Gunakan Fitur Search Programs And Files Di Windows 7 Untuk Mempermudah Pencarian Aplikasi



fitur search program and files di windows 7
Dulu, waktu pertama kali mengenal windows 7, saya merasa bahwa sistem operasi pengganti windows xp dan vista tersebut terasa lebih ribet. Salah satu yang menurut saya lebih ribet adalah dalam hal mencari aplikasi yang ingin kita buka di all program.

Pada windows xp, kita hanya perlu klik satu kali pada start menu, kemudian mengarahkan pointer ke all program, maka akan terbuka/muncul folder-folder aplkiasi yang kita cari. Dengan mengarahkan pointer ke folder tersebut, maka akan muncul aplikasi yang dinginkan yang siap untuk diklik.

Namun di windows 7, kita perlu melakukan beberapa kali klik untuk membuka aplikasi yang ada di all program itu. Contohnya kalau saya ingin membuka aplikasi photoshop. Berarti saya harus mengklik di start menu, kemudian klik all program, kemudian klik folder adobe, dan klik pada photoshop agar terbuka.

Alurnya bisa dilihat jelas seperti gambar berikut ini.


Benar kan harus 4 kali langkah?

Nah, dari situ saya mulai berfikir bahwa ini merupakan kekurangan windows 7 dibandingkan dengan windows xp. 

Memang sih, kita bisa memunculkan shortcut aplikasi di desktop supaya memudahkan kita melakukan pencarian terhadap program aplikasi yang telah terinstal. Namun sebagian orang seperti saya ini kan tidak suka kalau terlalu banyak shortcut di desktop. Jadi, mau tidak mau aplikasi tersebut harus tetap tersimpan di all program start menu.

Dari mulai kenalnya saya dengan windows 7 (tahun 2010) sampai tahun 2016 ini, saya masih belum bisa terima kalau windows 7 dikatakan lebih baik dari windows xp dalam hal kemudahan menggunakannya. Itu cuma gara-gara satu hal yang saya anggap kekurangan tadi..

Nah, barulah sekitar beberapa hari yang lalu saya coba menggunakan kotak search programs and files yang ada di atas tombol start menu windows 7. Dan sungguh luar biasa, ternyata aplikasi apa yang kita ketik di situ, akan cepat dimunculkan pada hasil pencarian. 


Waduh, ternyata inilah kelebihan windows 7 yang digunakan untuk mencari aplikasi yang telah terinstal dengan cepat.

Padahal, sudah lama saya mengetahui ada kotak searc di atas tombol menu windows 7. Tapi baru akhir-akhir ini mengunakannya.

Jadi saran saya, kalau Anda ingin mencari aplikasi apa yang terinstal di windows 7, supaya hasilnya cepat, gunakan saja kotak search programs And files tersebut.

Hasil Pencariannya akurat

Dengan menggunakan kotak pencarian ini, hasil yang ditampilkan sangat akurat. Lihat gambar berikut.


Pada gambar di atas, saya ingin mencari aplikasi calculator. Nah, dengan mengetikkan huruf CA di kotak pencarian, maka calculator langsung muncul dan siap untuk dibuka. Itu lebih mudah dibanding harus mencarinya lewat all program, kemudian masuk lagi di folder accessories, dan klik pada calculator..

Sobatku, setiap produk baru dari microsoft pasti membawa kelebihan baru juga. Contohnya di windows 7 ini. Ternyata ada kotak search yang bisa digunakan untuk mencari aplikasi dengan cepat.

Ya sudah deh, sampai di sini saja artikel ini. Silahkan komentar kalau ada yang mau ditambahkan.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon