Ciri-ciri Memory/Ram Komputer Dan Laptop Yang Mulai Rusak Bermasalah

Ciri-ciri memory/ram yang mulai rusak=> Kerusakan Ram (Random Acces Memory) Pada komputer dan laptop merupakan hal yang cukup umum terjadi. Meski sebelumnya komputer Anda baik-baik saja, akan tetapi kerusakan ini bisa saja datang secara tiba-tiba dan tak dapat Anda tolak.


Nah, karena biasanya datang mendadak, banyak pengguna komputer yang tidak tau apa penyebabnya, sehingga banyak juga yang "terburu-buru" memperbaiki berbagai komponen komputer dan laptop yang lainnya, tanpa melakukan cek terlebih dahulu terhadap memory ram mereka.

Akibatnya apa? Servis salah sasaran dan sulit mendapatkan solusi dari masalah itu! Padahal, jika Anda tau ciri-ciri kerusakan memory yang bermasalah, seharusnya Anda bisa memulai dan lebih memperhatikan untuk mengganti memory yang bermasalah itu terlebih dahulu.

Nah, untuk itulah Anda memerlukan sebuah pengetahuan tentang ciri-ciri kerusakan pada memory, agar Anda bisa menangani laptop dan komputer Anda dengan baik. Silahkan baca lebih lanjut.

Gejala kerusakan memory ram komputer dan laptop

1. Komputer menjadi lambat

Gejala pertama RAM yang mulai rusak adalah menurunnya performa dari laptop/komputer, sehingga menjadi lambat. Meskipun tidak selamanya gejala seperti itu akibat kerusakan pada memory, akan tetapi ini adalah masalah yang umum jika memory komputer mulai bermasalah.

2. System operasi menjadi tersendat-sendat

Selain lambat, system operasi menjadi tersendat-sendat. Saat komputer dioperasikan untuk menggunakan aplikasi misalnya, maka aplikasi tersebut biasanya berhenti, dan windows menjadi hank tidak bisa diotak-atik lagi.

3. Sering blue screen dan restart sendiri

Setelah lambat, setelah tersendat-sendat, biasanya komputer semakin sering blue screen (layar biru) dan terestar-restart sendiri. Saat proses install system dan program aplikasi pun, komputer dan laptop tiba-tiba blue screen seperti itu.

4. Eror saat install system operasi dan program aplikasi

Selanjutnya ketika menginstall system operasi dan aplikasi, sering terjadi eror saat proses penginstalan sedang berjalan. Biasanya selalu gagal dan gagal, kemudian harus mengulang proses itu dari awal lagi. Untuk install system windows, biasanya eror terjadi saat 'copy file system" ke dalam hard disk.

5. Tampilan layar berpelangi

Nah, ada juga kasus bahwa ketika memory bermasalah, maka tampilan layar pada laptop menjadi berpelangi dan bergaris-garis. Seolah layar tersebutlah yang mengalami kerusakan, padahal bukan. Untuk masalah seperti ini, saya sering mendapatkannya.

6. Tidak ada tampilan sama sekali di layar LCD/LED/monitor

Jika kerusakan memory RAM semakin parah, biasanya akan muncul gejala tidak ada tampilan sama sekali di layar laptop ataupun komputer. Yang jelas tampilan di layar gelap, tapi kipas processor tampak berjalan normal.

7. Bunyi beep panjang di komputer

Khusus untuk komputer desktop, jika memory telah rusak biasanya akan menimbulkan suara beep panjang saat komputer dihidupkan. Selain beep panjang saya juga pernah mendapatkan beep yang berulang-ulang.

8. Mati total

Meskipun sangat jarang terjadi, namun saya juga pernah mendapatkan laptop yang mati total akibat memory yang corsleting. Jadi ketika memory dicabut dari socketnya, dan digantikan dengan memory lainnya maka laptop bisa dihidupkan dengan baik.

Kemudian jika RAM tersebut di pasang di laptop yang lain, maka laptop tersebut akan mati total alias tidak bisa dihidupkan sama sekali. Tapi mati total ini hanya berlaku saat memory tersebut terpasang pada laptop saja. Jika sudah dicabut masalah akan hilang.

9. RAM menjadi panas

Jika ram telah rusak, ada juga kasus bahwa ia menjadi sangat panas jika disentuh dengan tangan, saat laptop baru saja digunakan. Tidak tunggu lama, ketika laptop/komputer dihidupkan, hanya beberapa menit saja panasnya cepat sekali menyebar ke seluruh bagian memory tersebut.

Berhati-hatilah dengan masalah seperti ini. Sebab mainboard Anda bisa saja rusak akibat terkontaminasi panas dari memory itu.

Nah, para pembaca, jika komputer dan laptop Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, maka lakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap memory Anda. Jangan dulu memperbaiki bagian lainnya, misalnya sampai membongkar laptop secara keseluruhan sebelum memastikan bahwa RAM baik-baik saja.

Untuk mengatasi ini, saya juga punya tips "cara mengatasi memory ram yang rusak". Silahkan dibaca tips tersebut, siapa tau dapat membantu Anda.

Demikian tulisan tentang ciri-ciri memory ram komputer dan laptop yang rusak, semoga bermanfaat bagi Anda. Terima kasih..

86 komentar

cara mengatasi masalah no 7 gimana tuh bang gan? boleh minta tolong solusi nya gan

@donny kurniawan : untuk mengatasi beep panjang saat kerusakan memory,, bisa dengan cara dibersihkan dulu gan memorynya menggunakan penghapus.. dan jika gak bisa, berarti ganti yang baru.. itu jika sudah diketahui bahwa memang benar memorynya yang rusak.. atau mas donny bisa baca tulisan ini.. http://abang-palu.blogspot.com/2014/09/cara-mengatasimemperbaiki-memory-ram.html

Gan, bisa terima servis laptop gak? Minta nomor telfon atau pin bb donk...trim's
Brando (081318809358) pin 28DAAEC0 (noL)

@Anonymous maaf gan,,, sudah 8 bulan ini berhenti sementara jadi teknisi.. jadi belum bisa servis soalnya dah keluar dari t4 kerja.. Ins Allah kedepan cari kerja lagi,, thanks dah kasih nomor Ins Allah saya hubungi.. kalau pin,, saya belum pernah punya BB atau smart phone.. jadi lum bisa kasih pin he he he

Gan klo pas buka gme berat atau buka video berat 12 gb tiba jadi eror ngeblank item semua di monitor.tapi kom nya tetap nyala.itu tam atau apanya gan?spek ane amd fx 6100 ram 4gb psu 550watt vga gt630 2gb 128bit.mohon pencerahannya gan

@arie toel, untuk masalah komputer itu bisa saja gejalanya sama, tapi penyebabnya beda-beda mas.. dan untuk menjawabnya saya rasa tidak ada jawaban pasti dari saya kecuali setelah saya cek terlebih dahulu. tapi, pertanyaan dari mas arie telah saya buatkan tulisan panjang lebar siapa tau bermanfaat.. silahkan baca berdasarkan pengalaman saya di sini http://abang-palu.blogspot.com/2015/01/mengapa-komputer-jadi-erorngeblank.html

utk gejala yg no 6 apakah selalu RAM nya yg bermasalah bos???
aku ngalamin gitu n dah diservis....tukang servisnya emang bilang ram dah mulai rusak tapi masih bisa diperbaiki. Cuma setelah itu saat PC dipakai agak lama tetep muncul blue screen n skrg gk bisa booting sama skali
sory bnyk nanya boz soalnya masih ragu mo claim garansi RAMnya

@Anonymous: tidak gan,, tidak semua gejala seperti itu memorinya.l bisa jadi chipset atau vga chipnya yang kalah, atau prosesornya juga bisa. Untuk gampangnya, coba ganti aja pakai memory ram lainnya yang setipe ya gan,, kalau masalah bisa teratasi,,, berarti memori lamanya emang bermasalah... gak papa banyak tanya.. wajar itu gan santai aja.. silahkan ditanya lagi jika ada pertanyaan :)

utk yg VGA misal dah rusak apakah kipas vganya tetep bisa nyala y bos?? soalnya gejala yg kemaren dr PC gk ada bunyi beep panjang yg biasa muncul kl ramnya bermasalah.......bgitu ditekan tombol power emang nyala tapi gk ada bunyi "tiit" yg biasanya langsung booting

VGA rusak pada umumnya kipas nyala normal gan.. cuman ngeblankl gak ada tampilan aja.. trus masalah memori nih ya.. gak semua komputer yang memorinya rusak selalu bunyi beep lo gan.. berdasarkan pengalaman banyak juga komputer yang memorinya rusak tapi gak ada bunyi apa2. jadi bunyi itu gak bisa jadi patokan utama untuk mendeteksi kerusakan. Malahan terkadang misal komputer A memori rusak. komputer B memorinya juga rusak. pernah saya dapat dengan nada beep yang berbeda. yang satu panjang terus menerus, yang satu beep berulang2 terus menerus.. ini kan menandakan bahwa bunyi2an gak bisa dijadikan acuan pasti gan.. O iya,, komputernya masih ada tampilannya gak? maksudnya biar tulisan2 apa kek..

tampilan monitor blank cuma item doank kek monitor mati bos.......
ni PC skrg malah dimatiin pake tombol power gk bisa jd kepaksa dimatiin dr saklar power suply :(

waduh, parah juga ya kasusnya gan.. saya gak bisa memfonis apa2 nih kepastiannya.. soalnya maslah komputer itu bisa saja sama tapi penyebabanya pun berbeda2... makanya enaknya dibawa ke tukang servis aja gan,, biar ok

dah fix bukan ramnya bos
kmaren aq dah tukerin ramnya ama yg baru tetep gk muncul apa2 n gk bisa booting jg
kapan2 aq cek ke servis komputer lg
thx bwt smw info n jawabnnya y boz ;)

Wah, Alhamdulillah kalau dah fix... senang bisa membantu.. itung2 cuman ngejawab aja kok kan gak berat he he.. kalau ada pertanyaan seputar komputer lagi silahkan aja ditanya di sini juragan.. jangan sungkan-sungkan. kalau saya mampu jawab Insya Allah sya jawab meskipun agak terlambat.. salam :)

kerenzz gan .. izin sedot yah ilmu ny ..

mas saya punya leptop ,kalo gambar nya lambat bergerak dan gerakan mos jadi ada bayangan kira2 apa nya . apa vga nya atau memoriy

Apakah misalnya buka jendela baru, trus itu jendela digeser jadi kelihatan goyang-goyang (bergelombang) gitu? kalau iya, bisa jadi driver vga belum terinstal atau sudah terinstal tapi dirusak virus. Tapi, kalau masalah mouse ada bayangan itu ada beberapa kemungkinan. Bisa jadi pada pengaturan efek animasi pointer dari mouse tersebut. Bsia jadi driver vga seperti tadi. Bisa jadi juga memorynya sudah masalah. sebenarnya banyak masalah komputer itu yang sama persis, tapi setelah dicek penyebabnya berbeda. Saya gak bisa kasih kepastian kalau masalah tersebut sebelum saya cek sendiri. Maaf kalau jawabannya kurang membantu ya mas :)

Kemarin laptop saya harddisk nya rusak, trus berpengaruh gak sm ramnya ?
trus klo berpengaruh cara perbaikinnya gmana ? thanks

kalau hard disk rusak itu gak pengaruh ke ram kok mbak.. kalau mengatasi ram bermasalah, silahkan baca ini http://abang-palu.blogspot.com/2014/09/cara-mengatasimemperbaiki-memory-ram.html

Bunyi beep berulang ketika laptop di hidupkan! Kita bisa beli ram baru gak? Dan kira2 brpa harga nya.. makasih

Bunyi beep? Bisa jadi ramnya yang rusak, bisa jadi juga bukan mas.. tapi sebaiknya dipinjamkan dengan ram lain dulu yang sejenis. Kalau bunyinya hilang dan laptop tampil normal, berarti memang benar ramnya yang bermasalah.. Kalau masalah ram sih saya gak tau harganya mas.. coba cek di toko komputer terdekat. Soalnya harganya beda-beda setiap daerah.

mas penyebab laptop sebentar mati lalu pada caps looknya kedap kedip itu kenapa ya?

Kalau boleh tau apakah laptop compaq? terus kedap kedip lampu capslocknya berapa kali tuh mas? coba dihitung..

merek acer 4637G,kalau kedap kedipnya sih gak menentu lalu setaip saya hidupi sebentar mati, terutama lagi masuk windowsnya mas saya curiga ramnya yang bermasalah tapi saat saya bersihkan sama aja tetap gak bisa, tolong pencerahannya ya mas!!!

oh iya mas pada saat saya buka program atau usb modem mau tiba tiba mati

udah diganti pakai ram lain belum? Kecuali sudah diganti pakai ram lain yang bagus masalah masih sama, berarti bukan ramnya. Tapi kalau 4637G itu pakai VGA nvidia klw gak salah ya? biasa sih vga juga sering kena mas.. btw udah dibongkar total belum?

udah diinstal ulang? coba diinstal dulu windowsnya. Terus cek kipasnya mas.. muter gak? di lubang pembuangan angin ada kerasa ada angin keluar gak? siapa tau tersumbat debu. Itu bisa bikin mati2 juga lo.. coba baca ini.. http://abang-palu.blogspot.com/2014/10/kipas-yang-rusak-juga-bisa-membuat.html

Gan kalau mslnya komputer bluescreen trs itu bsa jdi krn ramnya gk?komputer ane tiap msk desktop ga lama lgsg blue screen trs. Kadang msh loading desktop aj sdh bluescreen. Udh dipke system repair dr windowsnya tetep aja ga ilang2. Apa ini masalah ramnya ya? Makasih gan

Ya gan, komputer yang bluescreen bisa jadi akibat kerusakan ram. tapi itu bukan patokan pasti ya gan,, soalnya bluescreen banyak penyebabnya.. bisa jadi hard disknya masalah, mainboard, atau settingan bios yang gak sesuai dengan sistem operasi.. kalau kasus seperti mas wildan, itu sih banyak penyebabnya mas.. bisa jadi juga sistemnya sudah masalah, ramnya, atau hard disknya.. cara mengatasinya ya cek satu2.. ganti dulu ramnya dengan yang lain, setelah itu kalau masih tetap ya setting biosnya sesuai dengan sistem operasinya, kemudian tes lagi, kalau masih sama hard disknya coba diinstal ulang, dan seteerusnya mas sampai ketemu masalahnya.. :)

Kalo misalnya laptop di hidupkan.... trus mati sendiri tiba2.... apa itu juga ada kaitannya sama ram? Oh iya... sebelum itu juga ada bunyi beep panjang berkali2....

kalau langsung mati total, hampir tidak ada kaitannya.. tapi kalau mati layarnya bisa jadi mas.. tapi meskipun begitu kadang masalah laptop itu aneh2.. bisa juga akibat ram laptop mati2.. sendiri.. coba cek aja ramnya, ganti dengan yang setipe. kalau gak ada masalah, berarti ya ramnya yang perlu diganti...

Gan,saya ngalamin kerusakan,saat buka komputer gak muncul apa2 d layar,dan kadang2 masuk ke bios coman gk bsa booting ke windows dan safemode.padahal td pagi msh bsa main,saya matiin sekitar 15menit,dan waktu d nyalain rusak gan

cek harddisknya gan,, kalau masalah atau rusak ya memang gak bisa masuk windows.. Tapi kadang ada juga pengaruh pada settingan biosnya.. kalau untuk windows 7, xp atau windows 8,, settingannya beda2 tuh biar laptop mau masuk windows..

Slamat malam . maaf mau tanya ane punya laptop dell sudah saya install slesaii.. Lancar gan ndak lelet stelah saya install driver2 nya ko mlah lelet ya lapyonya kadang bkin jengkel sendri . cuman kmarin saya sempet denger hardisk berbunyi kretek2 udh dua kali . mohon pencerahanya....

selamat sore :),, ada dua kemungkinan. Pertama, driver tidak cocok.. karena pernah pengalaman pas instal driver yang tidak cocok laptop malah lalot.. kedua, hard disk bermasalah (kalau ada bunyi kretek2 gitu),, gampang caranya, coba instal ulang aja.. terus cari driver yang sesuai.. kalau masih lambat, ada kemungkinan hard disknya..

Sore gan , saya mw tanya pc saya bunyi beep panjang pada saat membuka program berat / game yg lumayan berat,bunyi beepnya apakah itu kerusakan pada ram nya ? , tapi pada saat bunyi beep tidak ada masalah apa" cuman bunyi nya aja yang menjengkelkan. Terima kasih :)

kalau tidak ngeblank, berarti bukan memorinya gan... tapi coba deh cek memorinya pakai aplikasi.. bagus gak?

gan laptop ane klo install game dvd suka gagal install.. klo berhasil klo udh di install ulang 2-3x .. itu ram nya yang rusak atau hardware yang lainnya ya gan ?? jawab secepatnya ya gan.. soalnya laptop ane mau ane servis

Saya mau tanya. Leptop saya kalo lama gak kepakai. Misal seninggu/2minggu, hidupkannya susah.harus dilepas batrai dan charger kemudian dinyalakan lagi. Tapi kok ini saya nyoba seperti itu tetep gak bisa nyala,padahal ramnya juga sudah tak hapus pake penghapus
Mohon jawabannya terima kasih

harus dicek satu-satu gan,, bisa jadi hard disknya, bisa jadi memorinya, bisa jadi DVD drivenya, bisa jadi DVD installer yang agan gunakan.. dari pengalaman sih beberapa alat tersebut berpengaruh..

masalah ram dihapus itu kalau kerusakannya cuma kotor mbak.. tapi kalau kerusakan fisik kayak komponennya yang rusak gitu, ya memang harus ganti memori.. coba ganti memori lain dulu..

mau nanya ni mas..kan gini..ada laptop ni kalau di pasang ram nya bentar hidup kipas nya,,bentar mati lagi kipas nya tanpa ada tampilan di layar gitu'' aja dia mas,coba ganti pakai ram yang lain hidup kipas nya terus tanpa ada mati,hidup'' tapi tetap gak ada tampilan nya mas,,apa kerusakn nya di chipset,,atau di chipset vga nya mas???udh di coba pakai monitor gak tampil jga..

Laptop hidup sampai tulisan acer aja, apa ya masalahnya,,,dibawah kiri ada tulisan tekan f2 setup, mohon solusinya,.

kadang kalau ramnya gak sesuai tipa PCnya ngeblank juga gan, meskipun sama DDR berapa. biasanya kan ram ada PC6200 kah, atau berapa.. cari yang sama.. atau kalau beda jangan jauh2.. terus kalau ke monitor juga gak tampil, setelah diganti dengan memori yang bagus n setipe baik dari DDR atau PC, ada kemungkinan chipset atau vganya..

kirim aja screen shotnya di email saya pak,, gimana tulisannya

Cara mengatasi no 5 gmn gan

Gan Laptop Ane Monitor ya udh Rusak Tpi masih nyala cuman Monitor ya aja yg Rusak .... Ane coba pke VGA kabel di colokin ke Monitor PC eh ternyata masih BAGUS . gmbar ya juga lebih Bagus cerah detail hehe

Pertanyaan ya, VGA laptop ane Berarti masih bagus ato udh rusak ?

kalau layar berpelangi karena memorinya, bersihkan aja memorinya gan.. tp klw gk bisa coba ganti memori dulu..

brasrti vga msi bagus gan.. krna klw rusak pasti gak tampil..:)

mas saya punya kasus no 3 untuk PC khususnya selalu restart sendiri pada saat main game apakah itu offline bahkan online! MUNGKIN memorynya kena virus...maaf saya hanya tau segini ...apa ada yang lainnya?

kalau bervirus sih gak ya,, soalnya memori bukan hard disk mas,, cuma kalau full mungkin iya,, coba aja ditambah memorinya, atau diinstal ulang dulu pcnya.. siapa tau aja yang masalah sistemnya..

mau tanya gan kenapa dilaptop saya suka muncul tulisan low enough memory padaha aplikasi yg saya jalankan sangat minim bahkan tidak mencapai setengah kapasitas ram mohon sousinya

mungkin masksudnya virtual memori? Kalau virtual memory sih biasanya partisi hard disk ada yang full.. coba cek C atau D..

Misi gan . Saya mau nanya nih.
Leptop saya tiba2 ada tulisan starup gtu trus. Trus katanya harus di instal ulang. Saya coba instal ulang tpi belum 100% gagal. Trus coba format hardisnya trus instal lagi ttp aja gagal mas. Mohon bantuanya. Kira2 kenapa leptop saya. Ada yg nyaranin buat beli hardis yg baru . Pdahal hardisnya kebaca kok.

kemungkinan hard disknya.. tapi lebih baik dicek dulu pakai hdd sentinel, berapa persen hasilnya.. kalau banyak bad sector dan kualitas hard disk sudah dibawah 50%, itu kemungkinan penyebabnya.. jadi ganti hard disnya aja gan :)

Gila broh, laptop ane matot gegara cabut ram =___=

iya gan, kalau cabutnya gak dilepas dulu baterainya ya bisa saja korsleting :)

Maaf mau tanya gan komputer ane klo dihiidupin monitor ga nyala tpi cpu kipas nyala semua pas dihidupin cpu ada bunyi niiiit..apakah itu dari ram nya gan mohon pencerahannya..mksih

ada kemungkinan ramnya.. cuma tetap harus dicek satu per satu terlebih dahulu..

Gan cara ngatasi no 8 gimana ya harus beli ram internal laptop

ya harus pakai RAM lain gan,, beli atau pinjem yang penting rAM lainn :)

Kk saya mau tanya
Laptop saya acer AO531h
Kalau di hidupkan semua normal kk cuma layarnya gelap
Harus pake senter baru kliatan gambarnya
Sudah ganti layar baru tetap gelap jg lyarnya
Ntu yg rusak apanya ya kk

biasanya kalau sudah diganti lcd sih kalau bukan kabel fleksibelnya yang rusak yamainboardnya mbak... coba tes ganti kabel fleksibelnya dulu..

gan ni masalah no 3 blue screen restart sendiri padahal udah gw test pakek memory diagnstic udah tak re install windows tapi tetep blue screen gimana solusinya ya ???

pas dites bagus gak memorinya gan? kalau bagus,, bisa jadi juga komponen yang lain,, seperti hard disk n mobo.. coba cek hddnya gan, pakai hard disk sentinel

bagus gan gak ada masalah
sekarang malahan udah gak keluar menu troubleshoot gitu
skarang restart blue screen restart blue screen terus gimana ya solusinya

cek dulu hard disknya.. kalauy bagus,, ada kemungkinan sistemnya.. instal ulang aja...

gan kalo laptop suka bunyi seperti nyolokin usb tapi padahal gak nyolok, na bunyi terus menerus jeda 1 menitan, dan tiba-tiba dia bluescreen. kira-kira itu masalahnya apa gan ?

wah, kalau yang begitu saya belum pernah gan.. :D

Gan mau tnya kalo abis nmbh ram tiba2 laptop ane gg bisa dinyalain layarnya warna item dan kipasnya gg mau nyala sama sekali...mohon solusinya gan, terima kasih

coba ram yang baru dipasang dicopot kembali.. ram lama dipasang kembali.. bisa tidak? kalau bisa berarti ram barunya yang bermasalah gan.. :)

gan, saya mau nanya
kalau pada leptop acer, pada saat kita nyalain leptop tapi lampu indikatornya berkedip-kedip, itu masalah dimana yah gan, apa ada pengaruh nya ke hark disk atau ram ?
trus npa pada saat kita asik2 bermain tiba-tiba leptopnya lemot, kursor gak bsa si gerakin, saya coba tekan ctrl+shift+del tetap gak ada respon, jln keluarnya harus tekan tombol power, itu knpa yah gan, tolong jawabannya gan, soalnya saya udah pusing 7 keliling nyari solusinya gk dpt2 , THANK'S

pertama, yang kedip2 lampu indikator apanya gan? indikator power atau hard disk? kalau hard disk emang dia kedip2 gitu.. tapi kalau power ada banyak sekali kemungkinan. bisa jadi ada masalah di mainboardnya.. terus kalau soal lemot tiba2 itu juga banyak gan, bisa jadi hard disk,, bisa jadi juga memorinya.. periksa aja pakai software gan..

Gan kalo VGA laptop rusak gambar pecah pecah pas abis loading wondows bluescreen. Masalahnya VGA atau ada hal lain? Apakah VGA bisa buat bluescreen jg? Apa ada hal lain seperti Ram ,Harddisk yg bikin bluescreen. Takutnya udah service VGA tetep bluescreen kan gak lucu hehe. Laptop saya toshiba M840 VGA Amd HD 7670m 2gb. Thanks mas hehe

Gambar laptop rusak, ada kemungkinan vga,, tapi itu bukan hal pasti ya gan.. bisa jadi juga ram yang masalah. VGA bisa juga bikin bluescreen. tapi untuk bluescreen banyak sekali penyebabnya. bisa hard disk, bisa memori, bisa mainboard, bisa juga driver yang gak cocok.. bisa juga pengaturan bios yang salah.. cek satu2 gan.. :)

thank's gan, trus saya mau nanya lgi nih, kenapa yah waktu saya ktiduran dan lupa matiin leptopnya, memang leptopnya dalam posisi hidup, trus wktu saya bangun pagi, saya coba main lagi dan kipas pendinginnya saya cek gak bekerja gan, itu knpa yah ?
thank's gan

meskipun dipakai setelah itu masih tidak bekerja apa gak gan? soalnya kipas pendingin laptop itu gak selamanya berputar. Kadang kalau laptop gak bekerja ya kipasnya mati otomatis.. tergantung suhu di laptop gitu.. kalau mulai panas muter lagi..

iya gan, meski pun udah di pakai, tetap aja gak bekerja, kadang2 juga waktu baru leptopnya di nyalain kipasnya gak bekerja, yah terpaksa di matiin dulu, lalu dinyalain ulang baru kipanya bekerja gan, kira2 masalah dimana yah gan ?
thank's

Barusan buka laptop.. trus cabut hardisk sih biasanya gpapa mas..nah pas tadi itu saya csbut memory ram nya.. tak pasang lagi kok laptop nyala, tombol power nyala, kipas nyala tp layar hitam pekat kaya gak nyala mas. Trus kalo hardisk kaya e kedengeran muter tp kok kaya kagak.

apa gara2 saya cabut ram nya ya mas ??.

sebelumnya sih sering nge hank sendiri.. trus pernah restart sendiri klo gk salah 5 kali an...

mohob solusinya apakah dibelikan ram baru bisa swmbuh ? Kalo iya berapa ya kira2 harga ram.

lptop saya asus A46Cb

mohon follow nya juga ke palingtren@gmail.com

Mau tanya gan laptop saya tiba" lemot setelah dinyalakan cuma bertahan sekitar 2 menit untuk bisa di gunakan setelahnya gak bisa di apa"in tetapi monitor nyala dan layar tidak mati itu kira" kenapa yaa?

paling gampang setting biosnya ke default dulu.. setelah itu cek gan.. kalau tetap kayak gitu instal ulang sitemnya, setelah itu cek.. kalau tetap gak bisa, ganti kipasnya dulu..

coba cek ganti ramnya mbak.. macam2 sih masalah kayak gitu penyebabnya..

Siang gan, pernah kejadian waktu saya main game online charger laptop kesangkut ama temen sampe lepas setelah itu laptop mulai eror. Pernah bluescreen sekali SYSTEM_EXCEPTION.... lupa apa gitu, trus kalo buat game lagi fps jadi drop sekitar 10-15. Kalo buat nonton film ada bagian yang ga halus kaya patah2. Saya coba instal ulang sama update driver tapi hasilnya sama aja. Kira2 masalahnya pada software atau hardwarenya, dan mohon solusinya. Terima kasih

Mas kenapa laptop saya layarnya mati tapi mesinnya hidup ...apakah ramnya mas..bisa service nggak mas (klo bisa 081332539263)

bisa bantu gak,pc saya setelah di reset layarnya jadi blank tapi CPU normal CD nya bisa beroperasi,hanya layarnya saja yang blank,kabel VGA sudah saya ganti tapi layarnya tetap blank,mohon arahan nya teman

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon