Tips Mengikuti Lomba Menulis Blog Di Internet

Hai sahabat, bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan baik-baik saja ya! Saya berharap Anda bersemangat hari ini, sebab saya akan memberikan sebuah tips mengikuti lomba menulis blog di internet, yang mungkin bisa bermanfaat bagi Anda.

O iya sahabat, ini bukan tips agar menang lomba blog lo ya, karena saya belum pantas menulis tentang hal itu. Saya rasa, dengan modal beberapa kali menang saja belum cukup untuk menggurui Anda yang bisa jadi lebih jago.

Perlu Anda ketahui, tips yang saya tulis ini adalah berdasarkan pengalaman pribadi, penelitian di lapangan serta pengalaman teman-teman saya yang juga hobi mengikuti lomba blog. Dari beberapa sumber itulah yang saya gunakan untuk menyusun artikel ini.

Baiklah, tak panjang lebar lagi silahkan baca tips mengikuti lomba blog di bawah ini.

1. Siapkan amunisi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan amunisi untuk bertarung. Karena ini adalah dunia persilatan para blogger, amunisi yang harus Anda persiapkan adalah blog beserta kemampuan Anda untuk menulis. Blog digunakan sebagai media menulis Anda, sedangkan kemampuan Anda adalah hal yang penting untuk membuat tulisan yang baik.

Dalam hal ini, blog Anda harus benar-benar siap sebelum digunakan untuk lomba. Paling tidak buatlah desain atau tampilan blog Anda sebagus dan seprofesional mungkin, dengan tidak menggunakan tampilan yang acak-acakan, kurang enak dipandang, sehingga menghilangkan keprofesionalan Anda di mata juri. Tambahan, buatlah blog Anda terlihat hidup dengan rajin memposting artikel di dalamnya.

Jika Anda belum memiliki sebuah blog, silahkan baca cara membuat blog gratis di blogger.

O iya, terkadang lomba menulis juga tidak selamanya harus membuat blog sendiri lo sahabat, jadi sistemnya peserta hanya membuat tulisan, kemudian mengirim dan mempublikasikan tulisan tersebut di website atau blog milik panitia. Nah, jika demikian berarti Anda tidak perlu repot-repot menyiapkan sebuah blog.

2. Pahami dan patuhi persyaratan lomba dari panitia

Yang kedua Anda harus benar-benar memahami persyaratan lomba yang diberikan oleh panitia. Baca berulang-ulang persyaratan tersebut hingga Anda benar-benar paham. Misalnya kapan waktu pengumpulan karya, dan kapan waktu deadline dari pengumpulan artikel oleh peserta. Jika Anda ingin artikel Anda diterima, ya Anda harus mengirimkannya ke panitia dengan tepat waktu, sesuai yang telah ditentukan.

Persyaratan lomba ini sangat penting Anda pahami dulu. Jangan sampai Anda sudah capek-capek membuat tulisan, ternyata artikel Anda tidak diterima oleh panitia hanya gara-gara melanggar salah satu persyaratan, yaitu dengan melewati batas waktu pengiriman yang telah ditentukan. Oleh karena itu, pahami persyaratannya dulu.

3. Lihat contoh karya milik peserta lainnya

Khusus bagi Anda yang belum pernah mengikuti lomba menulis blog sebelumnya, maka jangan gegabah sebelum Anda membaca tulisan dari blogger lainnya. Ini dimaksudkan agar Anda mengerti, tentang bagaimana contoh artikel yang dilombakan. Jangan sampai Anda telah finish mengirim tulisan Anda, ternyata tulisan tersebut sangat aneh dan tidak ada duanya akibat kekurangannya.

Untuk membaca karya peserta lain, Anda bisa melihatnya di web/blog milik panitia yang biasanya telah dibuatkan daftar tersendiri. Namun, tak jarang juga panitia yang lebih memilih menyembunyikan artikel dari peserta dengan alasan tertentu. Untuk kasus yang seperti ini, cara mengatasinya Anda harus melihat contoh tulisan peserta lain pada lomba lainnya yang memperlihatkan daftar karya dari pesertanya.

Nah, untuk blogger pemula atau yang pernah mengikuti lomba blog, maka Anda juga boleh melihat-lihat karya kompetitor lain untuk membandingkan dengan tulisan Anda. Jika karya Anda kurang baik, buatlah tulisan yang lebih kreatif lagi agar memikat hati juri. Tapi ingat, dengan syarat panitia memberikan daftar peserta beserta link artikelnya.

4. Buat tulisan dan kirim sebelum deadline

Nah, setelah Anda memahami persyaratan serta melihat karya-karya lain, kini saatnya mengeluarkan kemampuan Anda untuk membuat tulisan sebaik mungkin. Baik di sini adalah murni tulisan Anda sendiri, tentunya dibuat dengan sekreatif dan seunik mungkin sesuai dengan tema yang ditentukan.

Setelah artikel selesai Anda buat, silahkan kirim atau daftarkan ke panitia lombanya. Usahakanlah pengirimannya jauh-jauh hari sebelum deadline. Jangan terlalu mepet ya sahabat, berdasarkan pengalaman akan banyak halangan-halangan yang bisa membuat Anda ketinggalan. Misal, sudah mau kirim artikel, malah mati lampu, warnet tutup, koneksi internet putus, komputer rusak dll.

5. Ikuti twitter dan facebook fanpage milik panitia

Di dalam lomba menulis blog, salah satu persyaratan yang paling umum adalah peserta diminta untuk memfollow akun twitter dan like fanpage facebook milik panitia.

Nah, saran dari saya jangan hanya sekedar memfollow atau melakukan like pada fanpage saja, tapi ikutilah perkembangan berita-berita di akun tersebut. Sebab sering saya mendapatkan info-info terbaru seperti perubahan peraturan lomba, yang di share melalui media sosial milik mereka. Dan jika Anda tidak mengikuti perubahan dan syarat lomba yang diperbarui, maka Anda jangan berharap banyak bisa menang.

Terkadang, pengumuman pemenang pun juga diberitahukan lewat twitter dan facebook fanpage panitia. Oleh karena itu jika Anda tidak mengikuti perkembangannya, dapat dipastikan Anda ketinggalan informasi-informasi penting seputar lomba yang Anda ikuti. Oleh sebab itu sekali lagi saya ingatkan, follow, like dan ikuti situs media sosial milik panitianya.

6. Optimis

Tips mengikuti lomba blog yang keenam adalah Anda harus optimis. Anda harus yakin bahwa Anda pun bisa membuat tulisan terbaik seperti peserta lainnya.

Jangan minder dulu sebelum Anda berusaha. Sebab kalah atau pun menang adalah hal biasa dalam setiap perlombaan.

Dengan sikap optimis, Akan membuat Anda bersemangat mengikuti lomba dan menghasilkan karya terbaik. Dengan sikap optimis, Anda akan mudah mengeluarkan benih-benih emas yang ada di pikiran Anda.

Percayalah, tidak ada manusia yang sukses kecuali mereka juga pernah gagal.

Bagaimana pun kualitas tulisan Anda, yakin saja dan kirim saja. Karena banyak juga saya melihat tulisan yang menang lomba karena faktor keberuntungan.

7. Jangan terlalu berharap menang, dan lupakan!

Tips ke tujuh, pasti membuat Anda sedikit bingung. Tadi disuruh optimis, sedangkan sekarang kok disuruh jangan terlalu berharap, bagaimana ini?

Begini, Anda harus tahu bahwa fakta dalam mengikuti kontes menulis blog, kita akan dihadapkan pada dua pilihan. Kalau tidak menang, ya berarti kita kalah. Nah, perlu Anda ketahui lagi bahwa kekalahan dan kegagalan pasti akan menghinggapi kita kapanpun. Jika tidak sekarang, berarti nanti.

Dan tahukah Anda, bahwa rasa sedih dan sakit akibat kekalahan, adalah sesuatu yang amat menusuk jika sebelumnya Anda terlalu berharap. Oleh karena itu, sikap pesimis dan cuek diperlukan untuk menangkal rasa sedih dan penyesalan tersebut agar tidak cenat-cenut di sini (jidat).

Sekarang, anggaplah bahwa karya Anda pasti kalah. Dengan begitu, akan membuat Anda merasa biasa-biasa saja jika benar-benar kalah. Itu sih menurut saya..

8. Amunisi ghaib

Tips kedelapan, Anda harus menyiapkan amunisi ghaib. Loh,, kok makin mistis aja sih? Apa yang dimaksud amunisi ghaib itu?

Jadi amunisi ghaib yang saya maksud adalah Do'a kepada Tuhan. Berdo'alah agar Anda diberi kemenangan, atau berdo'alah agar Anda bisa tabah jika diberi kekalahan.

Dengan Do'a, mudah saja bagi Tuhan untuk menjawab do'a Anda dan menjadikan Anda sebagai pemenangnya. Melalui kekuasaanNya, Allah bisa saja membuat juri bingung memilih artikel mana yang terbaik hingga pada akhirnya mengarahkan mereka kepada artikel Anda. Bukan mustahil bagi Tuhan untuk melakukan itu. Jadi, berdo'alah mulai sekarang.

9. Tetap semangat dan jangan mudah putus asa

Sahabat, apapun hasil dari pengumuman lomba yang Anda ikuti, Anda harus siap. Dan Anda harus tetap semangat meskipun Anda mendapat kekalahan.

Setidaknya Anda bangga bahwa artikel Anda telah terdaftar di panitia, dan telah dibaca oleh juri. Bagus ataupun buruk tulisan Anda, pasti ada saja nilainya. Nah, kewajiban Anda selanjutnya adalah meningkatkan nilai dari tulisan-tulisan Anda kedepannya hingga Anda berhasil memenangkan sebuah lomba menulis.

Semua blogger yang pernah ikut lomba blog, pasti pernah juga kalah. Bahkan pada pengalaman pertama mengikuti lomba blog pun saya juga gigit jari. Tapi, sebagai blogger sejati yang tangguh kita harus tetap semangat dan tidak mudah putus asa.

Alhamdulillah, setelah beberapa kali terjatuh, akhirnya saya pun bisa tersenyum dengan mencicipi manisnya hadiah dari kemenangan yang telah saya peroleh.

Yakinlah ketika Anda putus asa dan berhenti sampai di sini, berarti Anda tidak akan pernah sukses esok hari. Tapi jika Anda dengan giat berlatih dengan mengikuti berbagai lomba blog di internet, maka saya ucapkan selamat. Sebab, saya yakin dalam waktu dekat usaha dan kerja keras Anda akan terbayar.

Sahabat, demikian tulisan saya tentang tips mengikuti lomba menulis blog di internet, semoga bermanfaat bagi Anda. Silahkan ditambahkan jika Anda mempunyai pengalaman yang berhubungan dengan artikel ini. Selamat berjuang..

4 komentar

sangat bermanfaat, thanks gan.. saya memang lg mendalami ini

oke gan,, semoga bisa membantu.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon