6 Penyebab Laptop Tidak bisa Mendeteksi Wifi

Assalamualaikum, kali ini saya ingin berbagi tentang penyebab laptop tidak bisa mendeteksi wifi. Yang mau pipis silahkan pipis dulu, yang mau bikin kopi monggo, supaya lebih konsentrasi membaca artikel ini.

Sobat, semua laptop terbaru pasti telah dilengkapi dengan wifi card. Dan pasti Anda sudah tau kan, kalau wifi card digunakan untuk menangkap sinyal wifi, supaya kita bisa konek dengan internet tanpa kabel. Namun, ada kalanya ada masalah yang cukup serius pada laptop, di mana laptop tidak mau mendeteksi wifi lagi. 

Padahal router wifi hidup. Tapi laptop tidak bisa membacanya. Kalau Anda belum paham apa yang saya maksud, saya beri contoh seperti ini. 

Misalnya: di kantor Anda ada wifi, dan ssid wifinya diberi nama DINAS KEUANGAN. Biasanya di laptop Anda akan muncul tuh nama DINAS KEUANGAN. Kan kalau muncul bisa dikonekkan dari laptop. Tapi yang jadi masalah sekarang tidak bisa muncul. Bahkan wifi lain pun juga begitu, tidak bisa terdeteksi di laptop Anda.

Nah, apa penyebabnya sampai laptop tidak mendeteksi wifi? Berikut beberapa diantaranya.

1. Wifi laptop dinonaktifkan

Kalau wifi laptop dinonaktifkan, baik disengaja atau tidak, biasanya icon wifi yang di bawah kanan laptop akan muncul tanda silang merah. Nah, kalau sudah begini ya pasti tidak bisa membaca wifi sobatku. Langkah terbaik mengatasinya adalah dengan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Untuk itu, silahkan baca tulisan saya sebelumnya, cara mengaktifkan wifi yang tersilang. Mudah-mudahan hanya dengan ini berhasil.

2. Driver wifi belum terinstal

Kalau Anda habis instal ulang sistem laptop Anda, bisa jadi driver wifinya belum terinstal, sehingga membuatnya tidak bisa mendeteksi wifi. Biasanya kalau driver wireless laptop belum terinstal, maka tidak muncul simbol wireless seperti ini.

wifi laptop
Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menginstal driver wireless laptop Anda, tentunya dengan driver yang sesuai.

3. Wireless card laptop tidak terbaca di laptop

Kadang meskipun driver wifi sudah diinstal, tapi ternyata tidak membuahkan hasil juga. Soalnya wifi card laptopnya tidak terbaca. Nah, untuk mengatasinya coba cabut dan bersihkan wifi card laptop Anda, kemudian pasang kembali. Biasanya dengan cara seperti itu wifi card kembali normal.

4. Kabel Antena Wifi Card Lepas

Di dalam laptop, ada kabel antena yang terhubung dari wifi card ke antena yang ada di bagian layar laptop. Nah, kalau kabel ini lepas, maka wifi bisa diinstal driver, tapi tetap saja tidak bisa mendeteksi sinyal wifi yang ada. Solusinya, bongkar laptop dan pasang kembali kabel tersebut di wifi cardnya.. Seperti ini gambar kabel beserta socketnya.

wifi card

5. Wifi card laptop Rusak

Kalau wifi card laptop sudah rusak, ya memang sudah tidak bisa digunakan lagi. Makanya meskipun drivernya diinstal, kemudian wifi cardnya dibersihkan dan dipasang kembali tetap saja tidak berhasil. Jalan terbaik, tentu menggantinya dengan yang baru.

6. Sistem Komputer bermasalah

Bukan bermaksud menjelekkan sistem. Cuman kadang kalau sistem lagi bermasalah, apakah terserang virus atau memang rusak ya kadang apa-apa tidak konek. Mendingan instal saja sistem di laptop Anda. Kalau tidak bisa juga, ganti laptopnya dengan yang baru he he..

Sobat, dalam permasalahan wifi laptop, sebelumnya saya pernah membuat tulisan tentang ini. Silahkan baca cara mengatasi laptop tidak bisa mendeteksi wifi.

Demikian tulisan yang sangat sederhana ini, mohon maaf kalau kiranya masih banyak kekurangan sana sini. Saya sangat senang kalau ada yang mau menambahkannya supaya artikel ini bisa menjadi lebih informatif lagi..mari belajar komputer/pc :)


Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon