PENGALAMAN: Cara Mengatasi Hard Disk Eksternal Yang Tidak Terbaca Di Windows Setelah Diformat ke MAC

Cara mengatasi hard disk eksternal tidak terbca di windows, tapi terbaca di mac OS.--->Assalamualaikum sobatku, beberapa minggu yang lalu saya memiliki pengalaman berharga sekali. Jadi ceritanya nih, ada teman kerja yang baru membeli hard disk eksternal untuk memindahkan data yang ada di laptop aple miliknya ke hard disk tersebut. Nah, karena hard disk tersebut berformat sistem NTFS (secara default). maka otomatis dia tidak bisa terbaca di laptop dengan sistem operasi MAC.

Untuk mengatasi masalah tersebut, entah apa yang dilakukan teman saya itu. Katanya sih dia memformat hard disk miliknya ke sistem mac supaya bisa terbaca di mac os. Dan memang sih, hard disk eksternalnya memang bisa terbaca di mac setelah itu. Dan dia pun bisa memindahkan data di laptopnya ke dalam hard disk eksternal itu.

Namun  setelah itu malah ada masalah yang muncul. Waktu hard disk miliknya dicolok ke laptop dengan windows 7, eee lha kok malah tidak terbaca. Jadi ceritanya hard disk tersebut bisa terbaca di mac os, tapi tidak untuk sistem operasi windows. Ya sudah, makanya dia minta bantuan saya untuk mengatasi masalah ini.

Jujur, soal MAC os saya tidak terlalu paham. Makanya saya sempat tolak juga permintaan teman saya untuk membantunya. Tapi karena kasihan, ya sudah akhirnya saya bantu juga dia.

Awalnya saya searching di google tentang masalah ini. Dengan kata kunci kurang lebih begini: cara mengatasi hard disk eksternal tidak terbaca di windows setelah diformat ke mac. Namun pencarian ini tidak membuahkan hasil. Kata kunci inggris pun saya bidik. Dan Alhasil saya juga belum menemukannya.

Penyebab Hard disk eksternal terbaca di MAC os, tapi di Windows tidak

Kemungkinan terbesar penyebab mengapa hard disk Anda tidak terbaca lagi ke windows setelah diformat ke sistem MAC adalah, karena hard disk Anda sudah berformat sistem NFS+. Format NFS+ adalah singkatan dari Hierarchical File System. Dan format tersebut hanya bisa terbaca di MAC OS saja sobat. Sedangkan agar terbaca di windows, sebuah hard disk harus berformat NTFS atau FAT32.

Baca juga: ciri-ciri hard disk yang rusak

Nah, karena hampir putus asa, akhirnya saya mencoba untuk mengotak-atiknya sendiri. Awalnya hard disk tersebut saya colok di komputer pc windows 7, kemudian saya cek lewat disk managemen apakah terbaca atau tidak. Dan ternyata, Alhamdulillah hard disk tersebut bisa terbaca. Ya sudah, singkat cerita saya lakukan eksperimen dan ternyata berhasil. Yey,, kalau sobat mau tahu caranya, silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

Cara mengembalikan hard disk yang tidak terbaca di laptop sistem windows

1. Masuk ke disk management dulu. Caranya, klik kanan pada icon COMPUTER di desktop, pilih MANAGE, dan kemudian klik DISK MANAGEMENT.


Catatan: kalau Anda tidak menemukan shortcut COMPUTER di dekstop, silahkan cari di start menu. Kemudian untuk windows xp, nama shortcutnya adalah My Computer ya sobat.

2. Yup, tahap selanjutnya silahkan klik kanan dan pilih delete pada partisi hard disk eksternal yang terbaca di disk management. 


hard disk tidak terbaca

Catatan: Lihat gambar di atas, ada tiga partisi (di hard disk eksternal) yang ingin saya format. Tapi sayangnya partisi pertama yang 200MB tidak bisa dihapus. Jadi saya ingin menghapus Partisi kedua saja, yang berukuran 465.44GB. Partisi ketiga saya tidak hapus, karena status unallocated, alias partisi yang belum digunakan.

3. Nah, setelah Anda klik delete volume tadi, Kalau ada pertanyaan seperti ini, pilih saja yes.
hard disk eksternal tidak terbaca

4. Kemudian setelah partisinya terhapus, maka status partisi tersebut menjadi unallocated dan bergabung dengan partisi unallocated sebelumnya (partisi 3). Lihat tuh, partisinya tinggal dua kan? Yups, setelah itu klik kanan pada partisi yang unallocated tersebut, dan pilih new simple volume... untuk menghidupkan partisi tersebut.


mengatasi hard disk eksternal tidak terbaca

5. Pada tampilan welcome to the new simple volume wizard, langsung saja klik tombol next.



6. Biarkan secara default settingan berikut kalau Anda cuma ingin menjadikan hard disk Anda satu partisi saja. Kemudian, klik next ya sobatku..



7. Di bawah ini, centang pada format this volume with the following settings, kemudian pada file sistem pilih NTFS, centang pada perform a quick format, dan klik next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.




8. Tahap ini, langsung klik next saja.



9. Nah, inilah yang ditunggu-tunggu. Langsung klik FINISH untuk mengakhiri proses ini.



10. Coba kembali ke disk management, maka format volume yang ada di partisi hard disk Anda sudah berubah menjadi NTFS.

Tunggu beberapa saat, maka hard disk Anda akan terbaca di windows seperti saat Anda baru mencolokkannya di komputer. Silahkan coba menggunakannya dengan mencopykan file ke dalam hard disk tersebut. Kalau bisa, berarti Anda berhasil. Saya ucapkan selamat ya juragan... :)

Ya sudahdeh, demikian saja tulisan saya tentang cara mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca di komputer atau laptop setelah diformat ke format NFS+. Semoga apa yang saya bagikan ini berguna untuk membantu permasalahan Anda ya sobat.. :)


8 komentar

halo, mau tanya. setelah di format ke windows, apakah file yg sebelumnya sudah ada di dalam hard disk tsb terhapus juga? thanks a lot.

tentu bakal terhapus gan.. tapi bisa dikembalikan pakai software meskipun hasilnya kadang gak sempurna..

Terima kasih banyak mas,semoga sehat dan sukses selalu

sama sama, amin, makasih doanya gan..

Gmna cara ngembaliin file yg udh ke hapus gan?

itu pakai aplikasi gan,, tapi ane belum sempat tulis di blog ini. :)

terima kasih banyak mas, postingannya sangat membantu sekali :)

iya mas, senang bisa membantu... :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon