3 Pengertian Internet Unlimited Yang Ternyata Beda-beda

Hai sobat, pagi ini saya ingin sedikit sharing tentang pengertian internet unlimited yang ternyata berbeda-beda. Maksud beda-beda di sini, ternyata pihak profider internet memiliki aturan sendiri dalam menentukan internet unlimited itu seperti apa.


Dulunya saya sering bertanya-tanya sebenarnya apakah internet unlimited itu? Saya pun mendapatkan jawaban bahwa internet unlimited adalah koneksi internet yang tanpa batas. Nah, tanpa batas di sini ternyata tidak semua profider sejalan dalam menentukan bahwa internet tanpa batas itu seperti apa.

Sobat, jika Anda tidak jeli dan bertanya langsung kepada profider tentang internet unlimitednya seperti apa, maka Anda bisa saja menyesal di kemudian hari. Sebab bisa jadi internet unlimited yang Anda gunakan ternyata tidak sesuai deengan keinginnan Anda misalnya. Sekarang marilah kita kupas tuntas internet unlimited yang biasanya digunakan oleh profider internet di Indonesia ini.

1. Internet Unlimited, tapi pakai sistem kuota

Yang pertama ini bikin saya bingung. Katanya internet unlimited. Tapi kok pakai kuota ya? Benar sekali sobatku, maksud internet unlimited yang satu ini ternyata bebas menggunakan internet 24 jam, tapi dengan kuota yang telah ditentukan untuk berapa bulan. Contoh: Internet unlimited telkomsel dengan kuota 2 GB bisa dipakai selama 1 bulan. Nah, setelah kuota yang Anda miliki habis sebelum satu bulan,, ya habislah sudah. Anda tidak bisa lagi berinternet ria. Contoh internet unlimited seperti ini banyak kita jumpai pada kartu internet unlimited yang banyak dijual di seluler-seluler.

Kekurangannya ya sudah jelas, kalau Anda menggunakan internet dengan kuota besar ya cepat habis deh tu kuota. 

2. Internet Unlimited, Pakai Kuota, Tapi kalau kuota habis internet jadi lambat

Yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama. Anda diberi kuota dengan jumlah tertentu, kemudian Anda bisa menggunakannya 24 jam selama 1 bulan misalnya. Nah, kalau kuota Anda telah habis sebelum satu bulan, maka kecepatan internet Anda dikurangi. Ini masih mending kan dibanding yang pertama? Setidaknya Anda masih bisa menggunakan internet. Untuk contoh  internet unlimited yang ini, seperti pada telkom speedy.

Kekurangannya juga sudah jelas, kalau kuota melebihi jatah maka internet jadi lambat.

3. Internet Unlimited tanpa sistem kuota, tapi dibatasi kecepatan

Yang ketiga ini adalah internet unlimited tanpa adanya sistem kuota. Jadi, Anda bebas sesuka hati menggunakan internet kapanpun Anda mau. Anda bebas mendownload software aplikasi, Anda bebas menonton video di youtube, tanpa was-was kuota Anda akan habis. Anda juga tidak perlu hawatir kalau pembayaran Anda akan membengkak. Apa lagi  jika pembayaran internet di profider Anda di bayar di depan sebelum Anda menggunakan internet. Maka jangan hawatir.

Hanya saja, internet unlimited yang ini dibatasi untuk kecepatan internetnya. Misalnya Anda berlangganan paket internet 250 ribu per bulannya. Nah, biasanya Anda akan diberi kecepatan dengan speed tertentu. Misalnya, Anda diberi kecepatan internet up to 512 kbps. Tentu Anda hanya bisa menggunakan internet up to 512 kbps saja. Tidak bisa lebih. Jadi, jika Anda menonton video di youtube lancar sendirian, belum tentu lancar jika menonton dengan dua perangkat laptop. Kan kecepatannya sudah dibagi dua. 

Jadi untuk contoh internet unlimited yang ke tiga ini seperti di profider tempat saya bekerja. Kekurangannya kalau Anda mengambil paket internet yang murah ya pasti sedikit lebih lambat dibanding paket yang lebih tinggi. Bukan pada kuotanya berapa, tapi kecepatannya yang membedakan.

Nah sobatku, jadi dari banyaknya pengertian internet unlimited yang ada, saya sarankan kepada Anda untuk bertanya terlebih dahulu kepada profider internet tempat Anda ingin berlangganan internet atau membeli paket internet. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari.

Demikian tulisan saya tentang pengertian internet unlimited yang ternyata beda-beda, semoga apa yang saya tulis kali ini bisa bermanfaat untuk Anda. Silahkan bagikan artikel ini ya sobatku.. :)

2 komentar

wahhh berguna sekali atas pengertian unlimited....

makasih banyak gan,, lain kali mampir lagi ya.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon