Pembayaran Adsense Ke Rekening Saya Ditangguhkan/On Hold

Blogger mana coba yang tidak dag dig dug saat menerima pembayaran pertama dari adsense. Itulah yang saya rasakan beberapa hari yang lalu, saat ada email masuk (tanggal 21 september 2015) yang mengatakan bahwa pihak adsense telah mengirimi saya pembayaran. Lihat gambarnya seperti berikut ini.

bukti pembayaran adsense

Mungkin itulah yang dikatakan PIP (paymen in progress), alias pembayaran sedang dilakukan oleh adsense. 

Nah, sebelumnya karena KTP saya hilang, maka metode pembayaran yang saya gunakan untuk menerima uang dari adsense tersebut saya rubah dari yang sebelumnya melalui western union, sekarang menjadi trasfer kawat ke rekening bank milik saya.

Ya sudah, saya pikir saya tinggal menunggu beberapa hari lagi agar uang itu bisa masuk ke rekening. Soalnya saya banyak mendapatkan informasi melalui artikel atau forum adsense, yang katanya pihak bank masih memerlukan waktu paling tidak 2 hari kerja untuk memasukkan uang dari adsense itu ke rekening kita.

Eee,, ternyata setelah saya cek email lagi, pada tanggal 22 september atau keesokan harinya lha kok pembayaran adsense ke rekening saya dibatalkan dengan alasan detail rekening bank yang ada pada arsip tim adsense tidak benar.

Waduh, pusing juga nih.. Padahal sudah rencana  mau beli ini itu setelah uangnya cair. Jadi harus ditunda dulu deh he he...

Kemudian saya masuk ke akun adsense untuk memeriksa masalah ini. Ternyata benar, di akun sudah muncul garis merah yang mengatakan bahwa pembayaran/earning dari adsense ke akun saya ditangguhkan, atau bahasa inggrisnya on hold.

Saya disuruh memperbaikinya dulu, agar proses pembayaran bisa berjalan lagi.

Saya tidak mau berfikir terlalu keras untuk mengatasi masalah ini. Jadi yang saya lakukan setelah itu adalah mengganti metode pembayaran utama adsense menjadi western union kembali. 

Saya tidak peduli lagi dengan KTP yang hilang. Yang penting saya jujur, saya bawa surat keterangan hilang dari kantor polisi, kemudian saya bawa kartu keluarga asli untuk lebih meyakinkan. Insya Allah saya yakin pasti pihak WU bisa memakluminya.

Sebelumnya saya mengira kalau penggantian metode pembayaran yang saya lakukan pada tanggal 22 september ini bakal berimbas pada: pencairan adsense menjadi bulan berikutnya lagi. Waduh, bakal lama lagi nih kalau begini.. Soalnya saya sih dapat informasi tersebut dari beberapa blogger yang mengatakan kalau kita merubah metode pembayaran di atas tanggal 15, berarti pembayaran pada metode yang lain tersebut akan berlaku bulan depannya lagi. 

Sementara, pembayaran yang dilakukan ke rekening saya sudah dibatalkan. Berarti uangnya dikembalikan lagi ke akun adsense dong. Itu pikir saya.

Ternyata, Alhamdulillah pada tanggal 23 september 2015 atau keesokan harinya lagi, sudah ada pemberitahuan dari google yang memberitahukan bahwa si-mbah sudah kirimkan pembayaran terbaru kepada saya.

Senang sih mengetahui itu.. Tapi saya masih ragu apakah pembayaran yang dimaksud adalah ke rekening bank yang sebelumnya dibatalkan, atau ke western union yang baru-baru saya jadikan metode pembayaran yang utama.

Saya pun mengecek akun adsense saya. Alahamdulillah, ternyata dikatakan bahwa pembayaran otomatis ke western union telah diberikan. Dan di akun adsense, saya sudah bisa melihat MTCN dari western unionnya. Itu artinya bahwa pembayaran tadi sudah terkirim di western union, dan saya sudah  bisa mengambilnya.

Mudah-mudahan bisa cair betulan ya sobatku.. :) Nanti saya kabari lewat artikel kalau sudah berhasil cair. Insya Allah..

Update: Alhamdulillah, pembayaran pertama adsense cair juga :)

4 komentar

Alhamdulillah, ikut senang bang. Kalau saya baru dapat Akun GA nya. Hehehe.

Alhamdulillah, saya syukuri mas.. dan Alhamdulillah saya juga ikut senang dengernya.. karna dapat akun GA itu berarti tinggal beberapa langkah lagi untuk mendapatkan penghasilan dari ga mas.. selamat ya.. n jangan lupa.. semangat,, :)

hello
kenalkan saya husen
masalah yang dalam artikel ini persis seperti saya
tp saya sudah mengganti bentuk pembayaran saya
dan seharus nya bulan ini yang sudah cair melalui Western Union
tp kenapah pembayaran saya masih di tangguhkan
-----------------------------------------------------------------
tolang bantu cara menarik transfer rekening kawe
-----------------------------------------------------------------
terimakasih

coba cek dulu apa data datanya benar gan husen? soalnya adsense sensitif banget lo..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon