5 Penyebab Komputer Laptop Restart Sendiri Saat Memutar Video

Pernahkah Anda mengalami, ketika memutar video di komputer atau laptop tiba-tiba komputer restart sendiri? Saya yakin deh, pasti Anda pernah mengalaminya. Atau kalau pun tidak, Anda pasti pernah mendengar kasus seperti ini bukan?

komputer restart sendiri saat putar video

Sekarang jika komputer restart saat putar video, ada beberapa penyebabnya. Bisa jadi memori Anda penuh, Bisa jadi karena driver VGA belum terinstal, bisa jadi sistem komputer Anda sudah bermasalah,  dan masih banyak lainnya. Mari kita bahas satu persatu masalahnya, dan cara mengatasinya.

Penyebab komputer restart saat putar video


1. Memori Penuh

Jika memori komputer atau laptop Anda terlalu kecil, misalnya 1 GB ke bawah, ya bisa jadi sulit bagi Anda untuk memutar video di komputer atau laptop Anda. Apalagi Anda memutar vidoe yang berkualitas tinggi, kemudian sambil membuka aplikasi lainnya. Walah, bakal sulit tuh.. Itu karena memori menjadi penuh saat digunakan, dan tentunya membuat komputer menjadi hang dan restart sendiri.

Biasanya jika memang memorinya yang bermasalah, akan muncul layar biru dengan teks putih, atau sering disebut bluescreen. Itu terjadi beberapa detik sebelum akhirnya komputer restart sendiri. Jika memang benar memori komputer Anda terlalu kecil, tidak ada solusi terbaik selain menambahnya menjadi lebih besar lagi. 

2. Driver VGA Belum Terinstal

Kalau driver VGA belum terinstal sih biasanya saat dipakai memutar film  atau vidio, akan tampak blur di layar. Dan tampilan komputer pun menjadi kurang jernih. Kalau kondisi seperti ini tetap dipaksakan untuk memutar video di laptop, ya bisa saja kan komputer restart sendiri. Sebab komputer sebenarnya belum siap digunakan tanpa driver VGA. Oleh karena itu, silahkan instal driver vga komputer Anda. Mudah-mudahan berhasil.

3. Sistem Komputer Mulai Bermasalah

Kalau sistem komputer sedang bermasalah, apa paun bisa terjadi. Kadang cuma dipakai mengetik saja komputer bisa restart sendiri, apalagi kalau dipakai nonton video. Cobalah atasi sistem yang sering restart sendiri dengan menginstalnya kembali. Saya yakin, jika akibat sistem yang bermasalah, maka dengan menginstalnya kembali, maka masalah tersebut akan teratasi.

4. Prosesor Komputer terlalu panas

Kalau Anda menggunakan komputer, kok pas sudah lama tiba-tiba komputer lambat, kemudian dipakai nonton video juga lambat, ada juga kemungkinan prosesor komputer Anda terlalu panas. Panas tersebut bisa terjadi akibat kipas prosesor yang kotor, atau kipasnya memang sudah tidak jalan.

Nah, kalau komputer digunakan memutar video, ya pasti panas prosesornya bisa bertambah lagi. Makanya kalau prosesor terlalu over hot, bisa saja komputer restart sendiri, bahkan mati sendiri. Tidak ada jalan terbaik selain memeriksanya, untuk mengetahui apa penyebab prosesor menjadi panas. Kalau heatsink tertutup debu ya tinggal dibersihkan, kalau kipas mati ya tinggal diganti.. Beres..

5. Adanya masalah Pada Hardware

Yang kelima ini, yang menjadi penyebab komputer restart sendiri saat putar video adalah adanya kemungkinan masalah pada hardware komputer atau laptop Anda. Misalnya: memori yang mulai rusak, hard disk yang sudah bad sector, mainboard yang mulai masalah, chipset VGA yang sudah kalah, dll.

Yang jelas, jika ada hardware komputer yang mulai bermasalah, komputer pun mulai rewel juga. Apa lagi dipakai memutar video yang butuh stamina ekstra.. Ya jelas, komputer bakalan restart sendiri. Silahkan periksa satu persatu kondisi hardware Anda.. Tapi untuk mainboard dan chipset, sangat sulit memeriksanya. Tapi untuk hard disk dan memori, ada kok aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kondisinya..

Nah sobatku, ternyata ada banyak penyebabnya kan, kenapa sampai komputer Anda restart sendiri saat putar video, itu baru beberapa penyebab saja. Dan kemungkinan masih banyak lagi penyebab lainnya. Untuk itu, silahkan bagikan di sini agar kita bisa saling berbagi pengalaman.

Demikian tulisan saya tentang penyebab komputer restart sendiri saat putar video, semoga apa yang saya tulis kali ini ada lagi manfaatnya untuk Anda. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog belajar komputer dan internet untuk pemula. Dan satu lagi, silahkan share artikel ini kalau Anda berkenan :D

4 komentar

Laptop gw pake amd makanya sering overheat dan restart2 kaya gt,, tapi gw cari2 alasanny ternyata ada banyak daj solusiny juga ada banyak salah satunny di non centang yang auto restart klo ada masalah(settingan laptopnya) nah klo gw non centang gt ada efek samping nya g?

Entahlah gan, saya belum coba.. cuma ati2 saja.. kadang kalau laptop dipaksa dengan tanpa restart takutnya prosesornya gak kuat..

saya punya kasus unik,,pake muter MP3 lancar tapi untuk muter file Video tiba" komputernya hang tidak bisa bergerak ,,kalo ditunggu sangat lama bahkan sampe baterainya habis,,,gimana solusinya??

persis laptop ane,,,buat putar video gak sampai 10 menit dah restart

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon