Belum membuat Laporan ke #4 Channel Inggris, Akun Youtube Saya Malah Ditangguhkan!

Maaf sobatku, saya belum sempat membuat laporan keempat channel youtube bahasa Inggris saya. Itu semua karena kondisi fisik yang belum 100 persen sehat. Makanya untuk mengetik di depan laptop rasanya pusing sekali.

Tapi ni, ceritanya laporan sudah mulai dibuat, dan sudah saya simpan di draf. Eh, tidak taunya sore beberapa hari yang lalu waktu mau masuk akun youtube ternyata sudah tidak bisa. Weladalah, begini pemberitahuannya..

akun youtube dinonaktifkan

Dikatakan bahwa saya tidak dapat mengakses produk google. Ditambah lagi pemberitahuan "jika Anda telah dialihkan ke laman ini dari produk tertentu, berarti akses Anda ke produk ini telah ditangguhkan. Baca untuk informasi selengkapnya."

Waduh, ini namanya akun youtube saya ditangguhkan, alias disuspend.

Begini cerita awal mulanya..

Hari sabtu, 10 desember 2016 pagi-pagi dan siang harinya saya masih bisa membuka akun youtube saya. Nah, setelah pulang kerja lapangan dan kembali ke kantor sore harinya, ternyata pas mau masuk ke blogger sudah tidak seperti biasanya. Dikatakan bahwa akun saya ditangguhkan karena adanya aktifitas tidak wajar.

Tapi Alhamdulillah, masih disuruh mengisi nomor HP saya. Setelah saya isi, kemudian saya dikirimi kode dari google untuk diisikan ke kolom yang disediakan untuk dikirim..

Setelah saya kirim kode tadi, Alhamdulillah saya bisa masuk ke blogger. Saya sempat panik awalnya jangan-jangan semua akun google saya semuanya terhapus.

Saya menuju akun youtube dan login seperti biasanya.. Tapi ya itu tadi, muncullah pemberitahuan akun saya ditangguhkan seperti di atas..

Duh gusti..!!!

Apa gerangan yang telah terjadi? Saya merasa tidak punya salah apa pun. Lha wong video yang saya upload original semuanya. Saya tidak pernah mengupload video orang lain meskipun cuma satu buah. Dan saya juga tidak pernah mengupload video orang lain yang saya edit kembali. Satu lagi, musik pun saya memakai musik gratis yang disediakan youtube juga. Waduh,, kenapa malah begini jadinya..

Ini namanya tidak ada kejelasan. Belum lagi ditambah tidak ada pemberitahuan lewat email kenapa sampai begini..

Nah, barulah kemarin, 12 desember 2016 ada email pemberitahuannya seperti berikut ini..

akun youtube ditangguhkan

Dikatakan bahwa: "Perlu tindakan. Akun google Anda untuk sementara dinonaktifkan..." 

Lucunya, email tersebut ternyata masuk di email tanggal 10. Tapi waktu tanggal 10 dan 11 saya tidak melihat email masuk yang ini.. Ah,, aneh..

Satu hal yang membuat saya risau adalah pada kalimat terakhir email tersebut, yaitu: "Jika tidak segera mengambil tindakan, akun Anda dan semua kontennya akan dijadwalkan untuk dihapus" Waduh,, ada kata dihapus.. Itu artinya akun youtube saya beserta kontennya akan dihapus permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi dong..

Teman saya bilang, kan masih ada video-videonya di laptop.

Iya benar, masih ada video-videonya yang saya simpan di laptop. Cuma untuk membangun channel kembali dari nol dan memiliki viewer setiap harinya itu yang agak susah..

Yah, mau tidak mau saya harus berjuang dulu untuk mendapatkan channel-channel saya lagi..

Sobat, ternyata kasus ini bukan cuma saya yang mengalaminya.. Beberapa hari yang lalu di grup Facebook youtube partner indonesia juga banyak yang mengalami masalah yang sama.. 

Untuk saat ini saya masih belum tau bagaimana cara mengatasinya.. Tapi ada sobat youtuber yang mengatakan bahwa channel-channel sebaiknya dipindahkan di email lain saja... Tapi saya belum mendapatkan cara dan detail langkah-demi langkahnya seperti apa.. Jadinya belum ada kabar lebih lanjut..

Kejadian kali ini saya anggap sebagai ujian saja.. Bukan youtuber sejati dong kalau dapat masalah seperti ini langsung down dan putus asa.. 

Semangat-semangat.. :)

Oke sobat, maaf ya kalau artikel ini kurang bermanfaat.. Inilah artikel saya tentang akun youtube saya ditangguhkan. Silahkan, kalau ada yang bisa mengatasi masalah ini mohon berbagi lewat komentar.. Wassalamualaikum.. :)

2 komentar

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon