2 Cara Lengkap Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Kita Inginkan

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara memblokir iklan adsense yang tidak diinginkan, mungkin meluangkan waktu membaca artikel ini adalah keputusan yang paling bijak. Sebab saya akan berbagi tutorial lengkapnya (plus dengan gambarnya) hanya lewat satu artikel yang sedang Anda baca saat ini.

Semua publisher adsense sudah tau ya, kalau script iklan yang kita pasang di blog kita akan menampilkan iklan yang berbeda-beda setiap saat. Nah, dari banyaknya iklan tersebut, pihak adsenselah yang mengatur (secara otomatis) iklan mana yang akan tampil di page ini sekarang, dan iklan mana lagi yang akan tampil di page yang akan dibuka berikutnya.

Sebenarya itu merupakan kelebihan juga sih dari iklan google adsense. Sebab dengan iklan yang bisa saja berganti-ganti setiap buka page/laman baru, berarti iklan menjadi semakin berfariasi dan tentunya membuat iklan lebih terlihat menarik di mata pengunjung. Selain itu, iklan yang berganti juga untuk mengikuti kata kunci dari sebuah artikel kita, agar lebih cocok sehingga membuat pengunjung blog lebih tertarik untuk meng-kliknya.

Namun sayangnya, bagi kita sebagai publisher, tidak semua iklan yang muncul tersebut kita sukai. Bisa jadi karena nilai kliknya murah, bisa jadi iklannya tidak sesuai dengan niche blog kita, dan bisa jadi juga memang iklan yang tampil tersebut tidak srek dihati kita misalnya terlalu H0oT :v  

Oleh karena itu sobatku, jika Anda tidak menginginkan iklan tertentu tampil di blog Anda, maka Anda bisa memblokirnya atau mencekalnya supaya tidak tampil lagi. Dan untuk itu, Anda perlu menggunakan dua cara. Pertama dengan mencekal URL pengiklannya, yang kedua dengan menggunakan pusat peninjauan iklan di akun adsense Anda. Dan semua cara tersebut, bisa Anda simak lebih lanjut di bawah ini..

Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan dengan mencekal URL pengiklannya..

1. Tahap pertama, silahkan masuk ke akun adsense milik sobat

2. Setelah masuk ke akun, langkah selanjutnya cari iklan yang sedang tampil di blog Anda atau blog orang lain. Setelah dapat iklan yang menjadi target, klik kanan pada iklan tersebut, dan pilih Copy Link Address seperti gambar berikut ini untuk berburu URL pengiklannya dulu.


Klik setiap gambar untuk memperbesar

3. Buka Notepad di komputer atau laptop Anda, kemudian paste link yang dicopy tadi ke notepad tersebut seperti gambar berikut.
Nah, silahkan lihat gambar di atas.. pada bagian akhir-akhir kode-kode yang sulit dimengerti tersebut, terlihat URL website dari pengiklan yang sedang kita cari. Jreeng.. Kita sudah mendapatkan titik terang.. 

Untuk contoh ini saya ingin memblokir iklan cliponyu yang gambarnya embak-embak tiga orang itu. Dan saya sudah mendapatkan URL pengiklannya, ternyata seperti gambar di atas.

4. Oke, sekarang kembali ke akun adsense Anda. Setelah itu: 
  1. Klik pada izin iklan
  2. Klik tab URL Pengiklan
  3. Masukkan URL pengiklan pada kolom yang disediakan,
  4. Cekal URL
cara mencekal url iklan adsense

5. Selanjutnya jika iklan adsense berhasil dicekal akan terlihat seperti ini.
situs iklan adsens sudah dicekal
Setelah Anda cekal, butuh waktu 24 bagi iklan yang dicekal untuk benar-benar berhenti ditayangkan di blog Anda. Dan setelah benar-benar berhenti ditayangkan, meskipun Anda membuka banyak halaman di blog Anda, tetap saja iklan tersebut tidak akan muncul lagi... Oke, silahkan cekal iklan lainnya lagi.. 

Catatan: cara yang pertama ini digunakan untuk memblokir situs dari pengiklan. Jadi, bisa jadi iklan lain yang dimiliki pengiklan yang sama tidak akan tampil juga di blog Anda :)

Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan Menggunakan Pusat Peninjauan Iklan

Cara yang kedua ini bisa dibilang lebih mudah dari yang pertama. Karena mana iklan yang aktif dalam 30 hari terakhir, akan muncul di pusat peninjauan iklan yang akan kita gunakan. Hanya saja, butuh waktu tunggu untuk proses mengaktifkan pusat peninjauan iklan tersebut.. Tapi perlu diingat, tidak semua produk adsense mendukung pusat peninjauan iklan. Berarti bisa jadi tidak semua iklan dapat terdeteksi di peninjauan iklan tersebut. Okelah kalau begitu, Yuk langsung ikuti tutorialnya.. 

1. Sekarang, 
  1. Masuk di tab Izin Iklan serperti semula, 
  2. Kemudian klik tab "Iklan (pusat Peninjauan Iklan)". 
  3. Klik pada "klik Di sini" untuk mengaktifkan pusat peninjauan Iklan bagi akun Sobat.
cara memblokir iklan adsense di blog
Catatan: Untuk mengaktifkan pusat peninjauan iklan membutuhkan waktu 1 jam sejak Anda meng-klik "klik di sini" tadi. setelah satu jam, baru Anda bisa melihat iklan-iklan yang tampil di blog sobat lewat pusat peninjauan iklan tersebut dan memblokirnya.

2. Oke, jadi ceritanya peninjauan iklan sudah aktif. Silahkan masuk di tab Pusat peninjauan iklan tersebut, dan kemudian pilih iklan mana yang ingin diblokir. Arahkan pointer ke iklan yang diinginkan, kemudian klik Cekal seperti berikut.
cara mencekal iklan adsense yang tidak kita inginkan
3. Nah, setelah iklan terblokir, maka akan terlihat berstatus Dicekal seperti ini.

Untuk membuka blokirannya lagi, silahkan arahkan lagi pointer mouse Anda ke iklan tersebut, dan klik BEBASKAN..

Catatan: memblokir iklan adsense dengan metode kedua ini memang mudah. Hanya saja, cara ini dugunakan untuk mencekal per iklan, bukan per situs yang seperti cara pertama. Jadi, ada kemungkinan iklan lain dari pengiklan yang sama (yang iklannya sudah kita cekal) akan tampil di blog kita.. :)

Nah sobatku, bagaimana tutorial kali ini? Apakah Anda mudah mempraktekkannya atau masih ada yang kurang? Silahkan diskusikan lewat komentar ya.. :)

Demikian tulisan sederhana tentang cara memblokir iklan adsense yang tidak diinginkan, semoga apa yang saya tulis ini bisa memberi manfaat kepada Anda meskipun tidak seberapa... Wassalamualaikum.. :)

2 komentar

Wah makasih mas. Sy jg kesel dengan iklan yang aneh". Makasih tutornya ya.

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon