Biaya Memperbaiki Kipas Laptop Yang Rusak Mati

Hai sobatku, kalau Anda memiliki laptop yang kipasnya rusak, pasti ingin tahu juga biaya memperbaiki kipas laptop yang rusak atau mati bukan? Saya anggap itu wajar. Karena yang namanya harga kipas laptop itu bisa jadi tidak sama antara satu toko komputer dan toko komputer lainnya. Oleh karena itu, mengetahui harganya adalah sangat penting agar Anda mendapatkan yang paling terjangkau.

harga kipas laptop
Masalah berapa biaya servis kipas laptop, seperti saya katakan tadi bahwa satu tempat dan tempat lainnya tidak sama. Satu daerah dengan daerah lainnya pun juga tidak sama. Taruhlah Anda berada di jakarta. Sedangkan saya berada di indonesia timur. Nah, tentu di Indonesia timur jauh lebih mahal harganya dibanding Anda yang ada di jakarta juragan. 

Kemudian yang perlu diingat adalah, memperbaiki kipas laptop yang rusak itu ada dua kemungkinan. Kipasnya diservis, atau kipasnya diganti. Ini beda lagi nih harganya.. Kalau cuma diservis saja, (misalnya kipas yang tidak berputar karena debu), biasanya biayanya tidak terlalu mahal asalkan si tukang servis tidak keluar modal yang banyak. Untuk saya sendiri biasanya mematok harga mulai dari 50 sampai 100 ribu kalau hanya membersihkan kipas yang kotor. 

Tapi kalau sampai ganti kipasnya, harganya lain lagi. Kita ambil patokan saja seperti yang ada di kota saya, yaitu kota Palu. Di sini, untuk berbagai merek laptop seperti acer, toshiba, asus, zyrex dan merek umum lainnya harga kipas laptopnya ada di kisaran 300 sampai 400 ribu rupiah. Kalau dulu di tempat saya bekerja, harga segitu sudah termasuk ongkos bongkar pasang laptopnya. Nah, saya rasa daerah-daerah yang ada di indonesia bagian barat lebih murah. 

Tapi ada tiga hal yang membuat harga kipas laptop dan biaya menggantinya berbeda.

1. Jenis kipas

Beda jenis kipas dapat mempengaruhi juga biayanya. Misalnya kipas laptop acer jenis ini dengan jenis itu.. Harganya tidaklah sama. Tergantung tipe laptopnya juga. Biasanya, laptop yang mahal kipasnya juga mahal. Apa lagi laptop yang langka, maka kipasnya juga mahal.

2. Daerah

Daerah yang jauh dari jakarta pusat biasanya harganya lebih mahal. Karena biaya pengiriman baragnya kan juga lebih mahal. Titik..

3. Beda toko
Toko A dengan toko B tidak sama dalam hal menentukan harga kipas laptop. Yang satu suka mengambil untung banyak, sementara yang lain lebih suka mengambil untung sedikit yang penting lancar. nah, ini kan membuat harga kipas berbeda to?



4. Merek Kipas

Kalau merek beda jelas beda juga harganya. Kan kualitas juga beda. Tapi kalau untuk kipas laptop sih tidak terlalu bergantung merek. Yang penting ada barangnya, bisa digunakan ya sudahlah.. :)

Yang jelas, untuk harga kipas laptop tidak lebih dari 400 ribu rupiah. Kalau lebih dari itu, berarti mahal sekali itu juragan. Cari lah dulu di tempat lainnya siapa tahu bisa mendapatkan harga yang murah. Atau bisa menghubungi saya siapa tahu saya bisa carikan he he..

Ya sudah, mungkin hanya ini saja yang bisa saya bagikan tentang biaya servis kipas laptop yang rusak atau mati, semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat untuk Anda. Assalamualaikum.. :)


16 komentar

Saya pernah mau ganti kipas di sony service center, trus dia minta biaya 1,3 juta..

biuh,, mahalnya gan? baru denger saya ada biaya memperbaiki kipas laptop sampai segitu mahalnya...

saya pernah ke asus service center cuma mau service laptop 2 juta harganya kemudian saya bawa ke tempat service biasa dan harganya cuma 400 ribu -_-..

wew,, harusnya kalau masih garansi gratis itu gan..

kalau,notebook yang tak bisa hidup,berapa harga perbaikinya?

tergantung gan, gak bisa hidup karena apanya dulu.. tapi kalau gara2 mainboard, umumnya untuk di kota palu sekitar 700 sampai 900 ribu..

kalau untuk servis dc jacknya berapa gan ? saya di bandung

dulu sih sekitaraqn 400 ribuan gan,, agak mahal memang.. tapi mungkin beda toko beda juga harganya gan..

sya jga kota palu bro untuk aspira one 756 brpa yah ?
yg murah di kota palu dmna bro ?
sya mau ganti kipasnya ribut

kipas ribut belum tentu rusak gan,, soalnya saya juga pernah dapat kasus kayak gitu, ternyata pas saya bongkar ada kertasnya di dalam.. kalau untuk yang murah sih kurang lebih sama aja.. cuma kalau mau ganti ane juga bisa carikan :D

Kaka di kota palu untuk perbaikan kipas laptop yang rusak di mana kak?

Kak tempat perbaikan kipas laptop yang rusak di palu di mana ya kak? Mohon bantuanya kak

Nb sya suka mati dan hidup tiba tiba klo sudah panas knpa ya gan

di palu di jalan S parman, coba lihat ada dekat hotel astoria

harus dicek itu gan,, bisa juga akibat kipas mati, bisa juga akibat saluran pembuangan udara kipas tersumbat debu..

terima kasih kak informasi yang sangat membantu sekali
perkenalkan kak saya Dandi Candra Dari ISB Atma Luhur

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon