Dapat Email Peringatan Pertama Dari Google Adsense :(

Sobat, kemarin siang tiba-tiba saya dikagetkan dengan adanya email peringatan dari google adsense. Saya pikir awalnya ini cuma email tips-tips atau hal-hal lainnya dari adsense seperti biasanya.. Tapi ternyata, lihat deh seperti inilah bunyinya..

email peringatan dari adsense

Isi email itu adalah: Action required to comply with AdSense program policies. 

Awalnya saya tidak mengerti apa isi email tersebut yang sebenarnya masih panjang ke bawah. Tapi setelah saya translate menggunakan bing translator, saya mulai paham, intinya ini adalah peringatan kepada saya, bahwa ada pelanggaran yang saya lakukan di blog saya. 

Wah, nampaknya ini adalah peringatan pertama dari adsense atas pelanggaran yang saya lakukan selama 2 tahun saya bergabung dengan adsense. 

Apa yang melanggar?

Kalau saya terjemahkan, inti dari yang di kotak merah itu adalah: 

➤Penerbit tidak boleh menyamarkan iklan dengan konten (sudah jelas pada syarat dan ketentuan adsense)
➤Penerbit tidak boleh menayangkan iklan besar berukuran 300x250 atau yang lebih besar lagi di atas flip. 

Untuk kasus yang pertama, saya tidak merasa bersalah karena saya tidak pernah menyamarkan iklan dengan konten.

Sedangkan untuk yang kedua, saya tidak tau flip itu apa. Tapi yang jelas, kesalahan saya adalah menempatkan iklan ukuran 300x250 di atas post pada blog ini.. Dan mungkin itu yang dipermasalahkan. Soalnya kalau dilihat pada tampilan mobile, memang nyatanya iklan besar tersebut ada di atas konten. Jelas-jelas memang itu melanggar he he..

Sebagai penguat, makanya pada email di atas disertakan contoh link dari artikel ini berupa link versi mobile. Dengan begitu artinya yang bermasalah adalah pada tampilan mobile blog saya. 

Action!!

Nah, saya pun langsung menghapus iklan yang bermasalah itu. Setelah itu saya hapus juga iklan link yang di header blog ini untuk sekedar berjaga-jaga..

Setelah beberapa lama, saya masuk akun adsense lagi.

Waduh, saya kaget ada pita merah yang memberitahukan bahwa One or more of your sites has been in violation of Adsense policies.

dapat peringatan dari adsense

Dikatakan bahwa "Satu atau lebih dari situs Anda telah melanggar kebijakan Adsense".

Ya Allah,, berarti ini satu paket dengan email pemberitahuan tadi nih..Ya Sudah, ini yang kemudian saya lakukan.

1. Saya langsung klik Aksi

mengatasi peringatan google adsense
2. Kemudian saya klik Tandai sebagai terselesaikan pada tampilan seperti ini..

mengatasi peringatan adsense

3. Setelah itu akan muncul tampilan lagi untuk menanyakan dengan metode apa yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ini. Saya pilih "dengan menghapus iklan" kemudian saya klik OK atau lanjutkan (kalau tidak salah)..

Maaf yang ini tidak ada screenshotnya.. soalnya lupa jepret :D

Nah, setelah saya lakukan aksi tadi, maka status pada pelanggaran ini menjadi..terselesaikan.

Sorenya, saya lakukan penghapusan iklan 300x250 di beberapa blog saya yang menggunakannya. Ini wajib sob :)

Sobatku, meskipun statusnya sudah terselesaikan, tapi sampai malam hari saya melihat masih ada pita merah peringatan itu di akun adsense saya. Nah, pagi ini setelah saya masuk di akun ternyata peringatannya sudah hilang.

Alhamdulillah, saya bersyukur sekali pihak google adsense masih mau memberikan peringatan terlebih dahulu kepada saya kalau ada pelanggaran. Itu supaya saya bisa memperbaiki kesalahan ini, sehingga akun adsense saya tetap aman..

Untuk Anda, yang mendapatkan peringatan dari adsense seperti ini, atau sejenisnya, segeralah lakukan perubahan pada hal-hal yang menjadi pelanggaran di blog Anda.. Sebab saya dengar ada batas waktu sampai 3 hari yang diberikan dari pihak adsense untuk memperbaikinya..

Kalau lewat dari waktu yang diberikan, maka akun adsense Anda akan dibanned alias penayangan iklan adsense di blog Anda dihentikan..

Apakah sobat pernah mendapatkan email peringatan dari google adsense juga? Silahkan ceritakan di sini.. :)


11 komentar

wah, kok gak boleh ya iklan 300x250 diatas postingan.. punya saya aman - aman aja... mudah - mudahan aman sampai kelak nanti :)

Punyaku sudah kena banded. Masih untung itu diberi peringatan. Kalau aku kagak,..ya sudahlah. aku pasang diblog yang satunya.

iya mang, awalnya saya juga gak percaya kalau itu melanggar.. sebelumnya kan saya pernah baca di mana gitu, entah di forum ads id atau di mana katanya iklan besar sudah gak bisa lagi dipasang di atas dan mereka dapat peringatan.. tapi nyatanya malah saya sendiri diperingati he he.. mudah2han mang yono aman2 aja.. :D

oh, dibanned karena apa alasannya om? btw, turut berduka cita.. :'(

Blog saya aman-aman saja gan, no problem :D

matur nuwun, bos,, semoga berkah buat semua,,,,

yang penting gak melanggar ya aman aja gan,,, :)

wah, bahaya itu gan,
dpt peringatan, smg bisa diperbaiki :)

iya gan,, udah saya perbaiki.. :)

Wah terima kasih gan, saya juga dapat peringatan persis seperti itu, dan saya sudah panik karna ga ngerti hrus diapain..hehe. alhamdulillah nemu artikel ini. sangat bermanfaat..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon