Kalau Menyambungkan Wifi Milik Orang Lain Apa Bakal Ketahuan?

Kalau kita belum memiliki koneksi internet sendiri di rumah, bisa jadi akan berpikiran (sedikit buruk) untuk: "Bagaimana kalau menggunakan wifi milik orang lain saja". Dalam artian, kalau ada nama wifi yang terdeteksi di komputer atau smart phone kita, maka kita gunakan saja tanpa harus permisi kepada pemiliknya. Mungkin dengan cara yang sedikit terlarang, yang penting kita bisa senang.

menggunakan wifi orang lain

Kalau kita sudah tahu passwordnya, apakah dari keluarga yang punya wifi tersebut atau hasil dari "kreatifitas kita" :D. Pasti bawaannya ingin memakai koneksi wifi tersebut setiap harinya.

Nah, yang jadi pertanyaan adalah kalau kita menyambungkan wifi ke laptop, komputer pc atau hp kita, (dari wifinya orang lain), apakah kita bakal ketahuan? Pasti Anda jua was-was kan? Jangan-jangan ketahuan, nanti dimarah lagi. Itu sih belum seberapa. Lha kalau sampai dilaporkan ke polisi segala, kan masalah jadi dua kali lipat tuh besarnya.

Sobatku, saya jelaskan berdasarkan sedikit pengalaman saya ya.. Jadi tahu tidaknya si pemilik wifi/wireless tentang perbuatan kita yang telah menggunakan internet mereka, itu relatif!!! Ada orang yang mengetahui seluk beluk wifi yang dimilikinya, dan ada yang tidak.

Nah, kalau orang tersebut mengetahui cara memberi pasword pada wifi, cara mengganti nama wifi atau yang lainnya, dalam artian Dia bisa login ke router wifi yang dimilikinya, kemungkinan besar dia bisa mengetahui kalau kita sedang konek dengan wifinya. Kok bisa? Ya bisa, karena ada menu tersendiri di firmware wifi yang digunakan untuk melihat berapa jumlah pemakainya, dan perangkat apa yang digunakan untuk mengambil koneksi dari wifi tersebut. Makanya, kemungkinan besar kita bakal ketahuan.

Bahasa gampangnya begini: pemilik wifi bisa mengontrol wifinya, dengan masuk ke akun wifi tersebut. Kalau sudah bisa masuk ke akun, berarti ada kemungkinan besar bisa juga melihat jumlah dan daftar perangkat (laptop, smartphone, tablet dll) yang sedang aktif menggunakan wifi yang dimilikinya.

Namun, tidak semua orang yang memiliki wifi di rumahnya bisa melakukan hal seperti itu. Sebab ini adalah pekerjaan yang cukup rumit, Apa lagi dilakukan oleh orang-orang awam yang malas dengan seluk beluk dunia teknologi yang memusingkan. Kalau sudah begini, kemungkinan besar Anda akan aman meskipun menggunakan koneksi wifi milik orang lain atau tetangga Anda.

Masalah akan muncul apabila koneksi internet di rumah orang yang Anda "pinjam" koneksinya tersebut menjadi lambat. Biasanya, kalau sudah begitu mereka akan melapor ke teknisi jaringan internet di mana mereka berlangganan. Nah, saat teknisinya mengecek permasalahannya, pasti mereka akan tahu kalau ada penyusup yang mencoba memakai koneksi milik yang punya wifi. (kalau kebetulan Anda pas terhubung dengan wifi pemiliknya)

Untuk itu, pesan dari saya hanyalah: berhati-hatilah saat mengkonekkan wifi milik orang lain jika jaringan wifi tersebut sebenarnya tidak boleh dipakai oleh selain pemiliknya. Lebih baik menahan diri dan menabung untuk membeli paket internet murah dari telkomsel atau kartu perdana lainnya, dari pada harus mengambil internet dari wifi milik orang lain yang bukan hak kita. 

Hanya ini saja yang bisa saya tulis kali ini. Mohon maaf kalau ada salah kata atau ada kata yang kurang berkenan. Assalamualaikum.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon