Cara Supaya Komentar Di Blog Tidak Langsung Tampil

Pernahkah Anda mendapatkan komentar-komentar yang menyebalkan masuk di blog Anda? Hem.. saya yakin kalau Anda mengatur komentar agar tampil secara otomatis, pasti Anda sering mendapatkan komentar-komentar yang menyebalkan. Komentar yang menyebalkan seperti: komentar spam, komentar promosi/jualan, komentar yang tidak nyambung dengan artikelnya, bahkan promosi web abal-abal yang berisi video bla-bla-bla juga banyak. :D

Nah, kalau membiarkan setiap komentar yang masuk di blog Anda secara otomatis bisa terpublikasikan alias ditampilkan, maka Anda akan dibuat capek sendiri. Masalahnya, Anda harus berkali-kali menghapus komentar-komentar tersebut setiap kali komentator membuat komen-komen tidak berguna seperti itu. Masalahnya, kalau komentar seperti itu tidak dihapus ya bakal merugikan blog kita sendri lo sobatku. Sebab komentar spam atau komentar dengan live link yang mati dapat menurunkan pamor kita di mata google.

Jelas Anda paham kalau google sudah tidak menganggap blog Anda seksi lagi, maka blog Anda akan dilempar ke halaman-halaman terbelakang. Nah, sekarang agar hal itu tidak terjadi, dan agar Anda juga tidak lelah lagi menghapus-hapus komentar yang masuk, Silahkan ikuti cara supaya komentar di blog harus menunggu persetujuan admin atau pemilik blog terlebih dahulu, baru bisa tampil. Tapi, ini khusus untuk pengguna blogger ya sobatku.. Untuk wordpress, kompasiana, mywablog.com atau platform blog lainnya maaf belum bisa sharing.. Oke deh, Yuk, ikuti langkahnya.

1. Masuk ke akun blogger ya, kemudian klik pada blog agan yang mau diatur agar komentar blognya dimoderasi terlebih dahulu oleh adminnya.

2. Klik pada Tab Setelan di pojok kiri paling bawah blog Anda, kemudian klik lagi pada pos dan komentar.



3. Tarik layar ke bawah, kemudian perhatikan pada bagian moderasi komentar. Centang pada selalu, kemudian simpan settingan tersebut dengan klik tombol simpan setelan di pojok kanan atas seperti gambar berikut.


mengaktifkan moderasi komentar
Nah, jika begitu, maka Anda telah berhasil membuat semua komentar blog yang masuk harus menunggu persetujuan Anda dulu sebagai admin untuk ditampilkan. Untuk melihat komentar yang masuk, silahkan cek pada menu komentar, dan klik lagi pada bagian Menungu moderasi. Di situ masuknya semua komentar. Jika Anda menyetujuinya, klik publikasikan agar komentar bisa tampil di artikel blog Anda.

Saran saya, komentar yang mengandung jualan burung lah, pembesar burung lah, kemudian sambil memberikan link aktif ke web mereka, jangan ditampilkan ya he he..

O iya, tips mengatur komentar agar menunggu moderasi ini tidak berlaku untuk komentar yang datang dari social media seperti facebook, twitter dll. Ini hanya untuk komentar standar yang didukung oleh blogger seperti anonymous, G+ dan masih banyak lagi.

Oke, demikian saja tulisan saya tentang cara supaya komentar di blog tidak langsung tampil sebelum disetujui pemilik blognya, semoga bisa bermanfaat ya sobatku... :)


11 komentar

wah bener ni mas, soalnya kalo langsung ditampilkan banyak yang nyepam mas.

iya mas.. pengalaman males banget harus sering hapus komentar he he.... tks ya master dah mampir :)

makasih..baru nuyari info tentang ini..

Jika kalau mengganti link yang melakukan spam link aktif di komentar gimana ya min? Seperti mengganti link aktif tersebut menjadi tidak ada. Terimakasih

bisa gan,, pakai script.. tapi saya belum pernah coba soalnya pakai template yang udah jadi :D

Thanks Gan Atas Informasinya..

makasih min ,, ilmuny ... d blog ane bnyak yg nyepam soalnya ...

iya gan, di blog ane juga.. makanya ane moderasi komentarnya..

mas kalau membuat komentar seperti di situs gigapurbaingga gimana caranya

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon