Pengalaman Pertama Saya Mengikuti Lomba Menulis Blog

Hai sahabat, pada kesempatan kali saya akan berbagi cerita tentang pengalaman pertama saya mengikuti lomba blog. Pada pengalaman pertama ini, ada banyak sekali pelajaran berharga bagi saya yang mungkin penting juga untuk Anda ketahui.

Awal mula mengenal lomba blog jujur saja saya sudah lupa, apakah berawal dari melihat banner di blog lain, ataukah membaca tulisan blogger lain. Yang jelas, saya baru tahu kalau di internet, ternyata juga sering diadakan lomba-lomba termasuk lomba menulis blog tersebut.

Yang membuat saya ingin sekali mengikuti lomba ini adalah hadiahnya. Maklum, selain mata duitan, memang saya lagi butuh duit sih he he.. wajar kan kalau mencari sampingan lain untuk mendapatkan tambahan rejeki?

Nah, setelah saya merasa cukup yakin bahwa lomba blog bukanlah penipuan, akhirnya saya pun memutuskan untuk mencobanya. Jelas hal pertama yang saya lakukan adalah mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang lomba menulis blog di google, agar saya bisa mendapatkan mana lomba lomba yang menurut saya bisa saya ikuti.

Akhirnya keputusan pun jatuh pada lomba menulis yang diadakan oleh kopi instan good day tahun 2013 silam. Lomba pertama ini akan menjadi kontes yang membuat saya sangat bersemangat. Bukan karena apanya, tapi hadiahnya yang wow he he..

Dengan bermodal blog gratis yang saya buat beberapa bulan sebelumnya, sayapun berani unjuk gigi. Padahal jika diingat-ingat, blog tersebut sangat amburadul. Mulai dari tampilannya, apalagi isinya yang hanya beberapa artikel tidak berkualitas. Namun semangat saya, dapat melupakan berbagai kekurangan tersebut.

Untuk mengikuti lomba pertama ini, saya sampai harus membeli satu pack kopi good day di swalayan terdekat. Itu untuk saya coba saja bagai mana rasanya agar bisa saya ceritakan di dalam artikel nantinya.

Dengan menggunakan komputer di tempat kerja, saya pun mulai mengetik sedikit demi sedikit. Referensinya sebagian saya cari di internet, dan sebagian lagi hasil pemikiran sendiri. Tapi untuk gambarnya murni dari internet semua.

Awalnya sedikit bingung sih bagaimana berpartisipasi dalam lomba blog ini. Maklum, kan saya baru pertama kali ikut lomba yang beginian. Kalau lomba balap karung, makan krupuk dan gigit koin sih sering he he he..

Akhirnya setelah berulang kali membaca persyaratan lomba dari panitia, barulah saya mulai mengerti. Sekarang rasa minder berubah jadi percaya diri yang amat besar.

Namun, mengerti persyaratannya pun belumlah cukup. Sebab saya masih bingung membuat tulisannya seperti apa, bagaimana, dan segudang pertanyaan lainnya. Selama ini saya hanya pernah menulis sekitar 5-7 artikel saja, dan itupun kacau semua. Jadi wajar kalau saya bingung.

Kemudian saya membaca-baca karya peserta yang telah terkumpul, yang jumlahnya tak lebih dari 20 artikel. Nah, dapat pencerahan dari tulisan-tulisan tersebut. Saya pun mencontoh tulisan-tulisan mereka, mulai dari pembukanya, isinya, gaya tulisannya, gambar-gambarnya sampai bagaimana caranya membuat penutup. Jadi tulisan saya, saya buat seperti mempromosikan kopi good day gitu, biar juri terkesima dan merasa senang. Itu anggapan saya.

Siang dan malam saya mengetik tulisan tersebut, dan itu saya lakukan selama beberapa hari. Setelah selesai, untuk mempublikasikannya saya pergi ke warnet terdekat. Akhirnya dengan dua kali ke warnet, tulisan pun selesai semuanya mulai dari pengeditan, penambahan gambar-gambar, sampai mengirim ke panitia. Semua persyaratan juga telah saya penuhi.

Yeaaa.. dengan begitu, saya tinggal santai dan menunggu pengumuman. Tapi karena karya saya kirim jauh-jauh hari sebelum deadline, jadi masih sempat bernafas dulu untuk menghadapi pengumumannya.

Waktu luang yang masih tersisa sebelum pengumuman, saya gunakan untuk melihat-lihat karya peserta lainnya. Sambil melihat tulisan lain, sesekali saya pun membandingkannya dengan tulisan saya. Wah, rasanya makin semangat melihat karya sendiri yang cukup lumayan.

Saya semakin yakin pasti mendapat juara. Masalahnya saya melihat pesertanya tidak terlalu banyak, dan menurut saya karya mereka pun tidak sebagus tulisan saya. Ya sahabat, saya sudah sangat berharap bahwa saya bisa menjadi juara satu, dua atau tiga di lomba ini.

Akhirnya, waktu deadline pengumpulan karya pun semakin dekat. Astaga, ternyata justru semakin dekat, semakin banyak yang mengirim tulisan. Dan tulisan mereka pun semakin unik-unik saja. Ini benar-benar membuat saya sedikit ciut. Tapi tetap saja saya yakin bakal mendapat hadiah meskipun bukan juara satu, dua atau tiga.

Nah, setelah deadline berlalu, tibalah saat yang paling membuat jantung ingin copot. Apa itu? Pee..nguu..muu..man! Betul sahabat, pengumuman adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta lomba. Apalagi saya, yang tak sabar lagi mendengar nama saya diumumkan sebagai pemenangnya.

Bolak-balik dari pagi sampai malam saya kunjungi website resmi dari panitia, untuk melihat siapa saja pemenangnya. Tapi kok, belum ada pengumuman sih? Sempat kesal juga gara-gara ini. Eh, ternyata malah diumumkannya di twitter. Walah, kesalahan saya adalah mem-follow twitter good day, tapi tidak pernah membuka akun twitter saya dan mengikuti berita-berita terbaru dari good day.

Tapi tidak apa-lah, kemudian dengan segera saya cek satu per satu nama pemenangnya, yang berjumlah 10 orang. Dan Alhamdulillah, setelah berkali-kali saya baca, ternyata tidak ada nama saya sedikit pun meskipun hanya ekornya hiks hiks.. :'(


Saya sangat sedih, tak menyangka kalau sampai kalah. Padahal saya sudah yakin bakal mendapat hadiah di lomba ini. Tapi nyatanya malah kecewa berat. Apa yang salah, saya kurang paham. Tapi setelah melihat karya para pemenangnya, barulah saya menyadari bahwa mereka pantas menang, dan saya pun harus memperbaiki tulisan lagi.

Pelajaran berharga yang bisa saya ambil dari pengalaman pertama mengikuti lomba blog ini adalah sebagai berikut:

1. Persiapkan blog dengan sebaik mungkin dulu

Tampilan harus bagus, isinya juga harus bermanfaat. Kemudian tulisan harus seragam antara tulisan satu dengan yang lainnya. seragam di sini dari gaya bahasanya, jenis huruf yang dipakai, ukurannya, sampai warnanya. Jangan sampai tidak seragam, sebab akan membuat Anda terlihat kurang profesional di mata juri.

2. Jangan terburu-buru mengirim tulisan

Persiapkan tulisan Anda dengan teliti, jangan terburu-buru. Oleh karena itu buatlah tulisan Anda jauh-jauh hari sebelum deadline agar waktu penggarapannya banyak. Sebab terburu-buru dapat membuat tulisan Anda menjadi apa adanya dan kurang ini itu.

3. Jangan terlalu memandang enteng karya peserta lain

Jika ingin sukses di lomba blog, jangan pernah bagi kita untuk menyepelekan karya dari peserta lainnya. Sebab bisa jadi karya mereka lebih baik, tapi kita tidak menyadarinya akibat kepedean. Dan kita harus ingat bahwa faktor keberuntungan juga dapat menentukan siapa yang jadi pemenangnya.

4. Jangan terlalu berharap

Kepedean, ke-GRan, berujung pada pengharapan yang besar seperti yang saya alami pada lomba pertama tersebut. Dengan anggapan yang pasti menang, membuat saya sangat sakit ketika anggapan saya ternyata salah.

5. Terus berjuang

Jadikan kekalahan sebagai pelajaran dan ilmu berharga untuk modal kesuksesan kita kedepannya. Jika hari ini kita kalah, terus koreksi kekurangan kita, dan terus asah kemampuan menulis kita hingga bisa menghasilkan karya yang bernilai tinggi.

6. Kreatif

Lomba menulis blog bukan hanya ajang coba-coba. Tapi di sini kita dituntut untuk benar-benar kreatif. Kita harus gali ide-ide yang ada di piran kita, bukan dari ide orang lain. Kesalahan saya adalah terlalu mengikuti dari A sampai Z karya peserta lainnya.

Jadilah peserta kreatif, yang memiliki karya berbeda.. Yakinlah karya Anda akan dihargai..

Baca juga: Tips mengikuti lomba blog Di Internet

Nah sahabat, mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. Jika ada kekurangan mohon ditambahkan melalui komentar. Demikian pengalaman pertama saya mengikuti lomba menulis blog, semoga bermanfaat bagi Anda. salam..

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon