Mengetahui Fungsi Menu-menu Yang Ada Di Akun Google Adsense

Beberapa hari yang lalu ada yang mengirimi saya email dan minta dijelaskan tentang menu-menu di aplikasi adsense. Intinya agan tersebut bilang kalau dia masih belum ngerti..

Hal yang wajar bagi pemula kalau agak bingung saat masuk ke akun google adsense. Ini fungsinya untuk apa, dan yang ini untuk apa lagi. Saya dulu juga begitu..

Nah, karena yang ditanya adalah di aplikasi adsense, maaf saya kurang tau tampilan di aplikasi adsensenya seperti apa. Soalnya saya tidak pernah memakai aplikasi adsense untuk login ke akun google adsense saya. Jadi yang akan saya jelaskan kali ini adalah tentang fungsi menu-menu yang ada di akun google adsense yang dilihat lewat komputer pc atau laptop.

Silahkan..

Fungsi menu-menu yang ada di akun google adsense


Sebelum kita lanjut ke bahasan sebenarnya, saya jelaskan sedikit, bahwa ada 5 menu penting di google adsense yang perlu dibahas kali ini. Sisanya, Insya Allah akan dibahas juga meskipun tidak secara detail.

Nah, 5 menu tersebut adalah: Beranda, Iklan Saya, Izin iklan, Laporan kinerja, dan Pengoptimalan.

fungsi menu adsense
Saya akan menjelaskan satu demi satu dari fungsi menu tab-tab tersebut, dan apa yang ada di dalamnya. Tapi mohon maaf sebelumnya kalau nantinya penjelasan yang saya bagikan kurang lengkap atau kurang dapat dimengerti. Next..

Beranda

Pada tab beranda, ada banyak sekali yang akan saya jelaskan.. Silahkan lihat-lihat dulu gambarnya, penjelasannya di bawah gambar.. :)

menu menu di google adsense
1. Taksiran penghasilan

Taksiran pengahsilan adsense adalah penghasilan Anda di google adsense yang masih ditaksirkan oleh adsense.. Dalam artian, ini adalah penghasilan sementara yang belum pasti. Masih bisa berubah-ubah, tergantung ketentuan dari pihak adsense sendiri..

Pada taksiran penghasilan, ada 4 hal yang perlu Anda ketahui. 

Hari ini hingga saat ini/Today so far adalah penghasilan Anda pada hari ini. Biasanya dihitung dari pukul 00:00 sampai jam sekarang. Penghasilan ini selalu update setiap waktu gaess.. Jadi kalau banyak yang klik iklan, setiap berapa menit pasti penghasilannya menambah.. Tapi jangan heran, kadang setelah bertambah bisa saja turun. 

Baca deh penghasilan adsense itu memang penuh misteri.

Kemarin/yesterday adalah penghasilan Anda di hari kemarin. Kalau Anda klik di tulisan "kemarin" itu, maka Anda akan diperlihatkan laporan penghasilan yang Anda dapatkan kemarin.

7 Hari terakhir/Last 7 days adalah penghasilan Anda yang dikumpulkan pada 7 hari terakhir. Tapi itu tidak termasuk penghasilan hari ini ya... Silahkan klik pada tulisan 7 hari terakhir atau Last 7 day dalam bahasa inggris untuk melihat laporannya..

28 Hari terakhir/Last 28 days adalah pendapatan adsense Anda pada 28 hari terakhir. Dan itu juga tidak termasuk yang pendapatan hari ini..

2. Penghasilan Akhir

Pada penghasilan akhir, yang ingin saya jelaskan ada dua hal yaitu: Saldo Berjalan/Current Balance, dan Pembayaran Terbaru/Most Recent Payment.

Saldo Berjalan/Current Balance adalah saldo Anda di google adsense dari penghasilan Anda pada bulan lalu yang sudah dibulatkan atau dipatenkan sehingga tidak akan berubah nilainya. Saldo ini siap dicairkan pada bulan ini, jika sudah mencukupi minimal 100 dolar. Tapi jika belum cukup, maka saldo tersebut akan ditambah lagi dengan bulan ini, dan bisa jadi ditambah dengan bulan-bulan berikutnya sampai terkumpul 100 dolar, dan siap dicairkan di bulan berikutnya lagi.

Pembayaran Terbaru/Most Recent Payments adalah pembayaran yang telah Anda terima sebelumnya. Bisa dikatakan ini adalah saldo adsense yang sudah dicairkan ke tangan Anda.

3. Lihat Pembayaran/View Payments

Lihat pembayaran pada akun adsense adalah untuk melihat pembayaran yang telah dibulatkan menjadi saldo berjalan, atau untuk melihat pembayaran-pembayaran yang telah dicairkan sebelumnya. Di sini Anda juga bisa mengatur metode pembayaran Anda.

4. Selama Hari Ini

Di situ Anda bisa memilih laporan pendapatan adsense yang terjadi apakah hari ini, kemarin dibanding hari yang sama minggu lalu, 7 hari terakhir vs 7 hari sebelumnya, dan 28 hari terakhir vs 28 hari sebelumnya.. Silahkan dipencet-pencet..

5. Tampilan laman/Page view

Tampilan laman adsense adalah jumlah tampilan laman blog Anda yang dilihat pengunjung dan menampilkan iklan. Jadi laman yang dibuka pengunjung tapi tidak menampilkan iklan, maka laman tersebut tidak termasuk pada perhitungan ini.

Contoh: si A membuka 2 laman di blog Anda, dan dua-duanya menampilkan iklan. Berarti blog Anda menghasilkan 2 tampilan laman. Tapi meskipun seandainya si A tadi membuka sampai 10 laman di blog Anda, dan ternyata 10 laman tersebut tidak menampilkan iklan sama sekali, maka itu tidak termasuk dalam tampilan laman adsense. Seperti itulah perhitungannya.

6. PPS laman atau Page RPM

PPS laman google adsense adalah penghasilan tertaksir Anda dari 1000 tayangan adsense. Tapi, jumlah yang kelihatan itu bukanlah jumlah yang Anda dapatkan sebenarnya. Masih ada hitung-hitungannya lagi.

Jadi rumus penghasilan bersihnya adalah: 

Pengahsilan tertaksir/jumlah tayangan lamanx1000 

Dibaca Penghasilan tertaksir dibagi jumlah tayangan laman, dikali 1000.


7. Saluran Teratas/Top Channels

Pada bagian saluran teratas, Anda akan diperlihatkan mana saja saluran yang paling banyak menghasilkan uang dari google adsense. Tentu saja jika Anda telah membuat saluran unit iklan di google adsense ya sobat..Yang jelas laporanya adalah bagian paling atas yang paling banyak mendulang uang, dan disusul di bawahnya lagi, di bawahnya lagi dan seterusnya.

8. Situs Teratas/Top Sites

Pada situs teratas, Anda bisa melihat mana situs atau blog Anda yang paling banyak menghasilkan dolar. Tapi kalau Anda punya banyak situs untuk google adsense ya sobat.. Kalau cuma satu ya berarti yang nongol cuma satu nantinya. Seperti saluran teratas, situs yang paling banyak menghasilkan uang bakalan berada pada bagian paling atas..

9. Negara Teratas/Top Countries

Pada bagian ini, Anda bisa melihat penghasilan Anda hari ini berdasarkan negara. Maksudnya, Anda bisa melihat negara mana yang paling banyak menghasilkan uang pada hari ini. Kan pengunjung blog kita itu tidak cuma dari Indonesia saja. Makanya bukan mustahil, pengunjung yang dari luar negeri juga bakalan memberikan penghasilan untuk kita.

10. Platform Teratas/Top Platforms

Di sini Anda bisa mengetahui platform teratas dari penghasilan Anda hari ini. Dari desktop (komputer pc dan laptop) dari High End Mobile Defice (smartphone) dan juga tablet. Silahkan diperhatikan lagi ya mas,, mbak.. :)

11. Adsense Social dan Aplikasi

Bagian ini untuk memberitahukan kepada Anda, tentang adanya akun google plus adsense, dan juga aplikasi-aplikasi yang berguna untuk adsense. Untuk akun google plus, silahkan difollow langsung di situ.. Untuk aplikasi, ada yang namanya Publisher toolbar, aplikasi adsense untuk android, dan aplikasi adsense untuk pengguna iOS. Silahkan dimanfaatkan fasilitas gratis ini..

12. Lebar Pita Rendah

Jika Anda klik pada lebar Pita rendah tersebut, maka Anda akan dialihkan pada tampilan adsense yang lebih ringan, seperti tampilan mobile. Contohnya terlihat seperti gambar berikut ini. 


Terlihat sederhana bukan? Bukan cuma tampilannya saja yang sederhana, tapi fitur-fiturnya pun banyak yang tidak ada jika dibandingkan dengan tampilan clasic. Namun demikian, ini masih lumayan untuk digunakan. Saya sendiri sering menggunakannya kalau internet lambat.. Soalnya tampilan yang ini lebih ringan..

Baca juga: Gunakan Tampilan Adsense seluler, agar Loadingnya Lebih Cepat

Nah, sekarang menu beranda sudah kita kupas tuntas.. Untuk itu saatnya beralih ke menu Iklan saya di akun google adsense Anda..

Iklan Saya

Tab iklan saya adalah tempat Anda membuat unit iklan adsense, dan memasangnya di blog Anda. Dari sini, Anda juga bisa melihat laporan dari masing-masing unit iklan yang telah Anda buat tersebut..


Nah, selain itu Anda juga bisa membuat saluran khusus untuk memantau kinerja iklan-iklan Anda, dan Anda juga bisa membuat iklan penelusuran di situ. Pokoknya banyak deh,, silahkan di explore..

Izin Iklan

Menu izin iklan google adsense bisa digunakan untuk memberi izin atau memblokir iklan-ikan tertentu yang tampil di blog Anda. Jadi misalnya ada iklan yang tidak sesuai dengan tema blog Anda, atau iklan yang tidak sesuai dengan hati Anda, maka Anda bisa memblokirnya lewat sini.

Di menu ini, ada 5 tab yang perlu Anda ketahui

1. URL Pengiklan


Di sini, Anda bisa mencekal iklan adsense yang tidak Anda inginkan dengan menggunakan URL pengiklan dari iklan-iklan adsense tersebut. 


2. Kategori Sensitif


Pada kategori sensitif, Anda dapat mencekal iklan dengan kategori sensitif.. Lihat gambar di atas untuk melihat contoh kategori sensitif yang sudah saya cekal.

3. Jaringan iklan


Pada tab jaringan iklan, Anda dapat mencekal atau mengizinkan munculnya iklan lewat jaringan iklan tertentu, atau jaringan iklan yang akan datang. Cuma harus berhati-hati juga, karena kalau tidak tau jaringan iklan apa yang kita blokir dapat dihawatirkan banyak iklan bagus yang seharunya muncul di blog malah tidak muncul lagi.. 

4. Penayangan iklan

Penayangan iklan bisa Anda gunakan untuk mengatur dan memilih jenis-jenis iklan, modelnya dan lain-lain.. Tapi saran saya sih biarkan saja secara default supaya model iklan yang tampil lebih berfariasi..

5. Iklan (Pusat peninjauan iklan)

pusat peninjauan iklan adsense

Pusat peninjauan iklan adsense adalah alat untuk meninjau setiap iklan, dan bisa Anda gunakan untuk memilih iklan yang akan diblokir atau diaktifkan kembali dari pemblokiran yang telah Anda lakukan sebelumnya. Di sini, Anda bisa memblokir iklan dengan cara yang lebih mudah. 
Untuk memblokir iklan, sebleumnya saya telah membuat artikel tentang 2 Cara Memblokir Iklan Adsense Yang Tidak Diinginkan

Silahkan dibaca ya.. :)

Nah, sekarang menu izin iklan sudah dibahas.. Yuk lanjut ke bagian Laporan kinerja.

Laporan Kinerja

menu kinerja google adsense

Tab laporan kinerja adalah alat google adsense yang bisa Anda gunakan untuk melihat semua kinerja pendapatan google adsense Anda. Anda bisa melihat berapa pendapatan hari ini, 7 hari terakhir, bulan ini, bulan lalu, dan semua pendapatan Anda..  


1. Di laporan saya 

Anda juga bisa melihat berapa jumlah klik iklan adsense yang Anda dapatkan, baik klik hari ini, 7 hari terakhir, bulan ini, bulan lalu dan semuanya..

2. Lewat laporan Umum

Anda bisa melihat penghasilan berdasarkan situs, berdasarkan negara, bersarkan unit iklan, platform, dan produk.

3. Laporan Lanjutan 

Bisa Anda gunakan untuk melihat laporan penghasilan berdasarkan seluruh akun, berdasarkan URL, berdasarkan ukuran iklan, berdasarkan materi iklan, dan masih banyak lagi gaess..

4. Profil pendapatan

Akan menunjukkan PPS (biaya per seribu tayangan) rata-rata pada berbagai permintaan iklan yang memiliki kinerja paling baik.

5. Peristiwa

Pada peristiwa, Anda dapat melihat berbagai peristiwa yang terjadi di akun google adsense Anda. Maksud peristiwa itu seperti: Anda melakukan perubahan pada iklan, membuat unit iklan baru, dan lain-lain. Nantinya, laporannya akan muncul di peristiwa tersebut.

Pengoptimalan

saran pengoptimalan google adsense

Tab pengoptimalan adsense adalah tempat di mana Anda bisa melihat saran-saran pengoptimalan iklan dari pihak adsense. Anda juga akan diberitahu tentang tips-tips pengoptimalan iklan yang baik. Silahkan dicek.. Siapa tau di akun adsense Anda telah ada saran pengoptimalan. Langsung ikuti saran tersebut supaya penghasilan Anda di google adsense meningkat..

Gir, Lonceng dan Bantuan di Google adsense

Di pojok kanan atas tampilan akun adsense Anda (versi desktop), Anda akan melihat Icon GIR dan ICON lonceng yang berwarna abu-abu agak kehitam-hitaman.


1. Icon GIR

Icon gir tersebut, jika diklik  akan muncul lagi beberapa menu penting, yaitu setelan, status, pembayaran dan kirim masukan.

setelan google adsense

Pada setelan, Anda dapat mengatur alamat email Anda, memberikan nomor hp Anda, melihat informasi akun, melihat situs yang telah terferivikasi, dan masih banyak lagi..

Pada Status, Anda dapat melihat berita tentang pelanggaran yang Anda lakukan.

Pada pembayaran, Anda dapat melihat transaksi pembayaran yang telah terjadi, mengatur metode pembayaran Anda, merubah pembayaran adsense ke rekening bank, dan masih banyak lagi..

Pada masukan, Anda dapat mengirimkan sebuah masalah atau masukan ke google adsense..

2. Icon Lonceng

Icon lonceng adalah tempat google adsense memberitahukan berbagai hal kepada pemilik akun. Misalnya saja jika ada tips trik terbaru, saran peningkatan iklan, dan lain-lain..

3. Bantuan

fungsi menu bantuan adsense

Bantuan pada adsense berisi artikel-artikel penting yang memudahkan Anda menyelesaikan berbagai permasalahan di google adsense. Silahkan dibuka-buka dan dipelajari. Banyak sekali artikel bermanfaat di situ. Jadi sangat rugi kalau tidak dibaca-baca..

Nah sobatku, saya rasa semua tentang fungsi menu-menu di akun gogole adsense sudah kita bahas untuk kali ini. Yah, meskipun saya sadar pembahasannya masih kurang lengkap. Tapi paling tidak, Insya Allah artikel ini akan ada manfaatnya untuk Anda.

Okelah kalau begitu, karena sudah sangat panjang, demikian tulisan saya tentang funsi menu-menu di google adsense. Semoga tulisan ini bisa berguna untuk Anda.. :)

Gunakan kotak komentar untuk bertanya, menambahkan, memberi saran serta berdiskusi. Namun demikian, saya meminta kepada Anda agar jangan sampai menyinggung sesuatu yang berbau SARA. (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) UPDATE: peraturan berkomentar telah saya perbarui menjadi lebih banyak. Silahkan baca di link ini http://goo.gl/HWGGd8
EmoticonEmoticon