Penyebab System Komputer Sering Rusak/eror Lagi Setelah Instal Ulang

Assalamualaikum sahabatku, berawal dari sebuah pengalaman, saya ingin berbagi tentang penyebab sistem komputer sering rusak lagi setelah diinstal ulang. Saya berharap Anda menikmati artikel ini, dan membacanya sampai tuntas.

Beberapa tahun lalu saya sering mendapatkan laptop atau komputer yang setelah diinstal ulang windows, tapi beberapa hari kemudian eror lagi. Awalnya setelah diinstal bagus. Lama-lama menjadi lambat. Pas diinstal lagi bagus, eee. beberapa hari kemudian lambat lagi. Setiap menghidupkan komputer atau laptop selalu minta direpair. Malah setelah itu windowsnya rusak lagi rusak lagi. Akhirnya diinstal lagi, rusak lagi. 

Rusaknya begini: selalu saat komputer atau laptop dihidupkan, muncul windows error recovery (windows 7) atau muncul advanced boot options seperti gambar-gambar berikut.

windows eror

windows rusak setelah instal ulang

Sempat pusing juga dengan masalah seperti itu.. Apa lagi itu adalah masalah yang pertama kali saya alami. Namun, setelah saya lakukan penelitian, teryata penyebab utamanya adalah pada bagian hard disk. Jadi hard disk yang mulai bermasalah terutama bad sector, akan sulit digunakan lagi untuk menempatkan sistem operasi di dalamnya.

Tidak semua hard disk yang bad sector menimbulkan gejala yang mirip seperti pada cerita ini. Tapi, hard disk yang bad sectornya tepat pada bagian sistem, ya akan selalu bermasalah seperti itu setelah diinstal ulang. Komputer atau laptop menjadi lambat lah, menjadi rusak lagi sistemnya lah, dan sebagian  ciri-ciri kerusakan pada hard disk akan muncul.

Untuk mengetahui apakah hard disk sudah bermasalah atau belum, biasanya saya menggunakan dua aplikasi untuk memastikannya. Pertama mengecek kerusakan hard disk dengan aplikasi hdd tune, yang kedua mengecek hard disk menggunakan hdd sentinel. Saya menggunakan kedua-duanya untuk hasil yang lebih baik.

Setelah diketahui bahwa hard disk memang bermasalah, tidak ada jalan terbaik selain menggantinya dengan yang baru. Kemudian, hard disk baru masih perlu diinstal ulang sistemnya lagi ya sobatku.. Tapi  jangan lupa setelah itu ambil data-data di hard disk lama Anda kalau masih bisa diselamatkan.

Ya sudah deh, demikian saja tulisan saya tentang penyebab sistem komputer sering rusak lagi setelah instal ulang, semoga apa yang saya bagikan ini bisa diambil manfaatnya.. Memang sih, ini hanya tulisan biasa saja... Tapi saya sangat senang kalau Anda bersedia membagikannya.. Wassalamualaikum... :)

2 komentar

Salam bang.. kalau misalahkan ketika dihidupkan selalu hang saat loading windwos itu kenapa ya bang? Di instal ulang pun selalu hang pas itu. Kemudian pake safe mode juga selalu hang dan ga berhasil masuk. Mohon bantuannya bang

coba cek memori atau hard disknya.. ada kemungkinan memori atau hard disknya bermasalah gan.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon