOP MENGGUNAKAN SMADAV ANTIVIRUS

Hai sahabat, jika Anda belum tahu cara scan virus di komputer dan laptop dengan smadav, maka saya akan membagikannya di sini. Tetap enjoy, jangan tegang dan tetap semangat agar perasaan Anda senang membaca tulisan ini :D

Nah, mungkin setelah Anda membaca tulisan saya sebelumnya tentang cara instal antivirus smadav terbaru, saya anggap Anda bisa melanjutkan tulisan ini, untuk menggunakan antivirus smadav guna melakukan scanning alias memeriksa dan membersihkan virus dari dalam komputer, laptop ataupun membersihkan virus di flash disk Anda.

Yuk tak panjang lebar lagi inilah cara scan virus di komputer dan laptop

1. Langsung saja cari tempat penyimpanan data Anda. Misalnya di drive/partisi D, atau E.Lihat gambar di bawah ini.


Untuk contoh ini saya melakukan scan pada partisi E, yang diberi nama NINDY CANTIK. Selanjutnya, scan saja semua partisi Yang Anda inginkan dengan cara klik kanan, kemudian scan with smadav seperti pada gambar di atas.

2. Akan muncul proses scanning jendela kecil di pojok kanan komputer Anda, terlihat seperti gambar di bawah ini.


Klik pada tombol DETAIL untuk memperluas tampilan dan melihat scanning lebih detail lagi.

3. Saat proses scan menggunakan smadav telah selesai, maka akan ada laporan setelah itu. Jika komputer Anda tidak terdeteksi adanya virus, maka smadav akan memberitahukan bahwa komputer Anda baik-baik saja. Tapi jika ternyata ada virus yang terdeteksi, akan ada pemberitahuan seperti ini.


Lihatlah, di situ dikatakan bawha KOMPUTER ANDA SEDANG DALAM KEADAAN TIDAK AMAN. Klik saja OK ya sahabat..


4. Selanjutnya Anda berada pada tampilan hasil scanning lengkap dari smadav. Lihat yang saya beri tanda kotak merah pada bagian HASIL SCAN. 


Di situ terdapat informasi lengkap tentang hasil scan kali ini yaitu: berapa jumlah data yang di scan, berapa virus yang terdeteksi, dan jumlah registri eror atau file/data Anda yang disembunyikan virus.

Anda juga dapat melihat detail lengkap tentang nama virus, dan juga file apa saja yang disembunyikan virus dengan meng-klik pada tab VIRUS dan FILE TERSEMBUNYI seperti yang saya beri tanda panah pada gambar di atas.

5. Yang terakhir adalah KLIK tombol BERSIHKAN  untuk membersihkan virus dari partisi komputer atau laptop yang berhasil dideteksi.


Bukan hanya virus saja, akan tetapi file data yang disembunyikan firus tadi juga dapat dimunculkan lagi setelah itu.

Baca juga: Smadav, antivirus lokal terbaik kebanggaanku

Nah, setelah tombol BERSIHKAN Anda klik, maka  laporan pun menunjukkan seperti gambar di bawah ini.


Lihatlah pada bagian tab VIRUS dan FILE TERSEMBUNYI. Jumlah virus dan file yang tersembunyi pun menjadi kosong bukan? Pada INFO juga menunjukkan FIXING ALL FINISHED yang artinya smadav telah membereskan semua masalah tersebut.

Pada bagian HASIL SCAN, ada informasi bahwa virus 100% telah dibersihkan. Dengan demikian, langkah-demi langkah pembersihan virus di komputer atau laptop dengan menggunakan antivirus smadav ini telah selesai.


Untuk mendapatkan antivirus smadav, silahkan klik di sini Download smadav terbaru offline installer

Mudah kan sahabat? Setelah itu Anda juga harus mengetahui "cara scan virus di flash disk menggunakan smadav". Demikian tulisan saya tentang cara scan virus  di komputer dan laptop dengan smadav, semoga bermanfaat. Salam sukses untuk kita semua.

16 komentar

Terimakasih atas iinformasinya gan, semoga bermanfaat.

visit : http://www.rajalistrik.com/

Gan, virus yang terdapat pada penyimpanan D dan E berbahaya gak gan?
Dapaf mempengaruhi ketahanan laptop serta keawetan laptop gak?
Makasih gan

ya bahaya gan,, kalau ketahanan laptop dari segi hardware sih gak ngaruh.. soalnya virus gak ngerusak hardware.. tapi sistem dan data agan yang akan rusak.. makanya harus dibersihkan dari komputer

saya coba tentang virus dari flashdisk karena kita scan dua kali maka virus itu tetap kalau cara lain bagaiman

kalau agan bisa masuk mini windows, hapus dulu folder recile bin dan system folume information gan,, karena di situ tempatnya virus menaruh akarnya.. :)

Mau tanya gan, kalau virus sudah di clean,kan kalau beres icon virusnya jadi hijau gambar centang ya, tapi kalau iconnya emotikon warna biru apa virus tsb sudah rusak atau bagaimana gan?

Thx

kalau emotion biru gitu sih kayaknya virus gak kehapus dengan baik.. Nanti biasanya kalau discan muncul lagi itu :D

admin kenapa smadav punyaKu nga terbuka

bisa jadi kena virus.. coba instal ulang aja smadavnya.. :)

saya sudah melkukan step stepnya seperti diatas. tetapi saya harus melakukan scan ulang kembali setiap membuka laptop dan virusnya pun sama seperti scanan yang lalu. apakah berarti virusnya blm terhapus secara total? apa yang harus saya lakukan? thanks.

bersihkan lagi dengan antivirus avg gan.. coba baca-baca di sini.. http://www.palucomputer.com/2016/07/tutorial-avg-antivirus-free-bahasa-indonesia.html

maaf mau nnya, saya udah nyoba scan pake smadav, memang virus ga ada, tp ada satu file yang registry gitu, dan komputer saya tertulis tidak aman, pas udah coba di repair ttp pas di scan muncul lagi, itu gimana ya?

pakai smadav yang terbaru.. mbak.,.. kalau gak bisa juga coba pakai AVG

Maaf min punya ane ga bisa di clean pakai smadav mohon pencerahannya min

pakai smadav yang paling baru gan.. biar jos :D

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon