Jika Kita Mengganti Prosesor, Apakah Data Di Komputer/laptop Hilang?

Belajar Komputer Dan Internet-Hai sahabat, barusan saya ngecek lagi di yahoo answer untuk cari-cari pertanyaan. Ee. Alhamdulillah saya dapat pertanyaan yang bagus dari seorang sahabat, yang kurang lebih seperti ini: Jika kita mengganti prosesor, apakah akan ada file yang hilang? Untuk menjawabnya, maka saya buatlah artikel ini.


Sebelumnya, kita perlu mengetahui dulu apa fungsi prosesor dalam komputer itu. Jadi prosesor itu adalah alat yang berfungsi untuk memproses data. Tidak perlu saya jelaskan lebih lebar lagi ya. Karena sebagai alat pemroses data, yang namanya prosesor selalu berhubungan dengan data-data komputer atau file.

Nah, pertanyaannya adalah kalau prosesor komputer atau laptop rusak, kemudian diganti dengan prosesor yang lain, apakah akan ada file yang hilang?

Jawabannya, tidak akan ada data atau file yang hilang. Sebab prosesor hanyalah tempat memproses data, bukan tempat menyimpan data. Dan data atau file Anda akan tetap tersimpan di Hard disk, sebagai perangkat keras penyimpan data Anda.

Kecuali Anda mengganti hard disk komputer Anda, ya pasti data di komputer Anda tidak akan ada lagi. Karena kan data sebelumnya terbawa di hard disk lamanya. Jadi kalau ingin mendapatkannya lagi ya harus dicari di hard disk yang lama.

Saya mengatakan tidak ada file yang hilang akibat ganti prosesor, ini bukan hanya dari teori saja. Karena berdasarkan pengalaman selama ini sih tidak pernah ada data yang hilang setelah saya mengganti prosesor komputer atau laptop. Sudah banyak kok prosesor komputer atau laptop yang sudah saya ganti. Malahan saya sampai lupa berapa kali melakukannya.

Jadi sekali lagi, kalau Anda mengganti prosesor komputer, notebook/laptop Anda dengan yang baru, janganlah ragu-ragu. Sebab itu tidak akan mempengaruhi data atau file Anda, apa lagi sampai membuatnya hilang.

Demikian saja tulisan singkat ini, semoga bisa membantu menjawab kebimbangan Anda. Jangan lupa baca artikel yang lainnya lagi ya sobatku.. Kalau ada pertanyaan lain tentang seputar artikel ini, silahkan saja melalui komentar.. Monggo ditanya.. :)

3 komentar

thanks banget gan,,, kebetulan mau ganti prosesor laptop :)

sangat bermanfaat mau upgrade pc..wory data lost..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon