Ternyata Browser Juga Mempengaruhi Kecepatan Internet lo, Coba deh Masuk Sini

Ternyata aplikasi browser mempengaruhi kecepatan internet-Hai sahabat, hari ini memasuki hari ke 16 puasa di bulan romadhon 2015 ini. Seharusnya, sebagai seorang muslim sejati malah harus semangat lagi, karena kita telah berada pada pertengahan perjuangan kita. Untuk itu, yuk perkuat iman agar puasa kita bisa sebulan penuh dan gak ada yang bolong.

Sobatku, ceramah sudah selesai. Sekarang saya hanya ingin berbagi pengalaman saja, Yaitu tentang masalah koneksi internet. Kebetulan beberapa minggu yang lalu, ada komplain dari pelanggan katanya internet di rumahnya lambat. Nah, dari situlah saya melakukan eksperimen. Jadi setelah saya bekerja di profider internet, eksperimen yang saya lakukan cukup banyak untuk mengatasi hal tersebut.

browser mempengaruhi kecepatan internet

Dari beberapa eksperimen, ternyata saya sering mendapati kalau koneksi internet yang lambat juga diakibatkan oleh aplikasi browser yang digunakan oleh pengguna. Jadi apa yang menyebabkan aplikasi browser memperlambat koneksi internet di rumah Anda? Setidaknya ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

1. Banyaknya file history dan sampah dari aplikasi browser

Perlu nda ketahui, bahwa browser yang Anda gunakan itu pasti akan menyimpan history atau bekas penelusuran atau hal lainnya yang Anda lakukan di internet. Dan history tersebut kalau tidak dihapus, semakin hari semakin menumpuk yang dapat mengakibatkan browser menjadi lambat.

2. Terlalu banyak ads on/exstensions

Ads on atau exstensions itu semacam aplikasi yang bisa menempel di browser Anda. Nah, kalau ads on terlalu banyak, dan semuanya aktif, itu dapat memakan kuota dari paket internet Anda lo sobatku. Sebab aplikasi ads on itu ya hidup dengan koneksi internet. Apalagi ads on yang secara otomatis memunculkan iklan-iklan saat kita internetan. Wah, itu lebih parah lagi.

3. Browser yang jadul

Browser yang telah usang, bisa juga mengakibatkan internetan menjadi lambat. Kalau saya logikakan, browser lama itu ibarat mobil yang sudah tua. Kalau sudah tua ya ada-ada saja masalahnya yang bisa memperlambat browser itu sendiri. Dan tentu, browser lama butuh pembaharuan agar support untuk semua keperluan internet kita termasuk menonton video youtube, ngeblog dan lain-lain.

4. Virus

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ulah virus komputer semakin hari semakin menjadi-jadi saja. Bisa jadi virus telah menyerang browser kita, sehingga membuatnya eror-eror dan menjadi lambat.

Setidaknya ada 4 contoh mengapa browser juga dapat memperlambat koneksi atau kecepatan internet Anda. 

Beberapa hari yang lalu saya juga sedang memeriksa koneksi internet di rumah salah seorang pelanggan profider internet tempat saya bekerja. Masalahnya adalah kalau digunakan untuk internetan seperti membuka facebook, yahoo dll loadingnya selalu lama. Namun setelah saya lakukan speed test kecepatan internetnya, ternyata hasilnya normal kok. 

Malahan kalau koneki di rumahnya saya gunakan untuk internetan di laptop saya, hasilnya juga bagus kok. Dan kalau digunakan di laptop pelanggan tersebut kenapa tidak bagus? Ini yang membuat saya berusaha lagi.

Nah, langsung saya lakukan eksperimen menginstal google chrome di laptop milik pelanggan tersebut. Dan ternyata Alhamdulillah, di google chrome semuanya berjalan normal. Membuka facebook lancar, membuka yahoo dll juga tidak loading-loading terus.

Dari sini saya mengambil kesimpulan bahwa browser juga mempengaruhi kecepatan internet di rumah Anda. Intinya jangan selalu beranggapan bahwa internet yang lambat itu akibat koneksi dari profidernya saja ya sobatku, banyak penyebab lainnya juga.

Baiklah, demikian saja tulisan saya tentang browser juga berpengaruh terhadap kecepatan internet, semoga bermanfaat untuk Anda.

2 komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon