Setelah Laptop Diinstal Ulang AMD Catalyst Hilang

Instal ulang sistem komputer atau laptop merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kerusakan sistem. Dan bahkan menurut saya sendiri itu adalah solusi terakhir yang harus dilakukan kalau tidak ada jalan lain lagi untuk memperbaiki eror yang terjadi di komputer atau laptop yang disebabkan oleh virus.

Memang dengan instal ulang, bisa dipastikan masalah yang disebabkan oleh software komputer atau sistem, pasti bisa teratasi. Namun Anda juga perlu tahu bahwa setelah sistem komputer diinstal, maka semua settingan dari sistem komputer tersebut akan hilang termasuk aplikasi dan driver yang telah terinstal sebelumnya.

Pokoknya semuanya lenyap tanpa bisa dikembalikan lagi. Meskipun Anda mengembalikannya dengan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan data, tapi tetap saja semua usaha Anda pasti akan sia-sia.

Ada satu pertanyaan di yahoo answer indonesia yang memancing saya untuk membuat tulisan ini. Kurang lebih pertanyaannya adalah mengapa komputer habis diinstal ulang AMDnya hilang? Kurang lebih seperti itu ya gan.

Yang jelas, inti pertanyaannya adalah ingin mengetahui apa sebabnya kok AMD yang biasanya muncul saat klik kanan di desktop, sekarang tidak muncul lagi. Dari pertanyaan itulah saya ingin menjawabnya melalui artikel ini.

Jadi AMD yang biasanya muncul saat Anda klik kanan di desktop itu namanya AMD Catalyst. AMD Catalyst itu adalah software aplikasi bawaan driver VGA AMD yang berfungsi sebagai pusat kontrol untuk AMD. Misalnya untuk mengatur kualitas gambar dari game yang dimainkan, mengatur resolusi layar, dan masih banyak lagi. Tampilan AMD catalyst seperti ini.

amd catalyst menghilang setelah instal ulang

Mengapa AMD Catalyst menghilang setelah laptop diinstal kembali? Jawabannya ya pasti iya. Sebab di awal telah dijelaskan bahwa setelah komputer atau laptop diinstal ulang, maka semua aplikasi di dalamnya akan terhapus. Dan itu termasuk aplikasi utility AMD Catalyst tersebut.

Solusinya bagaimana? Silahkan instal ulang driver VGA AMD Anda dengan yang benar-benar sesuai. Tentunya driver yang sudah ada AMD catalystnya ya sobat. Silahkan download saja drivernya di internet. 

Biasanya kalau Driver AMDnya tidak sesuai, maka catalystnya pun tidak mau muncul. Karena berdasarkan pengalaman, saya sering mendapatkan masalah seperti ini. saat Driver AMD diinstal ulang, ee catalystnya ternyata tidak bisa muncul di desktop. Barulah saat driver saya instal dengan yang paling sesuai maka Catalystnya baru mau muncul.

Kalau Anda tidak tahu bagaimana menginstal catalyst, mungkin bisa membaca tulisan saya tentang cara instal AMD catalyst di komputer.

Mungkin hanya sampai di sini saja tulisan saya tentang Cara mengatasi AMD Setelah Laptop Diinstal Ulang AMD Catalist Hilang yang tidak mau muncul lagi, semoga bermanfaat. Selamat mencoba ya sobatku.
Oleh karena itulah saya ingatkan lagi

12 komentar

Mau tanya gan .... saya pakai asus x550ze yang amd a10 ... dual vga ... saya klik kanan muncul catalist nya tapi pas saya klik gag mau muncul ... cuma loading dan selesai loding tetep gag ke buka ... mohon bantuannya gan

coba instal pakai driver vga aslinya gan,, bisa jadi aplikasi catalist yang agan instal bersama driver gak sesuai..

Min mau nanya lapto lenovo g40-45 amd e1-6010 baru beli kok gk ada menu Driver AMD Catalyst nya ya? Cara bukanya gimana? Saya sidah klik kanan di dekstop tpi gk ada tolong pencerahannya

berarti aplikasi AMD catalistnya belum diinstal.. pengalaman sih gitu gan,, :)

Min mau tanya, laptopku lenovo G40-70 AMD radeon setelah diinstal ulang kan AMDnya hilang, kebetulan juga cd drivernya hilang semua. Waktu install lagi enggak muncul mungkin karena engga cocok. Mohon pencerahannya :)

kalau hilang berarti harus diinstal ulang catalystnya mbak..cari yang sesuai n didownload di internet ya.. :)

kalo pengalam saya min setelah instal ulang hilang dan liat di dax diag tidak ada serial radeonnya, jadi bingung mau download jg ga ada tau serial nya, laptop saya DELL Inspiron N4050, ,minta pencerahaannya min.

download disesuaikan tipe laptopnya aja gan,, download di dell langsung..

Gan mau tanya saya udah unistal amd yang lama trus saya download lagi amd crimson yang baru trus di komputer udah terpasang dah tuh tapi gua cek kok kok pengaturan swithtable grapik game dan kawan2 hilang di cman tinggal pengaturan power doang solusinya gimana itu om

Gan.. mau tanya ni, kemarin ane uninstal ati catalyst ya, tp saya nyesel ni pengennya si kembali lagi.. gimana caranya ya?
Apa harus instal ulang apa harus download di internet.. kalo download, yang pas buat windows 7 yang apa ya?

mau tanya gan, waktu di klik kanan desktop ngga ada menu amd catalystnya, berarti belum terinstal ya? lali cara instalnya giman ya gan

gan kok ini kenapa di laptop asus x454y setelah update amd catalysnya kok jadi di klik kanan gak ada amd.nya ya mohon bantuannya

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon