Bisakah Menambah VGA Pada Laptop? Ini Jawabku

Bisakah Menambah VGA Pada Laptop? Banyak yang bertanya seperti itu. Dan bahkan, saya sendiri juga dulunya sering bertanya-tanya tentang masalah yang sama. Kalau komputer PC kan VGAnya bisa ditambah atau diupgrade. Tapi kalau laptop bagaimana? Yuk ikuti lebih jauh artikel komputer ini.
Chipset VGA Laptop
Anda perlu tahu, bahwa VGA pada laptop tidak sama dengan VGA pada komputer pc. Kalau komputer pc punya tempat (slot VGA card) untuk menambah VGA, maka di laptop tidak ada. VGA laptop menggunakan jenis onboard, alias VGA yang tertempel permanen di mainboard. VGA jenis ini tidak dapat kita cabut pasang dengan tangan telanjang seperti VGA komputer PC. Perlu alat khusus untuk mencabut dan memasangnya kembali.
bisakah menambah vga pada laptop
Chipset vga yang terpasang paten di mainboard
Untuk itu, VGA laptop tidak bisa diupgrade atau menambah memori VGA laptopnya menjadi lebih besar lagi. Kalau laptop tersebut memiliki VGA yang 1 GB, ya kita harus terima dengan ukuran memori VGA seperti itu.

Apakah VGA laptop bisa diganti? kalau diganti sih VGA laptop bisa saja. Tapi, seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa penggantian VGA laptop menggunakan alat khusus pengangkat chipset. Dan memasangnya pun juga seperti itu.

Nah, memang benar VGA laptop bisa diganti. Tapi, itu hanya bisa diganti dengan VGA yang benar-benar sejenis. Karena VGA laptop yang berbeda jenis, berbeda pula kaki-kakinya yang menempel di mainboard. Kalau Anda memaksakan memasang VGA yang tidak sesuai, resikonya adalah VGA tersebut menjadi rusak, atau malah mainboard laptop Anda yang bakalan jebol.

Penggantian VGA laptop ini hanya dikhususkan kalau VGAnya rusak. Dalam artian VGA rusak ya diganti dengan VGA yang bagus dan sejenis agar laptop bisa digunakan lagi. Bukan berarti kita asal ganti saja lo ya.. Karena mengganti VGA yang masih bagus sama saja melakukan praktek yang bisa berakibat fatal.

Memang sih, ada juga yang membagikan tips tentang cara menambah memori VGA laptop. Tapi penambahannya hanya hitungan beberapa MB yang tidak sampai 100 MB. Dengan penambahan sekecil itu tentunya tidak banyak berpengaruh untuk melancarkan permainan game yang terasa berat. Belum lagi resiko memaksakan laptop Anda yang tentunya cukup besar. 

Saran saya, kalau ingin memiliki laptop yang VGAnya besar, ya jual saja laptop Anda yang sekarang, untuk tambahan membeli laptop lagi yang VGAnya sudah besar.

Kesimpulan dari tulisan ini adalah, bahwa VGA laptop tidak bisa ditambah dan diupgrade. Itu karena VGA laptop bersifat onboard. Entahlah kalau di kemudian hari dikembangkan laptop yang VGAnya bisa ditambah dan dicabut pasang dengan mudah. Tapi saya yakin para pengembang VGA akan membuat VGA eksternal atau jalan lain supaya VGA laptop bisa ditambah kapasitasnya.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis kali ini. Semoga artikel tentang bisakah menambah VGA pada laptop ini bisa memberi manfaat untuk Anda yang ingin belajar komputer. Wassalamualaikum...

8 komentar

KIRAIN bsa di ganti padahal tdk klo bsa langsung gnti VGAnya dan langsung instal GTA V

iya gan,, sygnya gk bisa :)

kalau vga nya 1 gb itu lumayan... la punya ku malah 64 mb

Misi om ane bagi2 dikit pengalaman nih,gua punya laptop acer e1 470,wktu itu gua bongkar tu laptop,karna gua mau bersihkan kipas nya,terus gua lihat tu di motherboard nya ada sebuah socket yang tidak ada chip nya,terus pas gua lihat baik2 disana,gua lihat ada tulisan VGA terus di deket situ ada juga sebuah kaki2 tempat pemasangan komponen,yang bertulisan vram,nah disitu gua mulai bertanya tanya,ini laptop mungkin bisa di upgrade kali yah vga nya,nah gua foto tuh bentuk kaki2 socket nya,terus gua cari vga nya yang cocok dengan kaki2 nya,akhir nya dapat,dan gua memutus kan untuk memasang nya,akhir nya hmhmh,Sukses sesuai yng gua ingin kan,SEKIAN

terimakasih banyak udah berbagi pengalamannya gan.. berarti teknologi terbaru ada yang kayak gitu ya gan.. :) sama kayak prosesor n memori.. dulunya bisa dicabut, sekrang malah banyak yang dibuat onboard.. sekali lagi makasih ya gan. :)

Kalo misalkan belum ada graphic card nya dan ditambahkan,bisa gak ya?
Laptop saya sony vaio

ada yang bilang laptop terbaru ada yang udah ada tempat vganya gan,, jadi ada laptop yang bisa, ada yang tidak.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon