Bahaya! Penipuan Mengatasnamakan Telkomsel Semakin Marak

Hai sahabat, berhati-hatilah mulai sekarang! Sebab penipuan mengatasnamakan telkomsel semakin marak saja. Jangan mudah terpancing jika ada pihak yang mengirimi sms atau menelfon Anda dan mengatakan bahwa Anda mendapat hadiah.

Berdasarkan pengalaman beberapa minggu lalu, ada telvon masuk dari seseorang yang mengaku dari pihak telkomsel. Kebetulan telvon tersebut masuk di HP istri saya; jadi pembicaraan awal ya dengan istri saya. Kemudian karena istri saya bingung maksud dari si penelvon (yang katanya mau kasih hadiah), istri saya pun memanggil saya agar bicara.

penipuan mengatasnamakan telkomsel semakin marak

Nah, pada akhirnya sayalah yang bicara dengan bapak itu. Dia mengatakan bahwa nomor istri saya telah mendapat undian berhadiah dari poin yang telah terkumpul di telkomsel. Sebelum ditelvon, ada sms masuk yang mengatakan bahwa PIN sekian-sekian milik istri saya mendapatkan hadiah senilai 10 juta rupiah.

Tak panjang lebar saya pun langsung menyanyakan kepada orang itu bagaimana cara mengambil hadiahnya. Bapak itu pun bertanya kepada saya apakah saya punya rekening yang ada ATM-nya atau tidak. Intinya dia bilang akan melakukan pengiriman uang saat ini juga asal ada ATM, karena uang ditransver melalui ATM.

Awalnya saya sempat percaya. Namun setelah membahas masalah ATM, saya langsung curiga. Saya pun mengatakan yang sejujurnya bahwa ATM saya telah mati beserta rekeningnya akibat tidak ada isinya lagi :D. Kemudian si bapak bilang, kan ATM bisa pinjam sama siapa saja asalkan ada.



Saya pun bilang tidak ada yang punya ATM di sini, karena ini di kampung. Malahan nomor rekening sih ada, tapi punya ayah saya. Dan itu pun tidak ada ATM-nya. Setelah itu saya bertanya lagi apakah tidak bisa uangnya ditransfer saja ke nomor rekening?

Bapak itu bilang tidak bisa, karena proses pentransferan baru bisa dilakukan antar ATM jika ATM milik saya sudah tertancap di mesin ATM. Nah, di situ saya langsung curiga berat dan saya yakin bapak ini adalah seorang penipu!

Saya bertanya lagi apakah ada pengumuman pemenang telkomsel ini di website resminya? Dan apa alamat web resminya? Kemudian bapak itu mulai agak kebingungan dan menjawab dengan gelagapan kurang lebih begini "Bapak, jadi gini.. ini alamat resminya www.telkom.net. Tapi gini bapak, itu akan diumumkan di website resminya setelah uang ditransfer dulu...!"

Saya pun bertanya lagi, apakah ada persyaratan lainnya yang harus saya penuhi? Dia pun menjawab tidak ada bapak, syaratnya cuman ATM saja.

Nha.. ketangkap penipunya.. akhirnya saya yakin kalau ini penipuan. Jadi saya katakan kepada penipu itu begini.. "Tapi sayangnya susah cari ATM-nya bapak" (dengan nada datar seolah gak butuh uang :p). Kemudian dia menjawab dengan agak kesal begini.. "Oh, ya sudah bapak, kalau begitu hadiahnya saya pending dulu". Saya jawab "EAA" :D tut tut tut (telvon langsung ditutup)

Saya yakin sekali kalau itu penipuan. Sebab logikanya kok persyaratan pengambilan hadiahnya simpel banget ya? Cuman modal ATM,, selesai! Padahal saya sering mendapat hadiah dari internet karena menang lomba, tapi butuh persyaratan yang menurut saya cukup rumit, mulai dari pengisian data diri (nama, alamat lengkap, jenis kelamin dll), foto copy KTP, pas foto dll. Dan prosesnya pun butuh waktu yang tidak sebentar. Lha yang ini kok..?

Lucunya lagi, dengan nomor yang berbeda penipu itu mencoba menghubungi nomor adik saya beberapa hari kemudian. Dengan suara yang masih sama, kemudian saya ajak bicara. Tapi sepertinya kali ini dia lebih lihai, mungkin telah mempersiapkan jawaban-jawaban dari pertanyaan saya 3 hari yang lalu.

Modusnya masih sama seperti sebelumnya. Namun ketika saya tanya tentang pengumuman pemenang di internet, penipu itu telah memiliki jawabannya begini.. "Jadi kenapa pemenang belum diumumkan di website resmi telkomsel, karena panitia takut kalau terjadi penipuan yang dilakukan orang tak bertanggung jawab".

Kemudian setelah itu ujung-ujungnya minta ATM lagi. Wah-wah dalam hatiku, kemarin telfon istriku.. sekarang telvon adikku, besok siapa lagi? apakah kakek saya? hem.. jangan harap bisa..! Karena kakek saya gak punya HP hehehe..

Tapi tidak apa lah, kemudian penipu itu saya ajak bicara terus sampai dia pusing sendiri. Dan akhirnya dia terlihat putus asa mendengar suara saya yang datar-datar saja, seolah tidak ada kesan wow dari hadiah itu..he he he.. akhirnya setelah saya iya-iya saja seolah sudah mengerti, telfon pun saya matikan.

Sahabat, hati-hati ya...!

Jadi modus penipuan ini seperti ini,, awalnya ada sms masuk yang mengatasnamakan telkomsel, yang menginformasikan bahwa nomor kita mendapat hadiah. Kemudian setelah sms tersebut kita buka, langsung ada telfon masuk dari sang penipu. Yang jelas intinya dia mengatakan bahwa kita mendapat hadiah, dan meminta kita menyiapkan ATM dan memasukkan ke mesinnya untuk dikirimi uang.

Setelah telvon dimatikan, sms yang tadi muncul tib-tiba hilang sendiri. Meskipun kita mencarinya sambil guling-guling, tetap saja sms itu tidak ada lagi. Memang begitu kok, kasusnya sama antara di nomor istri dan adik saya. Sms penipu yang masuk, menjadi hilang.

Sahabat, jika ada yang ingin menipu Anda dengan cara seperti di atas, jangan percaya sedikit pun. Sebab uang di ATM Anda akan segera ludes jika Anda mengikuti instruksi dari penipu itu.

Ada pengalaman, ternyata beberapa hari sebelumnya ada anak tetangga saya yang kuliah di kota, tertipu dengan cara seperti itu. Akhirnya uang 800 ribu di ATM ludes, habis, dan musnah.

Tapi anehnya penipuan yang ini sedikit berbeda, karena menggunakan hipnotis lewat HP untuk menjalankan aksinya. Jadi korban tersebut dihipnotis, sampai dia mau memasukkan ATM di mesin, dan melaksanakan sugesti yang diberikan oleh penipu. Sekejap setelah itu, ya sudah, korban hanya menyesal melihat ATM telah kosong mlompong tidak ada isinya.

Sahabat semua, cerita dan pengalaman ditipu mengatasnamakan telkomsel yang dialami keluarga dan tetangga saya ini perlu Anda jadikan pelajaran agar tidak tertipu orang itu lagi.

Sekian tulisan saya tentang Bahaya! penipuan mengatasnamakan telkomsel semakin marak, semoga bermanfaat..

12 komentar

Sama kang! Baru aja dapet telpon dari telkomsel, trs saya pura2 aja hilang signal๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜

Saya mau cerita nih gan..

Hari ini saya telah di tipu di kasih hadiah 10jt atas nama telkomsel,modusnya sama saya dikirim sms dari telkomsel bahwa saya dapat hadiah 10jt trus lansung di telpon oleh si penipu katanya hadiah nya di ambil melalui atm,saya ikuti terus karna saya ngak tau,dan saya percaya karna mengatas namakan telkomsel,singkat cerita saya langsung ke atm,dan ikuti perintahnya,alhasil dia berhasil mengambil uang di atm saya senilai 300rb dengan cara mengikuti intruksi yg di berikan sipenipu,akhirnya saya sadar dengan mengecek isi atm saya saldonya dari 350rb tinggal 50rb katanya biaya admin gitu setelah habis saya di suruh pake kartu atm lain,di situ saya sadar bahwa saya telah di tipu...malangnya nasib saya mengikuti si penipu itu,dia sangat pandai bicara.saya membagikan ini biar yang lain ngk ikut ketipu juga...

Apakah atm tersebut sudah aman bg?

ATM tersebut? Maksudnya atm mana gan? :)

Semalam saya juga dapat tlvon dari nomor yg tidak dikenal dia mengatas namakan dri pihak telkomsel.. katanya nomor sy terpilih dri undian .. dan dia menanyakan apakah sya mempunyai ATM, sy langsng menjawab iya.. dia meminta sebutkan .. ia sy sebutkan nomor rekening sy ... lalu dia menyuruh sy ke ATM terdekat. Setelah sampai di ATM dia menyuruh sy masuk ke ATM mandiri. Padanal ATM sy BNI.. dia berkta kalau sudah masuk di dalam ATM bilang hallo.. oke sy langsng bilang hallo dan dia intruksikan semua semua yg harus di klik... untung saja di dlm ATM saya saldonya hanya dibawah 50 ribu .. sy bilang ke dia yasudah yah buang buang waktu akhiri percakapannya mas. Dia berkata kalau sy pulang ATM saya terblokir... miris yah jaman skrg

iya ibu,, jaman sekarang jamannya penipuan.. :)

Saya terlambat membaca tautan ini, kasus yg sama persis terjadi pada saya kemarin. Karena saya baru menggunakan telkomsel dan terlalu percaya bahwa akan mendapatkan hadiah 100 jt akhirnya uang saya lenyap sebesar 1 jt. Awalnya ada telfon masuk dan memberi kabar kalau saya mendapat hadiah 15 jt dari telkomsel, dan semua biayanya administrasi ditanggung telkomsel,dia minta no rekening, karena saya bilang nggak punya, dia maksa supaya meminjam kartu atm siapa saja untuk mentransfer hadiahnya.kemudian sambil ditelfon saya disuruh ketik *323#, dan muncul sms dari telkomsel memberikan no token, si penipu meminta agar merahasiakan no tersebut dengan alasan menghindari penipuan. Setelah itu sambil telfon juga dia sms dengan kedok e-cash bank mandiri yang menyatakan kalau hadiah 15 jt sudah masuk, padahal yang tertera di situ cuma 15 perak.kemudian dia menyuruh saya pergi ke atm mandiri bersama, tapi tidak saya sanggupi karena malam2 dan dalam kondisi hujan, serta jauh dgn atm, akhirnya dia memberikan batas waktu sampai pagi.Paginya saya terus pergi ke kantor bank mandiri untuk menanyakan hadiah itu, tetapi disarankan untuk tidak pergi ke atm, karena biasanya kasus seperti itu penipuan, dan akhirnya saya pulang.
Tapi karena bodohnya saya, sepulang dari bank itu saya mencoba mencari no call center telkomsel di internet, dan saya menghubungi no tersebut dan menanyakan apakah no saya benar mendapat hadiah. Akhirnya dia minta no telf saya untuk dicek. Kali ini dia bilang iya betul no anda mendapat hadiah tapi bukan 15 jt melainkan 100 jt. Lagi2 dia bilang biaya ditanggung perusahaan.
sayapun percaya dan diminta untuk mengirimkan alamat identitas untuk proses pengiriman. Identitas pun saya kirimkan, tetapi apa, setelah itu memang akan segera diproses kalau saya transfer 2,55 jt ke rekening dulu untuk proses pencairan, saya bilang nggak punya uang segitu, terus dia tanya sekarang ditangan kamu adanya berapa, jangan bohong ya, uang itu tidak dibawa mati kok, saya bilang ada 600 rb, dia bilang menyuruh saya untuk mengusahakan 1jt, kan dalam 5 menit dudah cair, lagi2 dia bilang tolong rahasiakan hadiah ini untuk keamanan dari penipuan.sayapun pergi ke bank, sambil dipantau melalui telfon akhirnya saya setorkan uang 1 jt. Percakapanpun masih berlangsung, dan katanya sedang diurus pencairan hadiahnya. Setelah itu dia mengabari bahwa pencairan belum berhasil, sebagai alasannya karena rekening saya baru(saya mulai berfirasat bahwa saya tertipu) kemudian dia menyuruh saya pergi ke atm untuk proses pencarian. Tetapi apa, saya tidak mendapatkan hadiah yang dijanjikan itu, sedangkan uang 1 jt yang saya setorkan tidak dikembalikan. Sekarang yang ada penyesalan karena saya begitu percaya dengan orang yang tidak saya kenal, bodohnya lagi karena mudah tergiur dengan jutaan rupiah yang ditawarkan, sehingga saya ikut saja dengan perintahnya mencari pinjaman uang untuk disetorkan kepadanya.
Semoga kalian tidak mengalami kebodohan ini.

Masya Allah, ini adalah pengalaman berharga yang bisa jadi pelajaran untuk semua orang.. Terima kasih telah mau berbagi di blog ini ibu, semoga uangnya segera dikembalikan Allah..

Kak Nanna
sya jga pagi ini di telpon sbgai pemenang tsel.
Saya si tdk cepat ke atm tp bagaimana dgn no rekening yg sudah di berikan? Apa penipu bsa kuras lgsg saldo saya atau di suruh ke atm lalu transfer ke dia? Trmksh kak tlg bntu jwb yaa

setau saya sih nanti di atm uangnya disedot.. tapi untuk jaga2 lebih baik segera ke bank aja,, dicek lebih lanjut.. cepetan ya mbak..

Barusan saya juga tertipu bang , sama kasusnya seperti komentar2 sebelumnya tetapi pas saya nyampe atm dan mulai mengikuti langkah2 sipenipu terdengar oleh bapak2 dipinggir saya , bapak2 itu menyadarkan saya dengan memberitahu saya kalau telfon itu menipu karna anaknya juga pernah ditipu dan telfon dari sipenipu itu masih tersambung dan malah menyuruh saya keluar dari atm itu dan menyuruh saya untuk tidak percaya terhadap siapapun disekitarnya.saya mulai sadar kalau saya tertipu itu pas disuruh pijit token transaksi , disitu langsung saya cancel.ini no tlp si penipu +628122525366 semoga bisa lebih hati2 dan semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi ya.masyaallah

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon