Ciri-ciri Kerusakan Keyboard Laptop

Ciri-ciri Kerusakan Keyboard Laptop-Pagi ini, udara yang masuk ke dalam kosku terasa begitu sejuk. Sampai-sampai saya tak kuasa untuk tidak menghirupnya sobatku. Akibat itu, saya pun jadi semangat menulis lagi. Walaupun akhir-akhir ini semangat itu mulai menurun.


keyboard laptop rusak

Sobat, pada problematika permasalahan atau kerusakan pada laptop, kita akan menjumpai satu kerusakan yang bisa jadi sering terjadi di kehidupan kita. Contoh kerusakan yang saya maksud seperti kerusakan pada keyboard laptop. Seperti kita tahu, keyboar laptop adalah tempat kita mengetik angka-angka dan huruf-huruf, dan kemudian merangkai kata-kata hingga menjadi banyak.

Nah, sebegitu pentingnya keyboard laptop, membuat kita bakal pusing kalau perangkat keras yang tergolong  perangkat input dalam komputer ini mengalami kerusakan. Pasti kita akan kesulitan mengetik, dan tentunya ada yang lebih parah lagi dari itu. Untuk lebih jelasnya, monggo disimak lebih lanjut.

Ciri ciri kerusakan keyboard laptop

1. Sebagian tombol tidak berfungsi

Kadang nih, kalau untuk mengetik, maka keyboard laptop yang mulai bermasalah akan mengalami hal ini, yaitu sebagian tombol tidak berfungsi. Kadang meskipun tombol yang tidak berfungsi tersebut Anda tekan dengan keras, maka tetap saja tidak bisa memunculkan angka, huruf atau pun simbol sesuai tombol tersebut.

2. Ngetik-ngetik sendiri

Keanehan terjadi ketika keyboar laptop yang bermasalah mengalami ini. Saat Anda mengetik, tiba-tiba saja tombol A misalnya, langsung mengetik sendiri terus menerus hingga akhirnya banyak huruf A yang keluar saat Anda mengetik di papan ketik Anda.

Kalau sudah begini nih, biasanya nanti ditekan-tekan tombol A-nya baru mau berhenti yang ngetik-ngetik sendiri tadi. Tapi ya tetap saja, beberapa saat ketika Anda mengetik lagi, maka Anda akan mendapati huruf A tadi mengetik sendiri lagi.

Dalam kondisi seperti ini, berarti masalah kedua ini lebih rumit dibanding masalah pertama. Saya sudah merasakan sendiri. Kalau hanya sebagian tombol tidak berfungsi, kita masih bisa mengatasinya dengan menggunakan on screen keyboard bawaan windows. Tapi kalau mengetik sendiri inilah yang repot.

Kalau yang mengetik sendiri tombol A, itu masih mending. Lha kalau tombol enter atau delete, ini yang paling bahaya. Kalau enter, berarti ketika Anda meng-klik sebuah file, maka file tersebut akan terbuka sendiri karena tombol enter nekan sendiri kan? Nah, kalau tombol delete yang tertekan sendiri, berarti bisa saja file yang sedang Anda klik jadi terhapus.. 

3. Tidak bisa masuk windows

Ini nih yang semakin gawat. Kalau kerusakan keyboard laptop sudah lebih parah, maka ada saatnya laptop Anda tidak bisa masuk ke windows. Kadang loadingnya lama sekali lo sobatku. Nah, ketika salah satu tombol keyboard laptop ditekan, barulah mulai ada gerakan di layar sebagai pertanda akan masuk windows. Dan benar, laptop pun bisa masuk ke windows setelah keyboard laptop ditekan.

4. Keyboard laptop tidak berfungsi sama-sekali

Nah sobatku, yang ini semakin parah lagi kerusakannya. Kalau keyboard laptop rusak, maka bisa jadi tidak berfungsi semua tombol-tombolnya.. mau mengetik angka kek, huruf kek, atau simbol-simbol, tetap saja gak bisa atuh he he..

Solusinya, ya dipakaikan keyboard eksternal saja. Itu lo, keyboard yang colokannya USB. Bisa juga pakai keyboard USB yang biasa dipakai di komputer. Atau, kalau tidak mau ribet bawa-bawa keyboard segala, ya ganti saja keyboard laptopnya dengan yang baru. Beres..

5. Laptop tidak mau dihidupkan

Wah, kalau ciri-ciri kerusakan keybord laptop yang ini sungguh aneh sobat. Saya pernah mendapatkan laptop milik pelanggan yang keyboardnya rusak, laptopnya tidak mau dihidupkan.

Nah, setelah saya cek, ternyata laptop bisa dihidupkan kalau tanpa keyboard. Jadi bisa dibilang keyboard tersebut telah mengalami korsleting, sehingga membuat laptop tidak mau menyala saat keyboard dipasang. Untuk masalah ini tidak ada jalan lain selain mencabut keyboard rusaknya, dan menggantinya dengan yang baru.

Sobatku, saya telah bocorkan beberapa ciri-ciri kerusakan keyboard laptop. Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua ciri-ciri seperti itu pasti keyboard laptop Anda yang bermasalah. Bisa jadi juga akibat hal-hal lainnya. Untuk itu, analisa yang mendalam sangat diperlukan dalam mengetahui kerusakan pada laptop/notebook Anda.

Meskipun begitu, saya berharap agar artikel ini bisa berguna untuk Anda. Mudah-mudahan Anda mendapakan manfaat dari tulisan yang sangat sederhana ini. Wassalamualaikum.. :)

2 komentar

sama GAN apa tombol saya nekan2 terus F6 dan akan berhenti jika ditekan tombol huruf sembarang, tapi anehnya ketika tombol F6 eror kan jika ditekan tombol huruf sembarang akan berhenti, ketika sudah berhenti dan ditekan fn jadi layar mari begitu juga fingsi tombol kombinasi fn+F11(numlok)juga pas ditekan bersamaan layar juga mati... tapi aneh nya lagi kadang tombol normal bisa sampai 2-3hari dan juga bisa eror lagi.. udah diganti keyboard ory juga masih kayak gitu... apa agan punya solusi??? mohon bantuan

bisa dipermudah lagi bahasanya gan? Saya belum paham :D

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon