Berhasil Memperbaiki Laptop Asus Mati Total Tidak Bisa Nyala

Memperbaiki Laptop Asus tidak bisa  nyala=>Pada hari minggu ini, saya ingin berbagi lagi tentang pengalaman saya memperbaiki laptop asus a42F yang mati tidak ada tampilan sama sekali. Silahkan baca sampai habis artikel ini ya sobatku.. Siapa tahu ada manfaatnya untuk Anda.

Jadi ceritanya sudah beberapa minggu sebelumnya saya dimintai tolong oleh teman satu tempat kerja saya untuk memperbaiki laptop asus milik yayangnya.. Nah, katanya sih laptop tersebut mati total.. sudah pernah dibawa ke tempat servis. Tapi teknisinya bilang, kalau laptop tersebut mainboardnya yang rusak. Jadi biaya perbaikannya sekitar 700 ribu kalau tidak salah. Makanya si yayang tidak jadi melakukan perbaikan.

Karena itu, Dia bilang mau membawa laptop tersebut ke tempat kerja untuk saya periksa. Tapi gak taunya ditunggu-tunggu enggak ada juga dibawa itu laptop. Mungkin lupa kali ya.. Tapi akhirnya kemarin itu laptop dibawa juga untuk saya periksa.

Pas saya cek, ternyata laptop tersebut adalah asus tipe A42F Core i3. Dan kondisinya jika dihidupkan dan ditekan tombol power, laptop asus tersebut tidak ada respon dan hanya lampu indikator powernya saja yang menyala. Kipas dan lampu lainnya tetap mati.

sekali lagi saya pakai tips trik yang pernah saya gunakan sebelumnya, yaitu cara memperbaiki laptop mati total. Pertama, saya cabut baterai laptop tersebut. Kemudian laptop saya hidupkan. Ternyata belum ada tanda-tanda baik. Kemudian saya cabut keyboard dan memorinya setelah itu saya hidupkan kembali. Namun masih sama, laptop belum ada tanda-tanda mau hidup. 

Ya sudah deh, saya bongkar laptop asus tersebut. Saya copot satu per satu komponen yang menempel di mainboard, seperti: DVD, memori, hard disk, keyboard, WIFI card, dll. Saya hidupkan mainboard laptop tanpa hard disk, tanpa casing, tanpa layar, tapi pakai memori. Dan ternyata belum ada tanda-tanda laptop mau hidup. Kemudian saya hidupkan tanpa memori.. eeh.. belum ada juga respon.

Kemudian, saya cabut deh baterai c-MOS di mainboardnya, setelah itu saya cabut dan pasang kembali sambungan di mainboard. (sambungan dari colokan power ke mainboard utama) Dan seperti biasa, saya lakukan uji coba lagi.

Ternyata, Alhamdulillah mainboard hidup sendiri, dan kipas pun mau berputar.. Wah senangnya, kemudian saya pasang memorinya, dan saya pasang juga layarnya supaya saya pastikan laptop bisa tampil. Eee.. pas saya tes ternyata laptop belum bisa tampil.

Hem,, tidak masalah, yang penting power listrik ke mainboard sudah normal dan bisa membuat mainboard hidup.

Oke, selanjutya saya pindah memorinya ke slot yang satunya. Daaan Alhamdulillah, ada tampilan ke layar laptop tersebut.. Horeee.. laptop asus sudah bisa tampil lagi... Nih gambarnya gan..

asus mati total

Wah, padahal itu belum saya bersihkan dari debu lo gan, laptop mati total sudah bisa menyala.. Untung saja yayangnya teman saya itu belum jadi memperbaikinya di tempat servis. Kalau pas dapat teknisi yang suka bohong, bisa kena tipu deh.. Yang cuma dibersihkan dari debu, bisa saja dia bilang ganti ini itu dan dikenakan biaya mahal.

Selanjutnya saya rakit kembali laptop tersebut seperti semula. Saya pasang komponen-komponen yang sebelumnya saya cabut, serta saya sempurnakan pemasangan casingnya. ALhamdulillah, setelah saya coba lagi laptop pun bisa hidup dengan normal. Sudah bisa masuk windows, dan sudah saya gunakan internetan juga sudah bisa.

Sobat, jadi penyebab laptop mati total itu banyak sekali. Bisa jadi akibat debu, bisa jadi juga akibat biosnya yang bermasalah, dan masih banyak lagi. Kalau masalah laptop asus yang saya perbaiki ini kemungkinan besar adalah karena biosnya. Buktinya setelah saya reset dengan mencabut baterai biosnya, laptop bisa hidup kembali to?

Nah, demikian saja tulisan saya tentang cara memperbaiki laptop asus mati total tidak bisa nyala, semoga apa yang saya bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Seperti biasa ya juragan, silahkan dishare jika artikel ini Anda rasa berguna.



56 komentar

Gan,sya baru nambah ram jadi 4gb(2+2) malamnya sy main game, beberapa lama kemudian tiba2 laptop asus sy gamenya tiba2 berhenti,saat sya tekan tombol trunoff ga bisa,jadi sy lepas baterai,setelah sy pasang baterai lagi,tombol powernya nyala, kipas juga jalan,tpi lubang udara keluar angin agak kencang,dan masih tetap hitam,kira2 laptop saya kenapa ya gan?,tolong penjelasannya

coba cabut memorinya yang baru dipasang gan.. siapa tahu itu penyebabnya.. terus kalau gak bisa juga, ada kemungkinan VGA card-nya yang masalah..

saya punya notebook asus. tipe X200M.
umurnya baru satu tahun ini,
tiba² aja hari ini mati total.
pdahal sebelumnya masih hidup & ga ada maslah.
notebook tsb saya masukan ke tas dalam keadaan sleep & battrei terisi penuh.
beberapa jam kemudian saya coba nyalakan lg tapi gak ada respons samasekali.
notebook tsb saya gunakan hanya aplikasi standar saja office & game buat keponakan.
kira2 apa yah penyebabnya?
apa karena tekanan dlam tas atau hal lain?

Notebook sya jenis asus dg batrai tnam kmrin mati krna batrainya habis stlah dicas dtkan tmbol power layarnya ga mw hdup tp lampu indicatornya nyala kira2 gmna ya mas cra prbaikinya

coba baca ini gan :D http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

coba baca ini gan http://abang-palu.blogspot.co.id/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

Bang.. mau tanya nih. Laptop temen saya merek Asuz. Dipake ngetik kemudian tiba-tiba mati.. Dan, gak bisa dihidupkan lagi.. pencet tombol power switch gada respon.. kalau pake chargeran dalam kondisi batre terpasang, lampu indikator charger nyala (satu lampu). Tapi kalau tanpa batre, dikonekin charger lampu gada yg nyala.. kira-kira masalahnya gimana? Ngatasinnya gimana? Mohon tanggapannya Bang. Makasih

coba pakai cara ini gan http://www.palucomputer.com/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

Saya juga punya masalah sama, laptop adek asus A45VD mati total (hanya indikator power nyala sebentar setelah dipencet terus mati, tidak ada respon pada fan & hardisk). Memang belum saya coba mencopot baterai BIOS nya, bagaimana cara melepasnya soalnya dicover plastik, apakah baterai biosnya diganti atau tetap pakai yang lama?

Kalau baterai yang pakai kabel, dicabut aja kabelnya. itu ada memang yang dijual sudah sepaket denga plastik dan kabelnya pak.. cari di toko komputer.. jadi itu harsu diganti kalau memang lowbat.. :)

Saya jg baru mengalami hal yg sama notebook asus saya tinggalkan demhan keadaan sleep. Kemudian sampai saat ini tidak bisa menyala. Bagaimana ya solusinya?

sangat bermanfaat sekali, terima kasih atas ilmu dan kebaikannya. semoga dibalas denganyang lebih oleh Alloh SWT

Amin,, makasih doanya gan.. :)

Mau nanya, laptop tiba tiba mati pas lagi ngetik dan charger.
Laptop asus dengan baterai tanam.
Udah coba mencet tombol power agak lama tetep mati. Pake chargeran tetep mati juga. Lampunya juga gak ada yang nyala.
Itu gimana ya ? Minta sarannyaa

coba bongkar n cabut baterai tanamnya gan..

Saya punya keluhan..
Laptop saya tiba2 tidak bisa dihidupkan setelah saya pakai.. ceritanya saya sudah pakai dan saya matikan dengan semestinya namun saat saya ingin pakai kembali dan saya hidupkan laptop saya tidak bisa hidup.. saya coba charger tetap tidak bisa .. dan laptop saya tidak ada reaksi apapun atau mati total .. bagaimana cara memperbaikinya. Laptop saya Acer one 14 dan menggunakan baterai tanam

itumah setingan biosnya aja yg salah makanya gtu pas di cabut batrai cmosnya setingan bios akan ke defaultnya makanya tu laptop bisa nyala lagi..

Agan daerah mana kalau boleh tau?

coba baca ini gan,, siapa tau membantu.. http://www.palucomputer.com/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

wew, kalau baterai biosnya dicabut ya pasti bakalan kembali ke awal gan meskipun settingan biosnya dah benar.. kan baterai bios yang digunakan untuk menyimpan settingan biosnya..

Gan, ane kmrwn mw ngeformat laptop asus, uda masuk ke instal nya di c, cuman wantu itu ada yg saya delete ukuran 100 mb habis itu cd windows nya saya keluarin, dan ga jadi format, sekarang kalo di nyalakan laptopnya, power nya nyala, tapi layal hitam.. Mohon solusi nya gan..

coba diinstal aja gan,, biasanya memang sistemnya sebagian masuk yang di 100 mb itu.. kalau perlu delete partisi cnya, supaya gabung lagi dengan partisi yang didelete 100 mb itu. nanti dipartisi ulang. maksudnya c-nya dibuat partisi baru gitu..

Gan,laptop saya merk asus.. Adik saya sering memainkan laptop saya sampai 2-3 jam.. Tiba2 laptop saya tidak bisa di cas,dan akhirnya mati total karena tidak bisa di cas.. Itu apa nya ya gan? Mohon bantuannya.. Soalnya kemaren pernah begini juga,tpi pas saya tunggu hingga berbulan2,baru hidup.. Mohon bantuannya gan

Coba cek casnya dulu gan, ganti yang lain bisa gak? kalau tetap gak bisa tes aja pakai baterai yang lain gan,, kalau bisa nyala tanpa dicas,, berarti ada kemungkinan pada ic charging di mainboardnya yang masalah

mas, kalau laptop asus yang nyala indikator casan sama. power nya aja yg nyala kenapa ya? tampilan gaada, fan mati

harus dicek dulu gan.. coba baca ini.. http://www.palucomputer.com/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

Terimakasih tanggapannya. ternyata setelah saya bongkar, bingung ngapain dinyalain sambil dibuka casing nya ternyata nyala, dan sekarang normal lagi. tapi tanggal dan waktu tidak singkron. Mungkinkah ada masalah denan BIOS nya?

tidak sinkron disetting dulu gan,, karena setelah dibongkar dan dicabut baterai biosnya biasanya waktunya kan kereset..

Laptop asus saya juga mati total, trus dibawa ke asus center dibilang mainboardnya yang kena. Katanya kalau mau ganti itu mainboard harga 4 jutaan itu juga KW, katanya yg ori udah ngga diproduksi...

4 juta? mahal amat gan,, mending beli baru..

sama kaya mas deriven.. laptop saya hp pavilion... pas lagi dipake main game dan gadipake main game pun tetap sama selalu mati... dan gabisa langsung dinyalain... udah di coba lepas batre cuma pake charger pas ditekan tombol powernya masih ganyala... udah saya iseng2 bongkar semua terus pasang lagi masih ganyala... terus saya diemin aja beberapa hari ... bisa nyala lagi... tapi pas dipake beberapa jam ... mati lagi... itu kira-kira kenapa ya mas????

Kak laptop saya tiba2 mati,dan saat saya hidupkan lagi , indikator powernya menyala tapi gada reaksi apapun dilayar dan fan nya jg gak nyala. Saat saya cas, lampu casan juga menyala. Saya coba hidupkan lagi tapi tetap sama saja. Laptop saya merek asus x451m. Nah gimana cara memperbaikinya kak?

gan ane ada kasus jadi laptop ane pas dalam keadaam mti ketika dinyalain ga bisa nyala tapi kalo di chrage lampu indikator batre nyala dan laptop ga bisa nyala. mohon bantuannya gan, makasih.

Aku ada kasus lapt ngak bisa dihidupkan dalam keadaan baterei full ketika dinyalain kalo di charge bisa nyala. mohon bantuannya, makasih.

Coba baca ini mbak,, siapa tau bermanfaat http://www.palucomputer.com/2014/03/cara-mengatasi-laptop-tiba-tiba-mati.html

tapi laptop kalau sudah dinyalain, terus chargernya dicabut bisa tidak laptopnya hidup gan?

gan sory mau tanya leptop asus x45c nga ada tampilan di layar indikator power nya dan kipas apanya gan

gan laptop toshiba ane bsa idup lw dicas doank,pencet power bisa idup tapi yg nampil cuma sampe k yg katanya suruh pencet f2 ,f12 buat seting2,stelah tampilan itu langsung blank..nyba mencet f8(safe mode lw gk slh :D ) tp gbisa..knapa y ?

saya ada masalah sama laptop acer saya. laptop saya kalo tidak dicharger tidak mau nyala dan kalo chargernya dicabut laptop tdk mau menyala meskipun udah ditekan tombol powernya. kira2 apa masalahnya ya dn solusinya apa?

Kak, aku mau tanya.. notebook aku asus dengan batre tanam, kemarin malam masih bisa dipake buat ngetik, dan sudah saya matikan dengan semestinya, lalu keesokkannya saya turn on hidup, loading tapi tidak bisa masuk akun windows (ada 2 akun windows) tampilannya hanya gelap tp muncul deteksi virus smadav dan kursor.. itu kenapa ya ka?

Selamat pagi gan,
Laptop saya asus x441s,
Dia gabsa dihidupkan kalau gak dipasang chargernya,trus kalaupun bisa tanpa charger,hidupnya sebentar lgsg mati. Ditekan tombol power,dia ttp gabisa hidup
Itu masalahnya dimana ya gan?brpa biayanya kalau diperbaiki?
Mohon jawabannya

bisa jadi baterainya yang sudah kalah gan,, coba baca http://www.palucomputer.com/2014/05/ciri-ciri-batterybaterai-laptop-yang.html kalau soal biaya, mungkin baterainya sekitar 700 ribu di kota palu.. itu yang ori..

Gan leptop asus saya batreinya tanam saya pake sambil ngecas beberapa menit di tinggalin leptop nya mati smpai lampu cas batreinya juga mati gan masalanya ap yah?? Tolong bantuanya?

Terima kasih Bang. Asus X200 gue udah bisa hidup lagi setelah lepas - pasang baterai biosnya.

Kak mau tanya laptop saya asus ketika diconnect internet loading banget padahal orang2 yg pakai kencang kok kak kenapa yah??

bisa jadi browsernya masalah, coba uninstall dan install kembali pakai goiogle chrome.. bisa jadi juga wifi card laptopnya bermasalah, bisa jadi driver wifinya yang masalah,, macem2 mbak.. :)

Terima kasih, dicoba dulu Asus X543S saya mati nga mau nyala setelah ditinggal hidup 30 menit.

keluhan
1.laptop hnya nyala lampu power saja saat dihidupkan..
2. lampu hardis g menyala
3.ditekan tombol power kipas nyala bentar mati lagi
4.direstrart tidak bisa (hang) berhenti dilogo saja

itu semua ciri2 kerusakan pada mesin ya..motherboard nya..
terutama di power nya..ada yg hilang..
bukan chip vga atau prosesor nya..
0856 9366 9995

sepertinya di mainboard, tapi perlu diinvestigasi dulu.. :)

Bang mau nanya Laptop saya asus core ic3 laptop saya di nyalain gak bisa tapi lampu indikatonya nyala dan kalo di cas juga nyambung itu ke apa ya bang🙏😭

tidak bisa dipastikan jruagan,, kemungkinan-kemungkinan itu masih macam2.. bisa mainboard, bisa memorinya, maccam2 gan..

Mas, Laptop saya Asus X541-UV gak bisa nyala tapi indikator sama kipas menyala. Itu kenapa ya mas?

bnayak sekali propblem laptop seperti itu gan,lebih baik diperiksakan ke ahlinya aja.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon