Dari Mana Google Mendapatkan Informasi? Ini Jawabnya

Hai sahabat, bagi yang baru saja mengenal internet, pasti pernah bertanya-tanya sebenarnya Dari Mana Google Mendapatkan Informasi? Kok informasi di google lengkap sekali? Apapun yang diketik, langsung muncul informasi-informasi yang berhubungan dengan kata kunci yang diketik tersebut.
sumber informasi google

Saya sendiri dulunya juga bingung dan bertanya-tanya. Malah saya sempat berfikir kalau informasi yang ada di internet itu adalah pemerintah yang menyediakannya. Namun, setelah waktu terus bergulir dan saya pun menjadi banyak tahu tentang dunia maya, anggapan pertama saya tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar.

Jadi, dari mana google mendapatkan informasi? Jadi begini: Google menggunakan gabungan dari program software (perangkat lunak), dan algoritmanya untuk mendapatkan sebuah konten web di Internet. Yang dimaksud konten di sini adalah informasi berupa teks, gambar mau pun video yang diupload dan dipublikasikan oleh orang-orang. Sedangkan orang-orang yang dimaksud bisa saja saya atau pun Anda.

Google membutuhkan proses perayaan untuk mengumpulkan konten-konten web publik di internet, untuk dijadikan hasil dari mesin penelusuran google. Sedangkan untuk proses perayapannya sendiri, mesin pencarian google menggunakan software khusus yang disebut perayap web. Dan mesin tersebut dapat menemukan serta mengambil situs web secara otomatis untuk ditampilkan pada mesin pencariannya.

Proses Perayapan web:

Sederhananya, mesin perayap web utama yang disebut googlebot mengambil konten web untuk mesin pencari. Nah, perayap web tersebut beroperasi dengan cara mengikuti link dari situs ke situs, kemudian mengunduh laman yang ditemukan, kemudian menyimpannya untuk digunakan kemudian. Setelah itu algoritma google memilah-milah atau menyortir dan menganalisa salinan dari laman web yang diunduh tadi untuk melakukan pembaharuan hasil mesin pencari google.

Oleh karena itu, proses perayapan adalah sangat penting bagi google untuk mendapatkan informasi di internet. Makanya, kalau google tidak bisa merayapi sebuah laman web, google akan sulit untuk mendapatkan informasi dari sebuah situs. Jika demikian, maka google bisa saja mempertimbangkan untuk tidak menampilkan situs terkait di halaman utama google search.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sumber informasi di google itu ya berasal dari hasil perayapan terhadap situs-situs yang ada di internet sobatku.. Dan situs-situs tersebut dibuat oleh-orang-orang di mana saja. Anda bisa membuat situs, dan saya pun bisa. Termasuk konten yang Anda baca ini, saya yang membuatnya, kemudian Anda mencarinya di google, dan Anda pun bisa membaca apa yang saya tulis ini.

Bisa dikatakan bahwa informasi yang muncul di google itu milik orang-orang yang dikumpulkan oleh google. Jadi bukan google yang memiliki informasi sebanyak itu ya.. dan bukan google pula yang membuatnya. Ibaratnya google hanya menyuguhkan alamat webnya saja kepada kita. Sedangkan penyedia kontennya ya orang-orang seperti kita juga.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya tulis tentang Dari Mana Google Mendapatkan Informasi, semoga Anda bisa memahami apa yang saya tulis. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca di halaman resmi google support di link berikut ini. https://support.google.com/webmasters/answer/6065802?hl=id

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon