Cara Mudah Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word 2007

Cara Membuat Footnote atau Catatan Kaki Di Word 2007-Jika Anda sering membaca buku, pasti pernah melihat (di buku tersebut) ada sebuah kata yang diberi nomor, dan di bawah halaman buku tersebut diberi penjelasan tentang kata yang diberi nomor tersebut. Coba diingat-ingat, pernah lihat kan? Bukan cuma di buku saja lo sobat, tapi di Al-quran atau di makalah banyak ditemukan yang seperti itu. Nah, apakah itu?

Footnote namanya. Footnote dalam bahasa Indonesia adalah catatan kaki, yang berfungsi untuk memberikan penjelasan dari sebuah kata. Misalnya saja, ada sebuah kata yang tidak banyak dimengerti orang lain dan butuh penjelasan. Jadi di akhir kata yang tidak dimengerti tersebut diberi nomor, dan di akhir lembaran buku tersebut maka dibuatkanlah yang namanya catatan kaki atau footnote tersebut untuk menjelaskannya.

Nah, bagi yang belum tahu bagaimana cara membuat catatan kaki di word 2007, maka saya akan berbagi kepada Anda saat ini, hanya lewat satu artikel komputer di blog yang sedang Anda baca ini.

Oke, jadi ceritanya saya akan membuat footnote di sebuah kata dari paragraf yang telah saya buat, yaitu ISLAM. Lihat gambarnya berikut ini. Klik untuk memperbesar.
cara membuat footnote di word

Oke, sekarang mari ikuti langkah-demi langkah membuatnya di bawah ini.

Cara membuat footnote/catatan kaki di word 2007

1. Karena saya akan membuat footnote untuk kata ISLAM, maka saya harus letakkan dulu kursor tepat di belakang kata ISLAM. Setelah itu, klik tab REFERENCES, kemudian klik tombol INSERT FOOTNOTE seperti gambar berikut ini.

cara membuat catatan kaki di word

2. Jika langkah kita benar, maka pada akhir kata ISLAM tadi akan terlihat angka 1. Dan di bawah halaman word tersebut juga akan terdapat angka 1 seperti gambar berikut ini.


3. Langkah selanjutnya, saya akan menulis/ketik penjelasan tentang ISLAM pada angka 1 yang ada di bawah halaman word. Contohnya seperti ini..

contoh footnote di word
Contoh footnote
4. Jika kita berhasil membuat footnote di word ini, ketika kita mengarahkan pointer ke kata ISLAM, akan muncul balon yang menjelaskan kata ISLAM seperti yang saya ketik tadi. Lihat gambarnya berikut ini..

Oke sobatku, sekarang jika Anda ingin menambahkan footnote untuk kata yang lainnya, caranya sama saja.Tinggal ulangi saja dari tahap 1 sampai tahap 3. Maka setelah itu, di belakang kata tersebut akan otomatis menjadi nomor 2. Jika membuatnya lagi, maka menjadi nomor 3, dan seterusnya.. :)

Sekarang jika Anda berminat, Anda juga perlu mengetahui macam-macam simbol untuk membuat footnote di word.

Nah, mungkin sampai di sini dulu tulisan saya tentang cara membuat footnote/catatan kaki di word 2007, semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat. Kiranya berkenan, silahkan pencet tombol share di bawah artikel ini kalau ada :D

1 komentar so far

wah detail sekali penjelasannya

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon