Apa Yang Membuat Sebuah Blog Tidak Disukai Pengunjung?

Apa yang membuat blog tidak disukai pengunjung?=> Untuk melihat hidup tidaknya sebuah blog, yang menjadi tolak ukur utamanya adalah ada tidaknya pengunjung di blog tersebut setiap harinya. Selain untuk menandakan hidup tidaknya blog yang Anda miliki, jumlah pengunjung juga menjadi penentu, besar tidaknya sebuah blog yang Anda kelola.

Nah, tentunya Anda harus berbangga jika banyak yang mengunjungi blog Anda, tanpa menimbulkan rasa kecewa terhadap mereka dengan berbagai hal. Percaya atau tidak, Jika Anda menjamu mereka dengan baik, mereka akan betah berlama-lama di blog Anda dan membuka-buka artikel yang Anda miliki. Bahkan bisa jadi mereka akan senantiasa berkunjung dan kembali di blog Anda setiap harinya, untuk membaca informasi dan tips yang Anda berikan.

Tapi jika sebaliknya Anda menyiapkan hal-hal yang tidak disukai pengunjung di blog Anda, maka dampak buruk akan terjadi pada blog Anda tersebut, yang membuat pengunjung berlari menjauh hingga menjadikan blog Anda sepi seperti kuburan umum.

Oleh karena itu agar mereka tidak pergi, Anda perlu mengetahui hal-hal yang membuat blog tidak disukai pengunjung. Dengan mengetahui ini diharapkan Anda lebih memahami tamu-tamu Anda, hingga membuat jumlah mereka semakin bertambah setiap harinya. Apa semua hal-hal tersebut?

Inilah hal-hal yang tidak disukai pengunjung di sebuah blog
1. Terlalu berat
Anda sangat rugi jika mempunyai blog yang sangat berat dibuka. Meskipun mungkin artikel Anda berada pada posisi pertama pencarian google, namun karena sangat berat dibuka mereka akan meninggalkan artikel Anda dan mencari artikel yang lainnya.

Bahkan ketika mereka bisa masuk di blog Anda, mereka pasti enggan membuka artikel Anda yang lainnya, karena ya itu tadi butuh waktu beberapa menit untuk membukanya. Sebab, umumnya pengunjung tidak menyukai halaman yang lambat dibuka. Apalagi mereka akan kecewa jika ternyata informasi di dalanya tidak sesuai dengan yang mereka harapkan.

2. Selamat datang di blog saya
Ucapan selamat datang sebenarnya bagus untuk menghormati pengunjung yang datang. Tapi ternyata kebanyakan pengunjung merasa itu hanya dapat membuang-buang waktu mereka. Belum lagi ditambah permintaan like, mengisi nama, alamat dan hal-hal lainnya yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Jujur jika saya mencari informasi di internet dan mendapatkan blog yang seperti ini, tidak panjang lebar langsung kabur dari pada makan waktu. Bukan berarti tidak boleh memasang ucapan selamat datang dan permintaan like di blog Anda. Tapi saya hanya ingin mengingatkan, bahwa itu merupakan salah satu hal yang tidak disukai pengunjung.

3. Font teks yang sulit dibaca


Pemilihan font untuk artikel yang sulit dibaca, merupakan salah satu alasan pengunjung segera menutup blog Anda. Mungkin Anda menyuguhkan informasi yang lebih baik kepada pengunjung dari pada blog lainnya. Tapi itu menjadi percumah, jika nyatanya mereka menjadi malas akibat kesulitan membacanya.

Ingat bahwa pemilihan font yang enak dibaca merupakan salah satu sebab pengunjung betah di blog Anda. Dalam hal ini banyak sekali jenis font yang bagus Anda pilih, misalnya arial dan verdana.

O iya, font yang sulit dibaca tidak hanya dari pemilihan jenisnya, melainkan ukuran dan warnanya juga sangat berpengaruh. Ukuran yang terlalu kecil, membuat pembaca selalu mengucek-ucek mata mereka saat memperhatikan teks Anda yang seolah berjalan-jalan seperti semut. Belum lagi warna yang tidak jelas, atau yang terlalu ngejreng semakin menambah gatal mata pengunjung.

4. Terlalu banyak animasi pengganggu


Hal yang tidak disukai pengunjung pada blog selanjutnya adalah terlalu banyak animasi-animasi pengganggu. Contoh animasi tersebut bisa berupa teks yang seperti ular yang selalu mengikuti pointer, daun-daun berjatuhan, iklan pop up, iklan kedip-kedip yang selalu minta diklik, sampai animasi burung yang selalu terbang menutupi teks yang sedang dibaca. Bahkan saya pernah mendapatkan animasi berupa bom-bom yang berjatuhan, dan meledak tepat di dalam artikel.

Selain mengganggu konsentrasi membaca, animasi-animasi seperti itu sebagiannya juga dapat mengganggu pandangan. Percayalah bahwa efek animasi terhadap pengunjung hanya menimbulkan kesan "wah" saat pertama kali mereka berkunjung pada blog yang seperti itu. Tapi pada dasarnya itu berjalan hanya beberapa detik saja. Sebab mereka mengunjungi blog Anda adalah untuk mencari informasi yang tentunya jauh lebih penting dari sekedar menikmati animasi.

5. Lagu


Sebagian orang memasang lagu otomatis saat blog mereka dibuka. Mungkin dengan niat untuk membahagiakan pengunjung, agar mereka betah berlama-lama. Memang terkadang saya pun suka dengan cara ini. Tapi ternyata yang perlu diingat adalah tidak semua orang berselera dengan lagu yang Anda suguhkan itu. Bahkan bisa jadi sebagian visitor Anda adalah orang yang tidak menyukai musik. Jika sudah begini, pasti mereka tidak menyukai blog Anda.

Untuk itu Anda tidak perlu repot-repot memutarkan musik untuk mereka. Toh jika mereka mau, kan mereka bisa memutar di laptop atau komputernya sendiri. Lagi pula jika pengunjung Anda juga sedang memutar musik, tentunya ini akan terdengar bising akibat dua lagu yang diputar sekaligus. Iya kan?

6. Penempatan iklan yang kurang bijak
Saya ataupun Anda pasti menginginkan penghasilan lebih dari iklan yang terpasang di blog yang kita miliki. Tapi ingat, bahwa kita juga harus mempedulikan kenyamanan pengunjung yang telah bersedia datang, dan bahkan memberikan hadiah klik pada iklan kita.

Namun banyak sekali saya melihat bloger yang tidak memperhatikan hal penting ini, dengan melakukan pemasangan iklan yang saya sebut "kurang bijak". Misalnya ketika pengunjung baru masuk, langsung diberikan sambutan hangat, padahal itu adalah iklan. Kemudian karena iklannya berbentuk pop up dan sedikit menyesatkan, akhirnya pengunjung mengklik tombol close di pojok kanan atas iklan tersebut. Satu, dua dan tiga kali di-klik pun pop up tidak menghilang, karena itu bukan tombol aslinya. Akhirnya apa yang terjadi? Pasti pengunjung akan meinggalkan blog Anda.

Masalah iklan mengganggu lainnya, misalnya iklan yang ditempatkan di tengah-tengah postingan dan benar-benar membelah artikel menjadi dua bagian dengan iklan yang besar. Sangat tidak nyaman ketika orang asik-asik membaca, harus terputus akibat di potong oleh iklan. Jadi solusi jika ingin menempatkan iklan di tengah artikel, gunakan ukuran yang kecil dan tempatkanlah di sebelah kiri atau kanan agar tidak menjadi pembatas antara posting atas dan bawah.

7. Konten 100% copas


Pernahkah Anda mencari informasi di mesin pencari, kemudian Anda mendapati beberapa artikel yang sama persis dari A sampai Z dan dari atas sampai bawah? Itulah yang saya maksud konten copy paste alias copas. Tanpa di edit dengan bahasa sendiri, tanpa di sajikan dengan karakter sendiri, asal tinggal CTRL+A, klik kanan pilih copy, dalam hitungan detik artikel orang lain bisa berpindah di blog Anda.

Apa yang terjadi jika seluruh konten di blog Anda isinya 100% copas? Akibatnya pengunjung tidak percaya lagi dengan blog Anda. Dan meskipun suatu saat artikel Anda yang lain muncul di page one mesin pencari, pasti mereka akan melewatinya.

Anda boleh-boleh saja sesekali menyadur dari blog lain, dan kemudian menyajikannya dengan gaya bahasa Anda sendiri. Dan lebih bagus jika Anda bisa memberikan perbedaan antara tulisan Anda dengan tulisan yang menjadi inspirasi Anda. Malahan diharapkan jika Anda bisa membuat yang lebih informatif dan lebih mudah dimengerti lagi misalnya.

Tapi Anda akan rugi jika hanya mengandalkan copy paste, karena itu tidak disukai pengunjung.

8. Admin yang cuek
Jika Anda ingin blog Anda menjadi besar, jangan sekali-kali cuek dengan pengunjung Anda. Mereka yang butuh bantuan dan pencerahan Anda, pasti akan sangat kecewa jika mendapati kenyataan bahwa Anda "tidak pernah menjawab pertanyaan pengunjung".

Mungkin Anda bisa beranggapan bahwa tulisan Anda sudah cukup jelas untuk dipahami. Namun banyak juga orang-orang yang ingin bertanya tentang hal-hal serius yang mungkin akibat kegagalan dari tips yang Anda berikan atau hal lainnya.

Jika Anda sebagai admin tetap seperti itu, berarti Anda telah menyia-nyiakan pengunjung dan membuang peluang akan kedatangan mereka kembali di blog Anda. Saran saya meskipun Anda terkendala oleh waktu atau pun koneksi internet misalnya, setidaknya balaslah komentar mereka meskipun itu sedikit terlambat.


9. Artikel Yang Dijadikan Beberapa Halaman

Sekarang lagi tren template yang bisa membuat artikel panjang menjadi beberapa halaman. Saat membaca satu artikel yang panjang, orang harus klik next dan next, atau klik pada tombol 1, 2, 3 dan seterusnya. Ini dimaksudkan agar page view web/blog menjadi meningkat. Dan tentu, hasil akhirnya adalah bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dari web/blog tersebut.

Namun Anda perlu tahu, bahwa cara seperti itu cukup membuat pengunjung tidak nyaman. Apa lagi kalau artikel yang dibaca terlalu panjang, dan dijadikan banyak sekali halaman-halaman. Bisa saja pengunjung memaki-maki segala. Tidak percaya? Baca: Bukti artikel web Yang dijadikan beberapa halaman menyebalkan.

Saya sendiri sudah tidak mau lagi (malas) membuka berita yang dishare di facebook dengan alamat website yang memiliki banyak halaman. Malas bacanya!! Untuk itu, bagi Anda yang ingin penungjung nyaman, lebih baik gunakan template biasa saja. Selain agar artikel mudah dibaca, pengunjung juga bakal betah dan senang berkunjung di blog Anda.

Sobatku, semua itu kita lakukan untuk memberi kenyamanan pengunjung, yang tentunya akan berbuah manis juga kedepannya untuk kita sendiri. Misal jika visitor menjadi banyak setiap harinya, berarti penghasilan publisher (penayang iklan) juga akan meningkat bukan?

Nah, para pembaca, Anda berada pada penghujung tulisan tentang apa yang membuat sebuah blog tidak disukai pengunjung. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi Anda. Jika ada kekurangan silahkan ditambahkan melalui komentar. Terima kasih...

2 komentar

Terima kasih min infromasinya. Bergunalah buat pemula seperti saya :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon